Cara Bermain Saham Online untuk Pemula Agar Terhindar dari Kerugian

Bermain saham online sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup terutama kaum milenial yang senang sekali dengan hal-hal instan, mudah dan cepat. Dengan transaksi jual beli saham online maka para investor dapat memantau pergerakan / perkembangan investasi dari genggaman tangan. Banyak para pemula yang tertarik dalam investasi ini.

Berbagai keunggulan yang ditawarkan melalui aplikasi investasi saham online dari perusahaan yang dipilih, juga dapat memperbesar kemungkinan untuk memperoleh keuntungan. Intinya semua orang dapat berinvestasi dana dalam bentuk saham secara online dengan catatan tahu seluk-beluknya.

gambar saham online

gambar saham online

Cara bermain saham online untuk pemula mungkin sedikit membingungkan. Selain bingung dalam menggunakan softwarenya juga bingung dalam melakukan transaksinya. Walaupun demikian, trading saham online ternyata banyak disukai loh.

Kesan sekilas yang ditangkap para investor pemula, bermain saham online dapat memberi keuntungan berlipat ganda. Padahal dibalik itu terdapat resiko kerugiannya yang juga sangat besar. Oleh sebab itu sebelum memutuskan memulai investasi saham, ada baiknya kita kenali pengertian saham dalam arti yang sebenarnya serta kenali juga keuntungan dan kerugiannya.

Mengenal Investasi Saham Serta Keuntungan dan Risikonya

Definisi sederhananya, saham merupakan bukti penanaman modal pada sebuah perusahaan atau perseroan terbatas. Jadi bisa dibilang saham adalah suatu alat bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan atau badan usaha. Berinvestasi saham artinya Anda membeli saham dari perusahaan tsb.

Investasi saham online artinya Anda dapat membeli saham tsb secara online menggunakan HP ataupun komputer yang terhubung dengan internet. Bermain saham online artinya melakukan transaksi jual beli saham secara online menggunakan aplikasi / software trading online.

Dari segi keuntungan, para investor berpotensi mendapatkan 2 keuntungan investasi saham yaitu keuntungan dari selisih harga jual beli saham (capital gain) dan keuntungan dari dividen perusahaan.

Orang yang bermain saham online biasanya mengejar capital gain ini, yaitu mendapatkan keuntungan dari selisih hasil penjualan saham yang dimilikinya yaitu menjual saham saat harganya naik melebihi harga beli saham.

Selain keuntungan, investasi saham pun berisiko memberikan kerugian yaitu saat harga saham anjlok, saat perusahaan tidak mendapatkan keuntungan, dan yang lebih parahnya saat perusaahan penerbit saham mengalami kebangkrutan.

Cara Investasi dan Transaksi Dalam Bermain Saham Online

Prinsip sederhana cara bermain saham online agar memperoleh keuntungan maksimal adalah membeli saat harga saham rendah dan menjual saham tsb saat harga tinggi. Nah bagaimana cara mengetahui kapan waktu yang tepat dalam menjual dan membeli saham diperlukan pengetahuan, keterampilan, dan insting.

Sebelum melakukan investasi saham pada suatu perusahaan, sebagai investor kita harus yakin dengan tingkat profitabilitas finansial dari perusahaan tersebut.

Berikut ini beberapa langkah cara investasi dan transaksi  dalam bermain saham online bagi pemula, yaitu:

saham online

saham online

  • Mempersiapkan Dana

Setiap investasi memerlukan modal begitu pula dengan investasi saham. Dulu memang diperlukan modal besar untuk dapat berinvestasi saham. Sekarang dana yang dibutuhkan untuk investasi saham tidak sebesar beberapa tahun lalu.

Bahkan dengan modal dibawah 5 juta kita sudah bisa bermain saham online. Malah banyak juga broker (pialang) yang menyediakan rekening khusus untuk investor yang bisa dibuka dengan modal awal Rp. 100 ribu. Ini berlaku sejak beberapa waktu lalu pemerintah menetapkan harga jual beli saham minimum per-lot adalah 100 lembar. Maka dengan sendirinya saham-saham bisa dibeli denga dana relatif rendah.

Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan program menabung saham BEI (Bursa Efek Indonesia). Dengan program ini, Anda yang pelajar sekalipun (asalkan memiliki KTP) dapat berkesempatan memiliki saham BEI dengan cara menabung. Jadi nantinya Anda diharuskan membuat rekening tabungan saham di bank-bank atau lembaga keuangan yang bekerjasama. Saat saldo tabungan mencukupi maka secara otomatis akan dikonversi ke saham. Jadi sebetulnya sudah tidak ada alasan terbentur modal lagi bagi masyarakat yang ingin berinvestasi saham.

  • Memilih Broker

Bagi investor pemula, memilih broker / perusahaan sekuritas merupakan salah satu bagian terpenting sebelum bermain saham online. Pastikan Anda memilih broker yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia sehingga lebih terjamin dalam keamanannya.

Berdasarkan data pada situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), saat ini terdapat kurang lebih 115 broker atau pialang saham. Disini kita bisa memilih salah satunya sebagai perantara atau mitra kerja untuk menemukan mana saham yang sekiranya paling menguntungkan.

Meskipun dengan karakteristik masing-masing namun secara umum seorang broker terkenal memiliki akses informasi serta paham dengan seluk-beluk pasar. Banyak juga broker yang terkenal karena berani menawarkan modal awal paling rendah untuk bermain saham online.

  • Mendaftar ke Broker Saham

Setelah mendapatkan broker dari informasi di BEI atau forum online lainnya, kita bisa langsung melakukan pendaftaran ke broker melalui telepon atau email. Ini merupakan syarat wajib bagi Anda yang ingin membeli saham BEI. Dengan pendaftaran pada broker saham ini maka otomatis Anda pun akan memiliki rekening saham. Anda pun diwajibkan menyetorkan deposit tertentu.

Bila Anda berniat untuk bermain saham online atau melakukan transaksi jual beli saham secara online maka pastikan broker saham yang Anda pilih tsb memiliki fasilitas software online trading yang mudah digunakan walaupun Anda seorang pemula.

Sebagai investor pemula kita akan mendapatkan banyak bimbingan dan penjelasan lebih rinci terkait cara belajar investasi saham ataupun cara bermain saham online yang efektif lewat broker yang sudah kita pilih sebagai perantara.

Bila Anda memilih memiliki saham dengan cara menabung saham di bank, maka otomatis yang menjadi broker adalah bank yang bersangkutan.

  • Memilih Jenis Saham Terbaik

Coba bukalah situs Bursa Efek Indonesia, maka terdapatlah banyak pilihan jenis saham yang diperjual-belikan. Memilih saham yang tepat memang sama sulitnya dengan memilih broker yang tepat. Cobalah Anda pelajari profil tiap perusahaan penerbit saham tsb. Walaupun sejarah masa lalu tidak dapat mencerminkan apa yang akan terjadi, namun history dari pergerakan saham ini dapat menambah keyakinan Anda mana yang kira-kira cocok buat Anda jadikan investasi.

Dengan informasi di atas, Anda dapat memilih apakah akan berinvestasi saham blue chips, ataukah akan berinvestasi saham syariah, atau jenis saham lainnya.

Jangan sungkan untuk bertanya pada broker Anda mana pilihan saham terbaik, begitu pula bila ada hal-hal yang belum Anda pahami mengenai seluk beluk investasi saham ataupun cara bermain saham online.

  • Gunakan Software Online Trading

Mintalah software online trading ke broker saham dan installah di gadget Anda. Biasanya software ini ada 2 pilihan yaitu versi web (dekstop) dan versi mobile (HP). Setelah login menggunakan username dan password / PIN yang telah didaftarkan, Anda pun dapat melihat jumlah deposit dana yang sudah disetor dalam genggaman tangan Anda.

Selain dapat melihat jumlah deposit dana, Anda pun dapat menemukan menu untuk transaksi beli jual saham. Saat Anda ingin membeli saham, pilihlah menu beli saham (BUY) dengan cara memasukkan kode saham (biasanya terdiri dari 4 huruf) yang ingin dibeli. Misalnya Anda akan membeli saham PT Aneka Tambang Tbk, maka masukkan kode ANTM. Masukkan juga harga saham dan jumlah lot saham yang ingin dibeli.

Begitu pula saat Anda ingin menjual saham, maka pilihlah menu jual saham (SELL). Saat ada keuntungan, maka otomatis keuntungan tsb akan masuk ke dalam saldo.

  • Jangan Lupa Pelajari Strategi Investasi Saham

Anda memang dapat mempercayakan investasi Anda pada broker saham ataupun manager investasi yang dipercayai. Namun bila Anda berniat bermain saham online untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal maka diperlukan strategi khusus.

Anda harus mau mempelajari strategi yang tepat dalam berinvestasi saham mulai dari memilih saham dan kapan waktu yang tepat dalam melakukan transaksi jual beli saham.

Anda tak dapat asal-asalan melakukan transaksi beli jual saham karena bisa saja malah nantinya mendapatkan kerugian. Ingat! Saham memang menawarkan keuntungan yang besar tapi terdapat risiko kerugian yang besar pula. Bisa jadi modal Anda malah ludes saat perusahaan yang mengeluarkan saham tsb mengalami kebangkrutan.

Selain mengetahui dan memahami seluk beluk investasi saham, sebaiknya Anda pun banyak mencari informasi tentang dunia investasi saham, bagaimana pergerakannya, selain itu sebaiknya perbanyak informasi juga mengenai perusahaan yang menerbitkan saham tsb, apakah masih ada prospek ke depannya.

Untuk menambah pengetahuan Anda dalam bermain saham online, Anda pun dapat belajar trading saham menggunakan simulasi online trading dengan uang virtual (dengan uang bohongan). Dengan aplikasi ini Anda dapat mempelajari bagaimana cara trading online yang benar. Walaupun simulasi trading online ini akan berbeda dengan aplikasi yang nantinya Anda gunakan (yang menggunakan uang betulan), namun pelajaran ini cukup menambah wawasan terutama bagi Anda yang seorang pemula.

Sebelum bermain saham atau mau belajar tentang saham pemula atau training fundamental /mahir, Anda pun bisa bergabung mengikuti pelatihan yg diadakan komunitas ISP. Kami hanya menerima pendaftaran terbatas setiap bulannya, untuk bergabung silahkan join di nomor 085894580018.

Penutup

Pengetahuan terkait investasi dan pergerakan pasar modal merupakan hal krusial yang harus kita gali sebanyak mungkin, apalagi posisi kita baru investor pemula. Kita tidak dapat terjun ke dunia investasi tanpa pengetahuan yang memadai. Intinya meskipun punya modal dana besar namun jika hanya mengandalkan spekulasi maka sangat rentan dengan kerugian. Jadi kita dituntut cerdas dalam memperhatikan keberagaman serta alasan fluktuasi pasar saat bermain saham online apalagi saat Anda berencana membuat bisnis saham online.

Jangan lupa lakukan prinsip investasi aman yaitu jangan taruh uang Anda dalam keranjang yang sama. Jadi misalnya bila Anda telah membeli saham A maka jangan biarkan semua uang Anda dibelikan saham A, namun sebaiknya beli juga saham B dll. Begitu pula sebaiknya jangan taruh uang Anda semuanya untuk investasi saham, karena masih ada pilihan investasi lainnya yang menarik seperti reksadana, properti, emas, dll. Prinsip ini sangat baik dalam menurunkan risiko investasi.

Tags: bagaimana Investasi saham online bagaimana memulai saham online berbisnis saham online Cara Investasi cara memulai saham online investasi saham online saham online Tips Trik

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.
    1. author

      didik3 tahun agoBalas

      Kok gak di ajarin caranya…gimana caranya tau broker yang bener dari bei

      • author

        carainvestasibisnis3 tahun agoBalas

        Halo Mas Didik, betul sekali memilih broker itu memang gampang-gampang susah. Kita sebagai investor memang harus jeli dalam memilih. Walaupun history tidak bisa menjadi jaminan apa yg akan terjadi di masa depan, namun menurut saya ini merupakan salah satu cara terbaik saat ini yg dapat dilakukan. Caranya dengan memperhatikan track record dari broker tsb. Insya Allah nanti akan kita bahas lebih detil mengenai cara memilih broker saham ini di artikel selanjutnya .. Salam sukses!

    2. author

      gadai bpkb3 tahun agoBalas

      Kalau untuk pemula kira2 mulai dari mana kira2?

      • author

        carainvestasibisnis3 tahun agoBalas

        Dari niat mas 🙂 selanjutnya ikuti langkah-langkah cara bermain saham online untuk pemula seperti yg diuraikan di atas. Salam sukses!

    3. author

      novian2 tahun agoBalas

      Kira2 siapa ya yang mau membimbing saya..untuk memulai usaha ini.
      Tolong tinggalin no WA nya rekan-rekan senior.
      Biar saya bsa hubungi

      • author

        carainvestasibisnis2 tahun agoBalas

        Silahkan agan Novian googling untuk info kursus, mohon maaf untuk saat ini caraivestasibisnis.com belum menyediakan kelas khusus bimbingan. Tapi bila dapat saya sarankan, silahkan berlatih bermain saham menggunakan simulasi trading saham dengan uang virtual dulu untuk menambah rasa “PD” sebelum main saham dengan uang real.Jangan lupa banyak2 konsultasi dengan broker saham / perusahaan sekuritas. Semoga membantu ..

    4. author

      andrey1 tahun agoBalas

      Kalo boleh tau pake aplikasi apa ya namanya,biar saya belajar pake virtualnya dulu. Terimakasih

      • author

        carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

        Bila agan ingin mencoba bermain saham online memang bagusnya coba simulasi dulu menggunakan uang virtual (bukan uang real). Banyak aplikasi android yg dapat agan gunakan. Informasi selengkapnya bisa baca di Belajar Trading Saham menggunakan Simulasi Trading Saham Gratis. Silahkan agan gunakan aplikasi di artikel tsb untuk belajar. Salam sukses!

    Berikan komentar