6 Cara Efektif Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran

Cara Investasi Bisnis – Lebaran merupakan momen yang ditunggu oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Selain digunakan untuk berkumpul dengan keluarga dan mengunjungi sanak saudara di kampung halaman, juga digunakan sebagai waktu berlibur bersama keluarga. Tentu saja untuk semua aktivitas tsb, Anda akan dituntut untuk mengeluarkan uang yang tak sedikit, bahkan mungkin ada yang menggunakan dana darurat atau berhutang. Nah saat masa libur lebaran telah usai seperti sekarang ini, agar kondisi keuangan
Anda sehat kembali, Anda harus mampu mengubah kebiasaan boros Anda selama liburan menjadi hidup lebih hemat. Sekarang saatnya Anda harus memulihkan keuangan setelah lebaran.
cara menyehatkan kondisi finansial setelah liburan
photo credit: momentum.com

Tips / Cara Efektif Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran

Sudah menjadi rahasia umum, banyak sekali orang yang mengalami krisis keuangan paska lebaran. Kondisi keuangan yang awalnya aman terkendali kini berantakan, hidup pun semakin sulit. Untuk membantu Anda memulihkan keuangan setelah lebaran, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan.

1. Periksa Catatan Pengeluaran Selama Lebaran
Pembukuan / pencatatan arus uang merupakan salah satu poin penting dalam pengaturan keuangan. Nah walaupun masa lebaran telah usai, ada baiknya Anda memeriksa arus pengeluaran selama lebaran sehingga Anda mengetahui di pos manakah pengeluaran terbesar Anda. Hal ini bertujuan untuk agar Anda dapat segera mengisi kembali kekosongan pos uang tsb untuk memulihkan keuangan Anda setelah lebaran dan sebagai acuan untuk menghadapi lebaran yang akan datang berikutnya. Dengan demikian Anda tidak akan mengalami kondisi keuangan yang sama pada tahun depan.
2. Lunasi Hutang
Hutang biasanya terjadi karena pemakaian kartu kredit yang tidak terkontrol atau mungkin Anda menggadaikan barang berharga Anda untuk keperluan mudik dan lebaran. Sekarang saatnya Anda menghitung berapa besar hutang yang harus Anda bayar. Membayar hutang sesuai kemampuan harus dilakukan secara konsisten untuk membantu memulihkan kondisi keuangan setelah lebaran. Perlu Anda ingat, hutang itu wajib Anda bayarkan, tidak ada untungya bagi Anda menunda melunasi hutang, malahan Anda akan selalu dihantui dengan hutang Anda dan menggiring Anda ke jeratan hutang yang makin kuat. Namun walaupun demikian, jangan gunakan semua uang Anda untuk membayar hutang, perhitungkan kebutuhan pokok Anda.
3. Perketat Anggaran Belanja
Ingat, masa liburan telah usai, sekarang saatnya Anda kembali ke dunia nyata, bekerja dan mengumpulkan uang, perketat anggaran belanja Anda dan berhematlah agar dapat segera memulihkan kondisi keuangan Anda.
4. Kembalikan Dana Darurat
Tabungan dana darurat seringkali digunakan untuk hal-hal yang tak dapat diprediksi termasuk biaya libur lebaran. Bila tabungan dana darurat Anda habis atau terpakai maka segera isi kembali untuk memulihkan kondisi keuangan Anda dan Anda pun dapat hidup lebih tenang. Isilah tabungan ini sesuai kemampuan Anda agar nantinya dapat menyelamatkan Anda dalam masa-masa sulit yang tidak dapat Anda hindari.
5. Mulai Menabung Lagi
Ya, masa-masa menghamburkan uang karena ingin menyenangkan orang-orang terdekat Anda saat lebaran telah usai, sekarang waktunya Anda menabung kembali untuk memulihkan kondisi keuangan Anda. Tentu saja Anda harus memiliki target dalam menabung sehingga Anda termotivasi untuk melakukannya secara rutin. Target yang dapat Anda gunakan misalnya mengumpulkan uang untuk membeli aset tertentu, atau untuk investasi jangka panjang, dll.
6. Siapkan Pos Pengeluaran Jangka Panjang
Walapun Anda sedang berusaha memulihkan keuangan setelah lebaran, namun Anda tetap harus ingat untuk menyiapkan dana untuk pengeluaran jangka panjang. Dana yang disiapkan jauh-jauh hari akan membantu kesiapan finansial Anda di masa depan.

Nah itulah 6 tips / cara efektif memulihkan keuangan setelah lebaran dan membantu menyiapkan kondisi finansial Anda yang lebih sehat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara mengatur keuangan setelah lebaran -menabung setelah lebaran -tips mengatur keuangan pasca lebaran -tips jika uang habis setelah lebaran -mengatur keuangan setelah mudik lebaran -menabung setelah mudik -Memulihkan keuangan stlh lebaran -Ide menabung setelah lebaran -Cara menyehatkan keuangan -Cara mengatur keungan setelah lebaran -

Tags: Investasi Kartu Kredit Pengelolaan Hutang Tips Mengelola Uang

author
Penulis: 

    Posting Terkait "6 Cara Efektif Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan