Cara Menabung Saham di Bank Beserta Jenis-jenisnya

Cara menabung saham di bank – Menabung adalah suatu kegiatan positif yang telah diajarkan pada kita sejak masih dini. Ternyata, kebiasaan menabung masih tetap kita lakukan hingga dewasa karena menabung memanglah sangat membantu masalah keuangan kita. Selain itu, menabung tidak hanya dilakukan dengan menggunakan celengan kecil seperti saat kita masih muda, namun menabung dengan investasi lebih besar seperti menabung saham di Bank. Saham sendiri merupakan bukti penyertaan kepemilikan seseorang dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Dengan kata lain, memiliki saham artinya kalian juga dapat dikatakan sebagai pemilik perusahaan, tergantung dengan persentase porsi saham kalian di perusahaan tersebut. Jadi, apakah kalian tertarik dengan investasi baru ini? Untungnya, artikel ini akan membahas mengenai cara menabung saham di Bank yang tepat. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Menabung Saham dalam Kemampuan Hak Tagih atau Klaim

Menabung Saham di Bank

  1. Common Stocks (Saham Biasa)

Jenis saham yang pertama ini merupakan menabung saham dengan karakteristik yang bisa melakukan kepemilikan pada semua penghasilan dan aktiva yang ada pada perusahaan. Keuntungan pada common stocks ini yakni apabila perusahaan mengalami kerugian atau bahkan bangkrut, beban yang kalian tanggung hanya kehilangan dana investasi yang telah kalian tabung pada perusahaan tersebut dan tidak ada beban tambahan. Namun, kerugian yang dimiliki jenis saham yang ini yakni kalian hanya memiliki kewajiban yang terbatas daripada pemilik jenis saham lainnya.

  1. Preferred Stocks (Saham Preferen)

Jika dijabarkan, saham preferred stocks ini sebenarnya merupakan gabungan dari dua saham yakni obligasi dan saham biasa (common stocks). Secara umum, saham ini memiliki kekurangan yang sama dengan saham biasa yakni keterbatasan kewajiban. Namun jangan salah, pemilik saham ini mampu melakukan kepemilikan atas lama dan aktiva sebelumnya, dividennya tetap selama masa berlaku dari saham, dan memiliki hak tebusan yang dapat dipertukarkan dengan saham biasa. Inilah yang membuat saham ini sama selayaknya saham obligasi dan tentunya banyak diminati oleh para investor.

Menabung Saham dari Segi Cara Peralihannya

Prosedur menabung saham

Prosedur menabung saham

  1. Bearer Stocks (Saham Atas Unjuk)

Ciri khusus dari jenis saham yang satu ini adalah tidak ada keterangan nama yang utuh dalam saham bearer stocks. Hal ini juga menjadi suatu kelebihan yang diinginkan para pembisnis jual beli saham yang sedang marak akhir- akhir ini. Sehingga, tidak salah jika saham atas unjuk ini lebih disukai oleh para investor dengan tujuan utama diperjualbelikan. Selain itu, secara hukum investor tidak perlu khawatir mengenai peraturan kepemilikan saham tersebut karena siapapun yang memegang saham atas unjuk ini  telah berhak untuk ikut hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

  1. Registered Stocks (Saham Atas Nama)

Jenis saham ini berkebalikan dengan saham bearer stocks yang tidak memerlukan atas nama kepemilikan dalam kertas sahamnya. Terlebih lagi, cara pemindahan hak miliknya pun harus melalui prosedur khusus tertentu yang lumayan rumit.

Menabung Saham dari Segi Kinerja Perdagangan

  1. Blue Chips Stocks

Blue Chips Stocks berasal dari perusahaan yang memiliki reputasi yang bagus dan tinggi sehingga banyak investor yang tertarik dengannya. Selain reputasi yang bagus dan tinggi, perusahaan dari saham Blue Chips Stocks memiliki pendapatan yang stabil dan konsisten dalam membayar dividen atau pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki.

  1. Income Stocks

Saham yang ini juga biasanya berasal dari perusahaan yang bereputasi tinggi sehingga mempunyai kemampuan untuk membayar deviden yang lebih tinggi dari rata- rata dividen pada tahun sebelumnya. Hal ini mengartikan bahwa perusahan dari income stocks adalah jenis perusahaan yang stabil dan terus tumbuh berkembang setiap tahunnya.

  1. Growth Stocks

Saham jenis ini memiliki dua karateristik yakni well-known dan lesser-known yang mana memiliki sifat perusahaan yang berbeda. Untuk yang well-known, saham ini hampir menyerupai blue chips stocks, saham perusahaan ini memiliki rating pertumbuhan yang cukup tinggi dan biasanya merupakan petinggi di industrinya. Sedangkan untuk yang lesser-known, saham ini kurang populer di kalangan emiten.

Persayaratan Untuk Menabung Saham

Apa saja kelengkapan dan syarat untuk dapat mengikuti bisnis menabung saham? Berikut ini daftarnya:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  3. Pengisian formulir dan menyetor sejumlah dana

Langkah Mudah Menabung Saham

Berikut ini cara menabung saham di Bank mudah:

  1. Membuka rekening efek.
  2. Menentukan banyak dana yang kalian rencakan untuk disisihkan sebagai tabungan saham.
  3. Tentukan saham yang ingin ditabung.
  4. Menyetorkan dana saham di setiap periode secara rutin.
  5. Membeli saham di setiap periode secara rutin.
  6. Mulai bisnis dan menabung saham di perusahaan pilihan kalian.

Begitulah ulasan mengenai jenis- jenis dan cara menabung saham di Bank. Semoga menginspirasi!

Загрузка...

Tags: cara menabung saham di bank cara menabung saham di bank dan jenisnya Jenis dan cara menabung saham di bank jenis- jensi menabung saham menabung saham

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Cara Menabung Saham di Bank Beserta Jenis-jenisnya"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak
    1. author

      niken swastika2 minggu agoBalas

      terima kasih infonya sangat bermanfaat

    Tinggalkan Balasan