Mengenal Risiko dan Keuntungan Investasi Saham

Investasi saham termasuk salah satu cara investasi yang digemari karena menawarkan keuntungan yang menjanjikan. Bagi Anda yang belum tahu apa saja keuntungan investasi saham dan risikonya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Namun sebelum membahas mengenai keuntungan investasi saham dan kerugiannya, sebaiknya Anda ketahui dulu apakah itu saham?

Saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Saham merupakan salah satu produk pasar modal yang menjadi salah satu instrument investasi untuk jangka panjang.  Nama pasar modal yang ada di Indonesia adalah Bursa Efek Indonesia. Perusahaan yang sahamnya dapat dibeli di Bursa Efek Indonesia disebut Perusahaan Tercatat/Emiten.

Risiko dan Keuntungan Investasi Saham

Keuntungan Investasi Saham

1. Capital Gain

Keuntungan investasi saham yang pertama adalah “capital gain” yaitu keuntungan yang diperoleh dari kelebihan selisih harga jual beli saham. Perbedaan dengan cara investasi lainnya, keuntungan investasi saham ini dapat diperoleh dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang relative singkat. Namun Anda harus ingat, karena setiap investasi yang menawarkan keuntungan yang besar biasanya memberikan risiko yang besar juga. Saat Anda menjual saham pada nilai jual yang lebih rendah maka Anda mendapatkan kerugian. Untuk mendapatkan keuntungan investasi saham yang besar maka Anda harus berani mengambil keputusan yang tepat dan dalam waktu yang singkat.

Baca juga: Tips Jitu Memiliki Rumah Di Usia Muda (Bawah 30an)

2. Dividen

Keuntungan investasi saham yang kedua adalah “dividen” yaitu keuntungan yang diperoleh dari perusahaan yang kemudian membagikan keuntungannya untuk para pemegang saham. Namun Anda jangan berharap bahwa seluruh keuntungan tsb akan dibagikan pada pemegang saham karena ada sebagian dari keuntungan tsb yang digunakan untuk diinvestasikan kembali. Besarnya keuntungan investasi saham dalam bentuk dividen yang akan dibagikan akan ditentukan / disepakati dalam sebuah rapat umum pemegang saham (RUPS).

Itulah 2 keuntungan investasi saham yang memiliki potensi sangat besar. Perlu diingat kembali setiap investasi memiliki risiko dan semakin besar investasi yang Anda lakukan maka semakin besar risiko yang Anda dapatkan. Risiko yang ada sebaiknya membuat Anda lebih berhati-hati dan bukan membuat Anda takut.

Risiko Investasi Saham

1. Harga Saham Yang Anjlok

Banyak kondisi yang dapat menyebabkan harga saham turun seperti kondisi politik, dsb. Anda harus siap dengan risiko ini apalagi dalam kondisi politik dan ekonomi yang tidak jelas.

Baca juga: Cara Jitu Menghindari Penipuan Berkedok Investasi Emas

2. Perusahaan Tidak Mendapatkan Untung

Keadaan perekonomian yang memburuk merupakan salah satu penyebab daya beli masyarakat menurun dan ini artinya hasil produksi dari perusahaan tidak dapat terjual yang menyebabkan perusahaan tidak memiliki keuntungan. Jika perusahaan tidak mendapatkan keuntungan maka tidak akan ada pembagian dividen.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

risiko investasi -RESIKO SAHAM SYARIAH -resiko dan keuntungan investasi -resiko dan keuntungan -menyebutkan keuntungan dan resiko saham -keuntungan resiko dan investasi saham -keuntungan dari risiko -keuntungan dan resiko saham -jelaskan resiko dan keuntungan bermain saham -jelaskan 3 keuntungan dari investasi saham dan asuransi -

Tags: Keuntungan Investasi Risiko Investasi

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Mengenal Risiko dan Keuntungan Investasi Saham"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

Tinggalkan Balasan