3 Tips Memilih Investasi Emas Perhiasan atau Batangan  

Investasi Emas perhiasan atau batangan – Investasi emas merupakan salah satu investasi yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Hal itu dikarenakan kilau emas tidak akan pernah pudar sesuai dengan nilainya yang tidak akan pernah pudar. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang suka berburu emas baik untuk perhiasan maupun investasi. Berbagai macam bentuk emas seperti perhiasan, batangan maupun koin emas mampu menarik perhatian. Semakin berkembangnya zaman membuat emas pun mudah untuk dimiliki berbeda dengan zaman dahulu dimana emas hanya bisa dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Yang menjadi pertanyaan kini adalah bagus mana investasi emas perhiasan dengan batangan. Simak beberapa tips memilih investasi emas perhiasan atau batangan, keuntungan dan kerugiannya:

Tujuan Investasi

Tujuan Investasi

Tujuan Investasi

Sebelum memilih investasi emas perhiasan atau batangan sebaiknya Anda mengetahui tujuan investasi yang akan Anda lakukan itu sendiri. Sebab jika salah memilih investasi maka Anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Faktor yang mempengaruhi tujuan investasi tersebut adalah jangka waktunya mau jangka pendek atau jangka panjang. Jangka waktu tersebut erat kaitannya dengan jenis investasi yang akan Anda pilih. Jika jangka panjang akan disarankan bagi Anda untuk memilih emas batangan dikarenakan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Selain itu harganya pun lebih stabil jika dibandingkan dengan emas yang bentuknya batangan.

Harga

harga emas

harga emas

Yang harus diperhatikan selanjutnya ketika akan melakukan investasi emas perhiasan atau batangan harga sewaktu membelinya. Sudah hal lumrah jika ingin digunakan investasi membelinya di saat harga sedang murah dan dijual ketika harga sedang melonjak tinggi. Tidak hanya itu saja, jika dalam akhir-akhir ini harga emas sedang labil atau naik turun disarankan untuk menunda pembelian emas tersebut. Sebab nantinya akan menimbulkan kerugian kepada Anda akibat kelabilan harga.

Tempat Pembelian

toko emas

toko emas

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah tempat pembelian. Tempat pembelian ini menjadi sangat penting diperhatikan dikarenakan keaslian barang. Jangan pernah membeli emas di tempat-tempat yang tidak kredibel sebab Anda akan tertipu dengan barang yang dijual dimana bukan emas asli atau bisa juga kadar karatnya tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Belilah di toko emas, Pegadaian maupun di bank yang terpercaya.

Keuntungan Investasi Emas Perhiasan

Setelah Anda mengetahui beberapa tips dalam memilih investasi emas perhiasan atau batangan kini akan dibahas tentang keuntungan investasi emas perhiasan. Investasi emas perhiasan ini sering dilakukan oleh wanita, karena perhiasan emas berkilau dan sangat menarik ketika digunakan. Emas juga bisa menambah nilai prestise dari penampilan seseorang. Perhiasan emas yang dimiliki bisa menyimpan fungsi ganda yaitu sebagai investasi dan juga perhiasan. Sebaiknya tidak hanya keuntungan saja yang dipertimbangkan namun keuntungan dan kerugian investasi emas perhiasan harus dipertimbangkan dengan baik. Simak keuntungan investasi emas perhiasan berikut ini:

Mudah Didapatkan

Keuntungan investasi emas perhiasan adalah mudah didapatkan dibandingkan dengan emas dalam bentuk batangan. Hal itu dikarenakan setiap toko emas menjual emas dengan bentuk perhiasan ini. Perhiasan emas pun memiliki bentuk yang beragam sehingga tidak akan membosankan ketika dipandang.

Mudah Dijual

Keuntungan memiliki emas dalam bentuk perhiasan adalah mudah dijual berbeda dengan emas batangan dimana untuk bisa menjualnya harus dikembalikan ke tempat membelinya. Kapan pun Anda membutuhkan uang Anda bisa langsung menjualnya ke toko emas maupun ke tukang pembeli emas yang biasanya terdapat di sekitaran toko emas.

Kerugian Investasi Emas Perhiasan

investasi emas perhiasan

investasi emas perhiasan

Bagi orang yang ingin berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan, kerugiannya harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini adalah kerugiannya:

Biaya Cetak Emas

Beberapa toko emas ataupun penjual perhiasan emas tentu akan memberlakukan biaya cetak emas, sehingga harga per gramnya sudah ditambah dengan biaya cetak emas tersebut. Semakin sulit model pembuatan emas, maka biaya yang ditanggung pun akan semakin mahal. Biaya cetak emas ini lumayan mahal yaitu sekitar 15% sampai dengan 20% dari nilai emas. Sayangnya perhiasan toko emas kebanyakan membebankan biaya cetak emas sekitar 30% pada seluruh perhiasan mereka dan biaya tersebut cukup besar.

Nilainya Mudah Berkurang

Memang harga emas akan mudah naik namun emas perhiasan nilainya bisa berkurang meskipun harga emas sedang tinggi. Hal itu bisa disebabkan dengan kondisi emas itu sendiri. Misalnya membeli gelang emas dihiasi dengan batu permata, jika ada satu saja batu permata yang hilang harga jualnya bisa menurun. Selain itu jika gelang penyok maupun terdapat goresan nilai jual menjadi berkurang.

Keuntungan Tidak Maksimal

Emas perhiasan tidak akan memberikan keuntungan yang maksimal. Hal itu dikarenakan banyaknya perhiasan emas palsu di pasaran terutama jika tidak pintar dalam memilih tempat membeli emas yang kredibel. Jangan sampai perhiasan yang dibeli hanya lapis emas bukan emas murni. Selain itu tidak setiap orang memiliki kemampuan untuk mengukur kadar emas dengan baik sehingga rentan untuk terkena penipuan.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Batangan

investasi emas vs perhiasan

investasi emas vs perhiasan

Investasi emas batangan cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang dikarenakan keuntungan yang bisa didapatkan lebih maksimal. Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian investasi emas batangan yang patut untuk diperhatikan:

Emas Asli dan Murni

Jika Anda memilih untuk berinvestasi dengan emas batangan Anda akan mendapatkan emas asli dan murni. Namun pastikan juga jika Anda mendapatkannya di tempat yang kredibel dan terpercaya. Tempat yang kredibel dan terpercaya untuk membeli emas batangan seperti emas antam adalah di Pegadaian maupun di Bank.

Mendapatkan Sertifikat

Jika membeli emas perhiasan hanya akan mendapatkan surat emas, sedangkan jika membeli emas batangan Anda akan mendapatkan sertifikat bukti kepemilikan emas tersebut. Informasi yang ada pada sertifikat adalah id, berat emas serta kadar emas. Kualitasnya pun terjamin dengan kadar emas hampir 100%. Berinvestasi emas batangan akan bebas pajak tambahan sebesar 10% sehingga akan memiliki harga jual yang lebih menguntungkan terutama di saat harga emas sedang tinggi. Simpan sertifikat bukti kepemilikan tersebut jangan sampai hilang.

Sulit Didapatkan

Kerugian investasi emas batangan adalah sulit didapatkan hal itu dikarenakan tidak dijual bebas seperti dengan perhiasan emas. Masyarakat yang tinggal di pedesaan atau pelosok, sulit untuk mendapatkan emas tersebut karena akses yang terbatas. Berbeda dengan perhiasan emas yang mudah didapatkan karena saat ini ada beberapa toko emas dan perhiasan yang sudah masuk desa sehingga akses untuk mendapatkan perhiasan emas tersebut lebih mudah.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika akan melakukan investasi emas baik itu investasi emas dalam bentuk perhiasan atau batangan. Semua jenis investasi tersebut memiliki keunggulan dan kerugiannya masing-masing. Meski begitu ketika berinvestasi Anda juga harus mempertimbangkan budget Anda, jangan terlalu memaksakan diri. Jika memang budget terbatas Anda bisa memilih berinvestasi dalam bentuk perhiasan. Namun jika memiliki dana yang berlebih, tidak ada salahnya jika Anda berinvestasi dengan emas batangan. Investasi emas perhiasan atau batangan akan menguntungkan atau justru merugikan jika Anda tidak paham tujuan investasi Anda tersebut karena manfaat yang didapatkan tidak maksimal.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

investasi emas perhiasan -cara investasi emas perhiasan -investasi emad perhiadan -menabung emas perhiasan -manfaat investasi perhiasan emas -lebih untung investasi emas perhiasan atau emas batangan? -tips investasi emas apakah perhiasan atau di pegadaian -bisnis emas perhiasan -investasi emas batangan atau perhiasan -tips membeli emas perhiasan untuk investasi -

Tags: Investasi Emas perhiasan atau batangan kerugian Investasi Emas perhiasan atau batangan keuntungan Investasi Emas perhiasan atau batangan plus minus Investasi Emas perhiasan atau batangan

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "3 Tips Memilih Investasi Emas Perhiasan atau Batangan  "

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan pesan "3 Tips Memilih Investasi Emas Perhiasan atau Batangan  "