3 Syarat Kredit Emas di Bank, Keuntungan dan Kelebihannya

Kredit Emas di bank – Investasi emas adalah salah satu investasi yang banyak dicari oleh masyarakat sebab harganya yang stabil bahkan tidak pernah turun. Dari hari ke hari bahkan dalam setahun harga emas bisa dipastikan naik, selain itu investasi emas tidak akan pernah tergerus zaman dan akan selalu banyak peminatnya. Yang menjadi masalah kini adalah bagaimana jika tidak memiliki cukup uang untuk membeli emas secara kontan?, seperti yang kita ketahui bahwa harga emas lumayan mahal dihitung per gramnya. Semakin berat emas yang akan dibeli maka harganya pun semakin mahal. Untuk bisa berinvestasi emas tanpa uang tunai bisa dengan dua pilihan yaitu menabung emas atau menggunakan kredit emas. Yang akan dibahas kali ini adalah kredit emas di bank. Agar tidak menyesal ketika melakukan kredit emas, simak beberapa informasi berikut ini:

Syarat Kredit Emas di Bank

Kredit Emas di Bank

Kredit Emas di Bank

Sebelum melakukan kredit emas di bank ada baiknya Anda mengetahui syarat-syarat yang diberlakukan oleh bank. Syarat yang lengkap bisa mempercepat proses penerimaan kredit oleh bank. Sebaliknya jika syarat dirasa kurang lengkap pihak bank bisa menolak permohonan kredit tersebut. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan kredit emas:

Warga Negara Indonesia

Untuk bisa mengajukan kredit emas harus seorang Warga Negara Indonesia atau WNI. Untuk bisa memperkuat bukti bahwa seorang WNI, pihak bank akan meminta salinan KTP dan menunjukkan KTP asli.

Umur

Umur menjadi hal yang diperhatikan oleh bank ketika akan melakukan kredit emas. Tidak semua orang bisa melakukan kredit ini sebab umurnya dibatasi. Khusus pegawai minimal umurnya 21 tahun dan maksimalnya adalah 55 tahun, sehingga jika kurang dari 21 tahun dan lebih dari 55 tahun maka permohonan kredit tidak akan diterima. Khusus untuk pensiunan pun bisa melakukan kredit emas ini dengan catatan angsuran berakhir sebelum usia 70 tahun. Untuk profesional dan wiraswasta ketika mengajukan kredit umurnya tidak lebih dari 60 tahun.

Uang Muka

Setelah memenuhi beberapa syarat yang dibutuhkan Anda juga harus diwajibkan untuk membayar uang muka terlebih dahulu. Uang muka yang diberlakukan oleh bank pun cenderung besar yaitu sekitar 20% dari harga emas. Khusus untuk pembayaran uang muka ini tidak bisa di cicil sedangkan batas plafond pinjaman maksimal sebanyak 80% harga emas.

Kelebihan Kredit Emas di Bank

kelebihan-kredit-emas

kelebihan-kredit-emas

Kredit emas ini memiliki beberapa keuntungan dan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi yang berniat akan mengajukan kredit emas tersebut. Berikut ini adalah beberapa kelebihan kredit emas:

Membeli Emas dengan Mudah

Kelebihan yang pertama adalah bisa membeli emas dengan mudah. Saat ini sudah bukan menjadi alasan lagi membeli emas susah dan dibutuhkan dana yang banyak. Hal itu dikarenakan bank, Pegadaian dan lembaga keuangan lainnya sudah memudahkan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas. Untuk kredit emas ini pun bisa dengan menggunakan kartu kredit dengan catatan Anda harus disiplin dalam melakukan pembayaran tagihan karu kredit tersebut.

Mengalahkan Inflasi

Banyak yang menganggap jika menabung uang di bank jauh menguntungkan dibandingkan dengan investasi emas. Padahal investasi emas bisa digunakan sebagai penyeimbang inflasi. Jika di Indonesia semakin banyak inflasi maka tabungan di bank bisa semakin habis dan tergerus oleh inflasi. Oleh sebab itu bagi yang ingin berinvestasi disarankan untuk berinvestasi bukan pada uang tapi barang atau sesuatu yang nantinya bisa dijadikan uang, karena uang terutama yang disimpan di bank nantinya akan tergerus oleh inflasi.

Bisa Dititipkan

Keuntungan kredit emas di bank adalah bisa dititipkan ke bank penerbit kredit tersebut. Bagi yang memiliki emas dengan berat yang tidak sedikit tentu akan merasa khawatir jika emasnya hanya disimpan di dalam rumah saja. Kentungan menitipkan emas di bank atau Pegadaian adalah aman dan juga murah.

Mudah Diuangkan

Manfaat kredit emas lainnya adalah bisa dengan mudah diuangkan. Sehingga ketika ada kebutuhan mendesak Anda bisa menggadaikan atau menjual emas tersebut. Bagi yang membeli emas atau di Pegadaian bisa melakukan Buyback ke pemberi kredit. Namun jika tidak kehilangan emas tersebut bisa digadaikan dengan proses yang singkat.

Kerugian Kredit Emas di Bank

kerugian kredit emas

kerugian kredit emas

Tidak hanya keuntungan saja yang Anda pertimbangkan namun ada baiknya jika mempertimbangkan kerugiannya juga. Kelebihan dan kerugian tentu saja ada sehingga harus berfikir lebih matang sebelum memutuskan untuk mengambil kredit emas atau tidak. Berikut ini adalah kerugian kredit emas di bank yang harus diperhatikan:

Banyaknya Biaya Tambahan

Ada beberapa biaya tambahan yang harus ditanggung misalnya saja adalah biaya administrasi, materai dan juga asuransi. Semakin banyak biaya yang ditanggung maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan ketika akan melakukan kredit tersebut.

Tidak Bisa Mempercepat Pembayaran

Kerugian ketika melakukan kredit emas adalah tidak bisa mempercepat pembayaran. Jikalau nantinya bisa dilakukan percepatan pembayaran diperlukan syarat dan ketentuan berlaku sehingga nasabah harus tetap mematuhi peraturan yang diberlakukan.

Uang Muka Lumayan Besar

Kekurangan kredit emas lainnya adalah uang muka yang lumayan besar. Uang muka tersebut berlaku kelipatannya. Untuk uang muka kredit emas dengan biaya 20% dari harga beli emas harus menyerahkan uang muka mulai dari 1,1 juta belum lagi ditambah dengan biaya tambahan lainnya.

Tabel Kredit Emas di Bank

Untuk bisa melakukan kredit emas sebaiknya Anda mengetahui tabel kredit emas di bank terbaru. Dengan begitu Anda sudah tahu berapa besarnya cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya dengan tenor waktu yang ditentukan. Salah satu bank pemberi kredit emas terbaik adalah Bank Mandiri Syariah atau BSM. BSM akan memberikan kredit dengan berat emas mulai dari 10 gram. Sedangkan harga emas per gramnya mulai dari 552 ribu rupiah. Semakin berat emas yang akan dikredit maka harga per gramnya semakin kecil. Misalnya saja untuk harga per gram emas 10 gram dengan yang 25 gram, harganya lebih mahal emas dengan berat 10 gram. Uang muka yang harus diberikan kepada pihak bank sekitar 20% dari harga beli emas.

contoh simulasi Tabel Kredit Emas 2017

contoh simulasi Tabel Kredit Emas 2017

Semakin berat emas yang akan dibeli maka uang muka yang harus diberikan semakin besar. Setelah dikurangi uang muka, masih harus menanggung pembiayaan sekitar 80% dari harga beli emas tersebut. Pembiayaan sebesar 80% itulah yang nantinya harus di cicil oleh nasabah yang mengajukan kredit emas. Nantinya pembiayaan akan disesuaikan dengan tenor atau jangka waktunya. BSM atau Bank Mandiri Syariah memberikan tenor waktu mulai dari 12 bulan sampai dengan 60 bulan untuk pencicilan.

Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit ada baiknya jika Anda mengetahui berbagai macam informasi tentang kredit tersebut. Salah satunya adalah informasi tentang kredit emas. Sebelum melakukan  kredit emas di bank ada baiknya jika Anda mengetahui syarat, keuntungan, kerugian dan berbagai macam informasi lainnya tentang kredit tersebut.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara investasi emas di bank -cara investasi emas di bank bri -tabel cicilan emas bank syariah mandiri -investasi emas di bank BRI -tabel kredit emas pegadaian 2017 -investasi emas di bank -tabel cicil emas bsm 2018 -simpan emas di bank bri -tabel cicilan emas bank syariah mandiri 2018 -kredit emas bri -

Tags: cara Kredit Emas di bank keuntungan Kredit Emas di bank Kredit Emas di bank Kredit Emas di bank bni Kredit Emas di bank bni syariah Kredit Emas di bank bri Kredit Emas di bank bri syariah Kredit Emas di bank mandiri Kredit Emas di bank mandiri syariah

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "3 Syarat Kredit Emas di Bank, Keuntungan dan Kelebihannya"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan