Investasi Emas di Pegadaian, Ini Tipsnya Agar Untung!

Investasi Emas di Pegadaian – Emas adalah salah satu investasi yang menguntungkan dikarenakan nilainya yang tidak akan pernah berkurang. Selain bisa mudah dijual ketika ada kebutuhan mendesak, emas ini bisa dijual kapan saja. Kini banyak yang menyukai investasi emas dengan bentuk batangan.

Emas batangan memiliki kadar / tingkat kemurnian yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas perhiasan. Saat disimpan, bentuk emas batangan tidak akan berubah berbeda dengan emas dalam bentuk perhiasan yang akan mudah berubah bentuknya saat dipakai.

Dulu, orang biasa menggunakan cara konvensional yaitu membeli emas di toko emas lalu disimpan. Sekarang, banyak cara berinvestasi emas yang lebih modern, lebih mudah, dan tentunya lebih aman.

Untuk bisa berinvestasi dengan emas batangan ini Anda bisa melakukannya di bank seperti bank BRI, Mandiri, atau bank lainnya dan lembaga keuangan seperti Pegadaian. Nah pada kesempatan kali ini, CaraInvestasiBisnis.com akan membahas mengenai tips investasi emas di Pegadaian saja.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas di pegadaian ini Anda harus mengetahui apa tujuan Anda berinvestasi ini. Jika tujuannya untuk investasi jangka pendek maka investasi emas dalam bentuk perhiasan bisa dipilih, namun jika untuk jangka panjang maka investasi emas dalam bentuk batangan lebih baik.

Cara Investasi Emas di Pegadaian

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi emas batangan, simak cara investasi emas di pegadaian yang bisa dilakukan berikut ini:

Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan Emas

Buku Tabungan Emas Pegadaian

Cara yang pertama adalah dengan tabungan emas. Investasi emas dengan cara ini menjadi salah satu cara termudah terutama bagi Anda yang ingin investasi. Menabung emas ini juga disukai oleh masyarakat dibandingkan dengan menyimpan uang di bank karena emas tidak akan tergerus inflasi.

Sebelum memulai menabung emas yang bisa dilakukan adalah Anda harus melakukan perbandingan harga terlebih dahulu. Tidak perlu langsung ke toko emas namun cukup mengunjungi website resmi PT Antam maka Anda akan mendapatkan informasi harga emas antam terkini. Jika di Pegadaian harga emas yang diberlakukan 3% lebih mahal dibandingkan dengan yang dipatok oleh PT Antam.

Langkah pertama adalah Anda harus menyiapkan syarat administrasinya terlebih dahulu. Kemudian isilah formulirnya untuk mengikuti program investasi tabungan emas ini. Anda juga harus membuka rekening tabungan emas di Pegadaian terlebih dahulu. Proses pembelian ini bisa mulai dari kelipatan 0.01 gram sebesar Rp6.170. Sehingga jika ingin membeli 1 gram harganya Rp617.000. Saldo yang ada di rekening ini minimal 0,1 gram yaitu sebesar Rp61.700.

Jika emas ingin dicetak Anda harus melakukan order cetak dengan membayar biaya sesuai dengan kepingan yang dipilih. Order cetak ini berlaku untuk emas dengan berat 5 gram, 10 gram sampai dengan 100 gram. Untuk transaksi pencetakan emas hanya bisa dilakukan di Pegadaian.

Selain dapat mencetak fisik saldo tabungan emas pegadaian, Anda pun dapat menjual (buy back) saldo yang dimiliki dengan cara mencairkan tabungan emas pegadaian tsb.

Untuk cek saldo tabungan emas pegadaian dan penjualan saldo emas selain dapat dilakukan di kantor Pegadaian langsung, dapat juga dilakukan melalui aplikasi pegadaian digital.

Membeli Fisik Emas di Pegadaian

Membeli Fisik Emas

Membeli Fisik Emas

Cara investasi emas di Pegadaian selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membeli fisik emas batangan bernama mulia. Produk ini memang dikhususkan untuk investor yang ingin memiliki fisik emas batangan secara langsung dengan berat mulai dari 5 gram sampai dengan 1 kilogram.

Layanan yang diberikan Pegadaian ini bisa secara tunai maupun kredit serta pembeliannya bisa secara kolektif yaitu sharing modal antara beberapa orang. Emas batangan yang diberikan ini emas murni yang legal dan sah kemudian diatasnamakan pemiliknya secara langsung. Jika memilih membelinya secara kredit harus membayar DP 15% dari harga jual yang diberlakukan oleh PT Pegadaian. Angsurannya dengan tenor mulai dari 3 bulan sampai dengan 36 bulan. Investor bisa langsung membawa fisik emas jika pembayarannya cash. Namun jika secara kredit, fisik emas baru bisa diambil setelah pelunasan selesai.

Arisan Emas

Arisan Emas

Arisan Emas

Cara investasi emas di Pegadaian yang bisa dilakukan selanjutnya adalah arisan emas. Untuk bisa ikut arisan emas ini Anda bisa membentuk kelompok secara kolektif minimal 6 orang terus mengajukan permohonan ke Pegadaian. Biasanya ibu-ibu suka dengan namanya arisan hehehe.

Dalam arisan emas ini akan dilakukan pengundian setiap bulan dengan mendapatkan satu keping emas. Sedangkan minimal kepingan yang bisa diundi minimal 1 gram emas dengan jumlah maksimal yang tidak terbatas. Agar bisa mencapai mufakat Anda harus koordinasi dengan anggota berapa berat emas yang akan dijadikan arisan supaya tidak membebani satu sama lain. Untuk arisan emas ini Pegadaian memberlakukan harga flat sehingga naik turunnya harga emas tidak akan berpengaruh.

Selain 3 cara investasi emas di Pegadaian di atas sebetulnya Pegadaian memberikan layanan kepemilikan emas lainnya yaitu melalui cicilan atau kredit emas. Karena dibandingkan kredit emas, menabung emas lebih menguntungkan.

Tips Investasi Emas di Pegadaian

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum berinvestasi emas di Pegadaian, dikarenakan tidak semua jenis investasi emas tersebut cocok dengan Anda. Agar mendapatkan keuntungan ke depannya, simak tips memilih investasi emas di Pegadaian berikut ini:

  1. Pahami tujuan berinvestasi. Kemudian Anda harus bisa memperkirakan waktu investasi emas dengan tepat. Anda bisa membeli emas di saat harganya rendah dan menjualnya di saat harga naik.
  2. Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan kondisi. Jika Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk investasi emas maka tabungan emas adalah investasi yang tepat. Namun jika ingin dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan maka cara yang terbaik adalah membeli fisik emas langsung di Pegadaian.
  3. Hindari berhutang. Banyak pebisnis atau investor yang justru terjebak hutang dikarenakan salah langkah.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk berinvestasi emas ini. Karena jika memaksakan dari justru Anda bisa terjebak hutang. Agar lebih menguntungkan, sebaiknya hindari produk cicilan ataupun kredit emas. Lakukanlah cara investasi emas di Pegadaian yang sesuai dengan finansial sehingga Anda terhindar dari hutang.

Загрузка...

Tags: Cara investasi emas di pegadaian Cara investasi emas di Pegadaian 2018 Cara investasi emas di Pegadaian terbaru langkah investasi emas di Pegadaian

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar