Sumber Modal Untuk Memulai Bisnis Anda

Sumber modal untuk memulai bisnis seringkali menjadi kambing hitam kenapa seseorang tidak jadi memulai bisnisnya. Padahal banyak pengusaha sukses yang berhasil membangun bisnisnya dari nol bahkan tanpa memiliki modal sama sekali.

Bila ditelaah, para pengusaha / pebisnis sukses tsb ternyata berhasil melobi para investor atau partner kerja yang memiliki modal. Lagi pula, sumber modal untuk memulai bisnis dapat datang dari mana saja. Mau tahu diperoleh dari mana saja sumber modal untuk memulai bisnis? yuk simak ulasan berikut ini.

Sumber Modal Usaha

sumber modal usaha sendiri

1. Memanfaatkan Dana Tabungan

Banyak para pengusaha / pebisnis yang memulai karirnya sebagai seorang karyawan, selain mendapatkan pengalaman dalam proses bisnis dan mengamati keadaan pasar, juga dapat menabung dari penghasilan bulanan Anda. Nah dana tabungan inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber modal untuk memulai bisnis Anda. Namun saran saya sebelum Anda menghabiskan dana tabungan Anda untuk bisnis sebaiknya pertimbangkan juga dana untuk menopang kehidupan Anda sehari-hari saat Anda fokus pada bisnis Anda.

2. Menjual Aset

Beberapa barang yang Anda miliki seperti properti, mobil, emas, dsb dapat menjadi sumber modal untuk memulai bisnis Anda. Daripada meminjam, sebaiknya manfaatkan saja aset yang tidak terpakai tsb.

3. Meminjam dari Keluarga atau Teman

Orang-orang terdekat Anda dan ingin melihat Anda sukses biasanya tidak akan keberatan meminjamkan modal untuk memulai bisnis Anda asalkan Anda serius dan memberikan alasan yang kuat mengenai bisnis Anda. Keunggulan meminjam modal dari orang terdekat adalah biasanya Anda tidak akan dikenakan bunga dan ada kelonggaran waktu dalam pengembaliannya.

4. Mencari Partner Yang Kaya

Partner bisnis sangat diperlukan untuk membantu Anda melewati masa-masa sulit dalam memulai usaha. Partner bisnis dapat berbagi ide, peran dalam menjalankan bisnis dan tentunya ikut andil dalam penanaman modal. Oleh karena itu, carilah partner bisnis yang kaya sehingga mampu sebagai sumber modal untuk memulai bisnis Anda. Lagi pula, adanya co-founder / partner bisnis yang menanamkan modal dalam jumlah besar mampu meningkatkan kepercayaan lembaga pinjaman untuk menyetujui permohonan pinjaman Anda (bila diperlukan).

Baca juga: 5 Hal Sebelum Memulai Bisnis Bersama Sahabat

Keuntungan bila mendapatkan modal untuk memulai bisnis dari partner bisnis adalah tidak adanya pengembalian dana, tetapi yang ada adalah sistem bagi hasil sehingga lebih meringankan beban Anda.

5. Mencari Investor / Venture Capital

Sumber modal untuk memulai bisnis lainnya adalah dengan mencari investor / venture capital. Di luar sana banyak para investor / penanam modal yang berusaha mencari alternative sumber pendapatan lain. Namun mendapatkan dana dari investor biasanya mereka akan menuntut Anda untuk memberikan keuntungan yang lebih atau kepemilikan saham yang tinggi di bisnis Anda.

6. Pinjaman Bank

Pinjaman bank dapat dijadikan sumber modal untuk memulai bisnis Anda asalkan bisnis Anda berisiko rendah. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa bank akan sulit menyetujui pinjaman modal bisnis bila bisnis Anda baru saja dimulai. Sebuah riset menyebutkan bahwa 90% startup bisnis akan gagal di tahun pertama. Walaupun disetujui, harap perhitungkan juga sejumlah biaya yang harus dikeluarkan termasuk Bunga pinjaman, besarnya cicilan, dan waktu pengembalian pinjaman, sebisa mungkin hindari kemungkinan Anda terlilit hutang.

Baca juga: Cara Membuat Startup Bisnis Mulai dari Nol Hingga Sukses

7. Kompetisi

Sebuah kompetisi biasanya menawarkan hadiah yang menarik, termasuk diantarnya kompetisi wirausaha. Yang perlu Anda siapkan adalah produk dan proposal untuk memulai atau mengembangkan usaha. Bila para juri tertarik dengan ide bisnis Anda maka Anda mungkin akan memenangkan hadiah uang tunai sebagai sumber modal untuk memulai bisnis. Bahkan tak jarang investor yang melirik bisnis untuk menanamkan modalnya dari acara seperti ini.

8. Crowdfunding

Sumber modal untuk memulai bisnis berikutnya adalah crowdfunding atau patungan dana. Di internet sendiri ada website yang bernaman Kickstarter.com dan Indiegogo.com, dimana website tsb menawarkan bagi para penggunanya untuk memasang ide bisnis atau proposal bisnis Anda untuk meminta penggalangan dana. Biasanya Anda diberikan waktu sebulan untuk melakukan kampanye dan mengumpulkan dana, bila jumlah dana tercapai maka dana tsb dapat dicairkan. Bila presentasi bisnis Anda menarik, orang-orang di belahan dunia manapun dapat saja membantu mewujudkan mimpi Anda sebagai seorang entrepreneur.

9. Pre-order dan Dropship

Selain sumber modal untuk memulai bisnis Anda di atas, masih ada alternative lain yaitu memulai bisnis tanpa modal. Ya, Anda dapat menggunakan model bisnis pre-order yaitu melakukan order / pemesanan barang ke supplier setelah ada yang membayar uang muka dan model bisnis dropship yaitu memasarkan barang tanpa memiliki barang dan barang tsb baru akan dibeli ke supplier setelah pembeli melakukan pembayaran. Kedua model ini hampir mirip yaitu sama-sama cara memulai bisnis tanpa modal, namun bedanya dropship lebih cenderung digunakan pada bisnis online.

Itulah beberapa sumber modal untuk memulai bisnis Anda, jadi segeralah wujudkan impian Anda sebagai pengusaha sukses dan jangan biarkan masalah modal mengjegal langkah Anda.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

mencari parner usaha yg memberi modal -mencari penanam modal usaha -penanam modal usaha -sumber dana untuk memulai bisnis -sumber dana untuk memulai proposal usaha -sumber dana dan biaya investasi dalam merintis usaha baru -sistem tanam modal onlineshop -sumber permodalan yang dapan digunakan -mencari penansm modal properti -jika kita ingin memulai bisnis baru dari manakah sumber modal nya? -

Tags: Kredit Modal Usaha Startup Bisnis Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Sumber Modal Untuk Memulai Bisnis Anda"

5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

Tinggalkan Balasan