Cara Jitu Menghindari Penipuan Berkedok Investasi Emas

Salah satu cara investasi yang sangat menggiurkan sekarang ini adalah investasi emas. Bagaimana tidak, profit yang dihasilkan dapat sangat berlipat. Namun bila Anda ingin mencoba investasi sebaiknya Anda harus pintar menghindari penipuan berkedok investasi emas.

Bila Anda lihat di media televisi, begitu banyak korban yang tertipu dan walaupun sudah ada yang tertipu tetap saja orang lain ada yang terjerat dengan modus yang sama. Nah agar Anda tidak mengalami nasib yang sama, sebaiknya Anda hati-hati dan mengikuti cara jitu menghindari penipuan berkedok investasi emas berikut ini.

Baca juga: Tips Bijak Mengelola Uang THR agar Lebih Berkah dan Bermanfaat

Namun sebelum saya membahas mengenai cara menghindari penipuan berkedok investasi emas, sebaiknya Anda mengenali dulu modus penipuan tsb.

Mengenali Modus Penipuan Investasi Emas

Anda perlu mengenali modus penipuan agar mampu menghindari penipuan berkedok investasi emas ini. Memang betul, jenis investasi emas yang ditawarkan mungkin bermacam-macam, namun secara garis besar, penipuan berkedok investasi emas biasanya menggunakan model yang sama yaitu model arisan berantai, yaitu member / anggota harus menyetorkan sejumlah dana tanpa mendapatkan emas fisik pada awalnya lalu dana tsb dikumpulkan dan dibagikan ke setiap anggota berdasarkan level.

Biasanya model seperti ini akan menawarkan profit investasi yang besar yaitu sekitar 5% setiap bulannya, jauh lebih besar dibandingkan bunga deposito atau tabungan. Harga emas akan meningkat dalam kurun waktu tertentu namun kadang juga turun. Sementara profit emas didapatkan dari selisih harga penjualan dan pembelian. Bila harga pasar saja naik turun mengapa yang menawarkan investasi emas dapat mematok keuntungan yang tetap 5%? Sebaiknya hindari tawaran ini untuk menghindari penipuan berkedok investasi emas.

Perlu Anda ketahui, penipuan semacam ini biasanya terkuat saat terjadi kesulitan menemukan anggota baru sehingga pengelola tak mampu lagi membayarkan profit yang telah dijanjikan. Lebih parahnya lagi bila pihak pengelola kemudian membawa kabur dana anggota.

Tips / Cara Menghindari Penipuan Berkedok Investasi Emas

Setelah Anda mengenali modus penipuan, sekarang saatnya Anda mengetahui cara menghindari penipuan investasi emas.

1. Jangan Mudah Percaya

Cara pertama dalam menghindari penipuan berkedok investasi emas adalah jangan mudah percaya. Bila Anda menerima penawaran sebuah investasi, sebaiknya lakukan cek & ricek agar Anda terhidar dari penipuan investasi. Apalagi jika keuntungan yang ditawarkan jauh melebihi bunga deposito bank yang biasanya berkisar 5-10% per tahun. Bila ada yang menawarkan hingga 20% ke atas sebaiknya hati-hati karena hal tsb sangat mustahil dalam dunia perbankan.

2. Memeriksa Legalitas Pengelola Investasi

Untuk menghindari penipuan berkedok investasi emas berikutnya adalah dengan memeriksa legalitas pengelola investasi. Sesuai peraturan perundangan di Indonesia, setiap lembaga yang menghimpun uang masyarakat selain memiliki dokumen seperti Akta Pendirian / Perubahan Perusahaan, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Keterangan domisili dari Lurah setempat, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP), namun harus mendapatkan ijin juga dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (d/h Bapepam) atau Bappebti.

3. Memeriksa Reputasi Pengelola Investasi

Cara berikutnya dalam menghindari penipuan berkedok investasi emas adalah dengan memeriksa reputasi perusahaan tsb. Misalnya, sudah berapa lama model layanan tersebut dijalankan oleh perusahaan tsb dan apakah benar-benar sesuai dengan yang mereka janjikan selama ini?

Itulah 3 cara menghindari penipuan berkedok investasi emas. Selalu bersikap hati-hati dan jangan tergiur dengan keuntungan yang berlebihan dapat membantu Anda dari segala bentuk penipuan investasi.

Baca juga: 6 Cara Efektif Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

aplikasi e-mas penipuan -korban penipuan berkedok asuransi kesehatan -reputasi aplikasi e-mas -

Tags: Investasi Bodong Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Cara Jitu Menghindari Penipuan Berkedok Investasi Emas"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

Tinggalkan Balasan