Ini Dia Keuntungan Memiliki Apartemen, Investasi Menjanjikan

Seiring dengan sulitnya memiliki rumah tapak di kota-kota besar seringkali membuat orang memilih membeli apartemen. Para pekerja atau pelaku bisnis di kota besar lebih memilih tinggal di apartemen karena lokasinya yang lebih strategis, dekat dengan tempat kerja atau usahanya. Sementara lokasi rumah tapak cenderung lebih banyak tersedia di pinggiran kota sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk pulang pergi ke tempat kerja, belum lagi kemacetan yang sering melanda di jam-jam sibuk sehingga para pekerja diharuskan berangkat lebih pagi dan pulang lebih malam untuk menghindari kemacetan.

Membeli apartemen merupakan salah satu jenis investasi properti yang menguntungkan. Anda akan mendapatkan capital gain atau kenaikan harga properti dimana harga properti yang cenderung naik tiap tahunnya. Selain itu bila apartemen ini disewakan maka Anda pun akan mendapatkan keuntungan dari hasil sewa tiap bulannya atau tiap tahunnya.

Apa Saja Keuntungan Memiliki Apartemen?

Selain Anda dapat menempati apartemen milik Anda dan merasakan kenyamananya karena lokasinya yang strategis, Anda pun dapat mendapatkan 2 keuntungan utama memiliki apartemen di tengah kota, yaitu:

keuntungan memiliki apartemen

Mendapatkan Penghasilan dari Apartemen yang Disewakan

Daripada tidak ditempati dan ujung-ujungnya banyak kerusakan yang terjadi, mengapa tidak mencoba untuk menyewakan saja apartemen yang Anda miliki tsb? Penyewaan ini bisa dilakukan secara mandiri atau kerjasama dengan agen pengelola.

Menyewakan apartemen secara mandiri memang memberikan penghasilan yang lebih besar karena tidak adanya biaya kerjasama dengan agen pengelola. Anda dapat membuat iklan gratis mengenai unit yang disewakan tsb misalnya memasang listing di olx, atau menggunakan kekuatan dari sosial media.

Bila Anda menyewakan unit apartemen ini secara mandiri biasanya ada saja penyewa yang suka bikin hidup Anda lebih ribet, misalnya sering mengeluh ini itu, lalai menjaga unit misalnya jorok, dll, dan ada juga yang tiba-tiba kabur tanpa kabar hehehe. Bila Anda hanya menyewakan 1 unit apartemen dan Anda pun tidak terlalu sibuk mungkin kejadian-kejadian ini bisa Anda tangani dengan lebih baik. Namun bagaimana bila Anda sibuk dan Anda memiliki beberapa unit dengan jenis penyewa yang “aneh” nya sama?

Baca juga:  Contoh Perhitungan IHSG Sebagai Acuan Para Investor Saham

Bila Anda tak ingin diribetkan dengan hal-hal operasional seperti ini, mungkin ini saatnya Anda bekerja sama dengan jasa pengelola. Ada banyak jasa pengelola apartemen yang tersedia yang mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya. Saran dari kami adalah seperti biasa, kenali dulu track record-nya, apakah jasa pengelola penyewaan apartemen tsb dapat dipercaya atau tidak.

Mendapatkan Capital Gain dari Unit Apartemen yang Dijual

Seperti halnya investasi properti lainnya, memiliki apartemen pun dapat mendapatkan capital gain, yaitu keuntungan dari selisih harga pembelian dan harga jual kembali. Jadi misalkan Anda tidak mau menempati apartemen yang Anda miliki, dan tidak mau pula menyewakannya karena alasan tertentu, Anda dapat menjualnya. Walalupun menjual apartemen tak semudah menjual emas, namun bila Anda memiliki apartemen di lokasi yang strategis dan harga yang sedikit miring, penjualan pun dapat dilakukan secara cepat. Anda dapat menjual ke teman, atau gunakan sosial media untuk memberitahu unit apartemen yang akan dijual ke circle pertemanan Anda, atau gunakan bantuan listing properti untuk jangkauan yang lebih luas.

Apa Yang Harus Dilakukan agar Mendapatkan Keuntungan dari Investasi Apartemen?

Di atas Anda sudah mengetahui 2 keuntungan utama berinvestasi apartemen, namun bila Anda tidak hati-hati, boro-boro mendapatkan untung, yang ada malah buntung.

Karena sulitnya tanah untuk pembangunan di tengah kota, sekarang ini banyak sekali pengembang yang membangun apartemen di pinggiran kota. Bahkan ada pula apartemen yang telah dibangun sepi dan mangkrak. Nah disini Anda harus pintar-pintar memilih. Berikut ini adalah 3 hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan:

Cek Lokasinya: Harus Strategis

Pilihlah lokasi yang strategis, lokasi yang banyak peminatnya, artinya dekat dengan kampus favorit, dekat dengan sekolah favorit, atau bisa juga dekat dengan gedung-gedung perkantoran.  Biasanya para mahasiswa, pelajar dan pekerja single banyak memerlukan tempat tinggal nyaman dan dekat.

Baca juga:  4 Cara Investasi Emas di Mandiri dan Keuntungannya

Cek Legalitasnya: Perijinan Terpenuhi dan Lengkap

Sebelum membeli apartemen, pastikan dulu mengenai legalitas pengembang dan ijin-ijin pembangunannya. Lakukan pemeriksaan secara online mengenai kebenaran perijinan yang diberikan pengembang ke pemberi ijin di lingkungan tsb.

Cek Pengembangnya: Harus Terpercaya

Walaupun history masa lalu tidak menjamin apa yang akan terjadi di masa depan, namun riwayat masa lalu dapat memberikan gambaran dan meminimalisir hal yang tak diinginkan di masa depan. Lihatlah track record dari pengembang setidaknya 5 tahun sebelumnya. Bila semua projek pembangunan apartemennya di masa lalu baik-baik saja dan aman, maka pengembang ini dapat dijadikan pilihan.

Bila 3 hal di atas sudah terpenuhi, sekarang Anda dapat melakukan pembelian apartemen tsb.

Duh Ternyata Uangnya Belum Cukup, Bagaimana agar Tetap Bisa Berinvestasi Apartemen?

Walaupun tidak sebanyak modal yang diperlukan untuk membeli rumah tapak di lokasi yang sama, membeli apartemen tetap saja memerlukan modal yang tak sedikit. Ada yang mengakalinya dengan menabung emas terlebih dahulu, ada pula yang mengambil jalur cepat dengan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen).

Nah bagi Anda yang tidak ingin mengambil opsi membeli secara kredit dan tak mau menabung karena sulit ngumpul dan sering terpakai, sekarang ada satu solusi lainnya, yaitu investasi properti di GORO hanya dengan mulai 10 ribu saja. Di GORO, Anda berkesempatan memiliki apartemen di tengah kota Jakarta dan lokasi strategis lainnya. Selain itu, Anda akan mendapatkan imbah hasil sewa setiap bulannya.

Oke, sekian ulasan mengenai keuntungan memiliki apartemen, dan mengapa investasi apartemen merupakan investasi yang menjanjikan. Salam sukses selalu bagi Anda pembaca setia blog ini.

Tags: investasi apartemen keuntungan investasi apartemen

Berikan komentar