3 Cara Daftar Investasi Emas Syariah dan Keuntungannya

Daftar Investasi emas syariah – Kini investasi banyak dicari oleh masyarakat hal itu dikarenakan semakin tua umurnya pemikiran dan tenaga menjadi terbatas.  Dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk mendapatkan hari tua yang nyaman. Sayangnya menjadi karyawan saja tidak cukup untuk bisa mendapatkan masa tua yang nyaman dan menjanjikan. Salah satu cara mendapatkan masa tua yang nyaman adalah dengan cara investasi maupun bisnis. Investasi yang menjanjikan dan tanpa risiko adalah investasi emas. Dari waktu ke waktu harga emas stabil bahkan cenderung meningkat. Investasi emas syariah merupakan investasi yang menguntungkan dan banyak di lirik oleh para investor. Bagi yang sedang melirik investasi emas syariah, simak cara daftar investasi emas syariah berikut ini:

Syarat Investasi Emas

Investasi Emas

Investasi Emas

Sebelum mengetahui cara daftar investasi emas syariah, Anda harus tahu apa saja syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa mendaftar investasi emas tersebut. Tidak semua orang bisa melakukan investasi ini. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa berinvestasi emas syariah:

Warga Negara Indonesia

Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah WNI atau Warga Negara Indonesia. Warga negara asing atau WNA tidak bisa untuk melakukan investasi emas syariah.

Umur

Yang belum cukup umur tidak bisa mengikuti investasi emas syariah. Hal itu dikarenakan untuk bisa melakukan investasi emas syariah ini harus sudah berumur 21 tahun. Umur pun ada batas maksimalnya, dimana masyarakat yang sudah berumur tidak bisa melakukan investasi ini. Maksimal umur melakukan investasi emas adalah 55 tahun. Memang untuk bisa melakukan investasi sangat disarankan dilakukan di saat masih muda. Selain tenaga dan pikiran masih berfungsi dengan sangat baik, waktu untuk berinvestasi pun lebih lama sehingga bisa berinvestasi dengan maksimal.

Melampirkan KTP

Syarat selanjutnya adalah melampirkan fotokopi KTP maupun KTP asli. Bagi yang belum memiliki KTP belum bisa untuk melakukan investasi tersebut karena dianggap masih di bawah umur. KTP tersebut berguna untuk mengetahui kewarganegaraan dan alamat investor.

Mendatangi Bank atau Pegadaian

 kantor Pegadaian

kantor Pegadaian

Cara daftar investasi emas syariah selanjutnya adalah mendatangi bank maupun pegadaian. Saat ini bank, pegadaian maupun lembaga keuangan memiliki produk berbasis syariah. Banyak yang menginginkan produk dengan basis syariah dikarenakan basis dari produk syariah ini berbeda dengan yang konvensional. Tentu saja bagi yang beragama muslim banyak yang memilih produk syariah dikarenakan memiliki label halal.

Melakukan Penyetoran

Setelah menyerahkan beberapa dokumen penunjang dan melengkapi syarat daftar investasi emas syariah, kini masyarakat yang ingin berinvestasi dengan emas bisa melakukan  penyetoran. Penyetoran kepada bank maupun Pegadaian ini nantinya akan di konversikan ke gram emas. Ada yang menerapkan sistem tabungan namun ada juga yang melakukan setoran kemudian mendapatkan emas yang diinginkan. Tolak ukur untuk mengonversikan setoran ke emas mengacu pada LME atau London Metal Exchange. Berat emas yang bisa di konversikan ini sudah ditentukan oleh bank dan juga Pegadaian. Salah satu bank terbaik untuk investasi emas adalah Bank Mandiri Syariah. Untuk Bank Mandiri Syariah atau BSM berat minimal investasi yang bisa didapatkan oleh nasabah minimal 10 gram dan berlaku kelipatannya.

Keuntungan Investasi Emas Syariah

investasi emas syariah

investasi emas syariah

Banyak yang menyukai investasi emas syariah dikarenakan keuntungan yang akan didapatkan. Selain investasi di bank, Pegadaian maupun lembaga keuangan basis konvensional ternyata investasi dengan basis syariah pun menguntungkan. Berikut ini adalah keuntungan investasi emas syariah yang perlu untuk diketahui:

Melindungi Laju Inflasi

Keuntungan investasi emas syariah yang pertama adalah sebagai pelindung laju inflasi. Tentunya setiap investasi yang dilakukan ingin mendapatkan keuntungan. Ketika harga emas mengalami kenaikan, harga emas tersebut bisa sebagai pengimbang laju kenaikan inflasi. Semakin banyak yang melakukan investasi emas, maka semakin bisa digunakan sebagai pelindung nilai uang rupiah akibat laju inflasi. Jika inflasi semakin banyak maka dampaknya adalah uang yang disimpan di bank akan semakin tergerus oleh inflasi sehingga nilainya akan semakin berkurang.

Nilai yang Semakin Besar

Banyak orang beranggapan bahwa saat ini kehidupan semakin modern. Semakin banyak masyarakat dengan pola pikir yang modern menganggap bahwa menyimpan uang di bank akan mendapatkan bunga yang besar sehingga tabungannya akan menjadi semakin banyak. Padahal anggapan tersebut tidak selamanya benar karena uang yang disimpan di bank akan terkena dampak laju inflasi. Semakin sering laju inflasi tersebut terjadi maka nilai mata uang yang disimpan di bank akan semakin mengecil. Oleh sebab itulah berinvestasi dengan uang yang tidak terpakai seperti emas menjadi langkah tepat bagi orang yang ingin berinvestasi. Semakin lama harga emas yang meningkat akan menguntungkan bagi pemiliknya dikarenakan jika harga emas meningkat maka akan mendapatkan keuntungan. Semakin banyak emas yang disimpan maka semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor.

Memiliki Banyak Ragam dan Jenis

Investasi emas syariah tidak hanya terdapat satu bentuk dan jenis saja namun terdapat banyak ragam dan jenis. Oleh sebab itu masyarakat yang ingin berinvestasi emas bisa memilih investasi emas yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Semua investasi emas syariah tersebut halal dan menguntungkan. Berkat kepopulerannya kini banyak yang mulai melirik investasi emas dengan basis syariah tersebut. Bisa dipastikan kenaikan emas tersebut bisa terjadi setiap tahun.

Mudah Dilakukan

Bagi pebisnis atau investor pemula, investasi emas syariah merupakan langkah yang tepat dilakukan dikarenakan mudah dan prosedur yang dilakukan tidak terlalu banyak. Risiko yang ditanggung oleh investor pun tidak sebesar dengan bisnis investasi yang lainnya sehingga risiko tidak sebesar dengan keuntungan yang akan didapatkan.

Sesuai dengan Prinsip Syariah Islam

Keuntungan investasi emas syariah selanjutnya adalah dikelola sesuai dengan prinsip syariah selain itu ada badan pengawasnya sehingga tidak akan melenceng dari prinsip syariah islam. Investasi dengan basis syariah ini berbeda dengan basis konvensional sehingga cocok bagi investor yang menginginkan investasi yang lebih islami. Selain halal investasi emas ini juga sangat menguntungkan.

Mudah Dijual

Banyak yang beranggapan jika membeli emas di toko emas lebih menguntungkan dibandingkan dengan bank maupun Pegadaian. Padahal bank maupun pegadaian sama-sama memberikan keuntungan bagi masyarakat yang membeli atau berinvestasi emas. Dengan sistem Buyback masyarakat yang membeli emas di bank maupun pegadaian bisa menjualnya kembali ke bank atau pegadaian yang digunakan sebagai tempat untuk investasi emas.

Jika dahulu hanya sebagian kecil masyarakat saja yang melirik bisnis investasi emas syariah, namun saat ini semakin banyak orang yang melakukan investasi emas syariah dikarenakan semakin menguntungkan. Investasi emas syariah ini bisa dilakukan dengan cara offline maupun dengan cara online dan keduanya sama-sama mudah untuk dilakukan. Agar bisa merasakan keuntungan investasi emas syariah masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu. Masyarakat bisa melakukan beberapa cara daftar investasi emas syariah yang telah disebutkan diatas kemudian bisa menghubungi bank maupun Pegadaian yang memiliki produk investasi emas syariah.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

investasi emas syariah -cara investasi emas yang halal -investasi emas yang halal -cara investasi emas syariah -cara investasi emas s -panduan investasi emas syariah -idaftar nvestasi emas -invest basis emas -investasi asuransi emas syari -investasi emas halal -

Tags: Daftar Investasi emas syariah Daftar Investasi emas syariah 2017 Daftar Investasi emas syariah 2018 Daftar Investasi emas syariah terbaik Daftar Investasi emas syariah terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "3 Cara Daftar Investasi Emas Syariah dan Keuntungannya"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan