5 Hal Sebelum Memulai Bisnis Bersama Sahabat

Memiliki sahabat dalam suka dan duka adalah sebuah anugrah dalam hidup ini. Tidak semua orang mampu menjaga tali persahabatan selama bertahun-tahun. Karena itulah ada banyak pasangan sahabat yang ingin selalu melakukan aneka hal bersama-sama termasuk dalam berbisnis. Memulai bisnis bersama sahabat terdengar sangat menyenangkan namun sebetulnya tetap terdapat tantangan besar.

Nah bila Anda ingin memulai bisnis bersama sahabat, sebaiknya Anda mempertimbangkan dulu 5 hal berikut ini sehingga tidak ada lagi penyesalan di kemudian hari.

memulai bisnis bersama sahabat

Baca juga: 10 Tips Memilih Partner Bisnis Bagi Pemula

1. Peran dalam Bisnis

Walapun Anda dan sahabat Anda sudah menjalin persahabatan cukup lama namun bukan berarti tidak ada pembagian tugas dalam bisnis. Saat Anda ingin memulai bisnis bersama sahabat maka Anda harus mampu menentukan peran Anda dan sahabat yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Baca juga: Perbedaan Investasi dan Bisnis Yang Perlu Diketahui

2. Kesepakatan Sebelum Memulai Bisnis Bersama Sahabat

Kesepakatan merupakan pondasi penting dalam berbisnis. Sebaiknya buat kesepakatan dalam bentuk tertulis yang ditanda-tangani oleh Anda dan sahabat Anda. Kesepakatan inilah yang akan menjadi rujukan bila di kemudian hari terjadi perselisihan atau sesuatu yang tidak berjalan semestinya. Memang perlu sikap profesionalitas untuk memisahkan urusan bisnis dan urusan pribadi, oleh karena itu kesepakatan ini sebaiknya dilakukan sebelum memulai bisnis bersama sahabat.

3. Perlu Keputusan Yang Tegas dan Disiplin Dalam Berbisnis

Sikap toleransi dalam kehidupan sosial tidak dapat diterapkan dalam kehidupan berbisnis. Agar bisnis Anda dapat berkembang dan meraih kesuksesan maka pelaku bisnis harus mampu membuat keputusan yang tegas dan perlu menegakkan disiplin walaupun itu berhubungan dengan sahabat Anda. Pemahaman ini perlu ditanamkan / dipertimbangkan sebelum Anda memulai bisnis bersama sahabat Anda.

4. Perlu Perspektif Baru Dalam Berbisnis

Membuat bisnis yang sukses sangat erat kaitannya dengan ide-ide kreatif. Saat memulai bisnis bersama sahabat namun Anda dan sahabat Anda tak mampu menggali ide-ide kreatif baru maka itu saatnya tim bisnis Anda memerlukan anggota baru untuk memberikan perpektif baru guna memperkaya ide-ide kreatif baru.

Baca juga: Cara Membuat Startup Bisnis Mulai dari Nol Hingga Sukses

5. Pembagian Modal dan Penghasilan

Memulai bisnis bersama sahabat memang memerlukan pertimbangan yang matang. Pada awal-awal bisnis, Anda dan sahabat Anda harus mau mengeluarkan sejumlah uang sebagai modal bisnis yang mungkin pengembaliannya memerlukan waktu. Saat bisnis mulai berjalan dan mendapatkan profit maka harus ada pembagian hasil yang jelas atas jerih payah yang telah dilakukan oleh Anda dan sahabat Anda. Besarnya pembayaran harus ditetapkan secara professional berdasarkan beban kerja yang dilakukan atau sesuai kesepakatan.

Itulah 5 hal yang harus dipertimbangkan saat akan memulai bisnis bersama sahabat. Dengan menjungjung tinggi profesionalitas dan menjalankan bisnis sesuai kesepakatan maka memulai bisnis bersama sahabat akan sangat menyenangkan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kesepakatan memulai bisnis bersama -

Tags: Startup Bisnis Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "5 Hal Sebelum Memulai Bisnis Bersama Sahabat"

5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
  1. author

    alya2 tahun agoBalas

    cukup bergizi artikelnyaaa..thanks

  2. author

    Manfaat22 tahun agoBalas

    thanks

  3. author

    obat jerawatan2 tahun agoBalas

    bener bgt gan bisnis dengan sahabat punya tantangan yang besar

Tinggalkan Balasan