10 Tips Memilih Partner Bisnis Bagi Pemula

 

Butuh partner bisnis? Sebelum menentukan partner bisnis Anda, coba pertimbangkan beberapa tips memilih partner bisnis yang sudah kami rangkumkan dari beberapa sumber ini. Selain bisa membantu Anda menemukan partner atau rekanan bisnis yang sesuai, tips berikut juga diharapkan bisa membantu Anda mendapatkan mitra bisnis yang menguntungkan.

Cari partner yang punya jiwa wirausaha

tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis

tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis

Sebelum memilih rekan atau mitra bisnis, pastikan untuk melakukan survey terlebih dulu terhadap beberapa kandidat terbaik yang sudah Anda punya. Dari beberapa kandidat mitra bisnis tersebut, pilihlah yang memiliki jiwa wirausaha tinggi. Partner dengan jiwa wirausaha biasanya tidak mudah putus asa dalam berbisnis. Hal ini bisa jadi nilai positif bagi Anda jika merekrutnya menjadi partner bisnis Anda.

Cari yang berpengalaman

Tips memilih partner bisnis selanjutnya ialah dengan mencari rekan bisnis yang sudah berpengalaman. Hal ini sangat penting mengingat bisnis tentunya akan lebih berpeluang mencapai kesuksesan jika salah satu pelakunya punya pengalaman bisnis. Dengan pengalaman bisnis yang dimiliki, rekan bisnis Anda nantinya bisa berbagi pengalaman bisnisnya pada Anda. Dengan kata lain, ia bisa jadi tempat berbagi ilmu bagi Anda.

tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis

tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis

Bekerja sama dengan seseorang yang memiliki pengalaman berbisnis ternyata tidak hanya bisa memberi Anda kesempatan untuk menimba pengalaman bisnis darinya, tetapi juga bisa membuat bisnis jadi lebih mudah dijalankan. Misalnya Anda yang hendak menjalankan bisnis kuliner masih belum mengetahui tentang bisnis kuliner itu sendiri. Nah dengan adanya partner bisnis yang berpengalaman, Anda tentu akan lebih mudah menjalankan bisnis berkat arahan dari partner Anda tersebut.

Cari partner yang bisa fokus

Tips memilih partner bisnis yang satu ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Carilah rekanan bisnis yang bisa fokus dalam menjalankan bisnis. Karenanya sebelum memilih partner, kenali terlebih dulu pribadi orang yang akan menjadi partner bisnis Anda tersebut. Apakah ia tergolong orang yang suka mencampuradukkan masalah pribadi dengan pekerjaan? Jika ya, pertimbangkan untuk mencari partner kerja lainnya. Pribadi yang demikian tidak akan bisa fokus dalam menjalankan bisnis karena ketidakmampuannya memisahkan urusan pribadi dengan pekerjaan.

Pertimbangkan rekanan bisnis yang stabil secara finansial

tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis

tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis

Jika Anda dihadapkan pada dua pilihan rekanan bisnis, siapakah yang akan Anda pilih sebagai partner? Rekanan yang pertama lebih stabil dalam hal finasial, sedangkan rekanan kedua tidak. Nah demi kelangsungan bisnis Anda, pilihlah rekanan yang stabil dalam hal finansial. Dengan kestabilan finansial yang dimilikinya, ia bisa lebih fokus untuk menjalankan bisnis bersama Anda. Namun bukan berarti rekanan dengan kondisi finansial yang kurang baik tidak bisa Anda pertimbangkan. Hanya saja mereka lebih cenderung menjadi egois ketika berbisnis, sehingga dampaknya kurang bagus untuk bisnis Anda kedepannya. Pertimbangkan tips memilih partner bisnis ini dengan baik agar Anda tidak menyesal nantinya.

Pilih mitra yang punya rasa tanggung jawab

Partner bisnis Anda haruslah memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap kelangsungan bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini sangat penting mengingat dengan memiliki rekan bisnis yang bertanggung jawab, ia tentu akan terus termotivasi untuk melakukan yang terbaik. Akibatnya Anda pun jadi termotivasi untuk melakukan yang terbaik demi kelangsungan bisnis yang sedang dijalankan.

Cari partner yang punya kedekatan emosi

Partner bisnis ternyata tidak harus seseorang yang belum Anda kenal. Keluarga dan teman pun ternyata bisa Anda rekrut sebagai rekan bisnis. Rekan bisnis yang berasal dari keluarga atau teman biasanya memiliki kedekatan secara emosional dengan Anda. Dengan adanya kedekatan emosional tersebut Anda tentunya akan lebih mudah berkomunikasi. Berbeda halnya ketika rekanan bisnis Anda merupakan orang yang baru saja Anda kenal. Perlu beberapa waktu bagi Anda untuk bisa merasa dekat secara emosional dengannya. Kondisi ini tentu bisa menghambat komunikasi Anda.

Carilah partner bisnis yang jujur

tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis

tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis

Tips memilih partner bisnis selanjutnya ialah memastikan Anda mendapatkan partner yang jujur. Hal ini sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda. Apalagi kejujuran dalam berbisnis merupakan salah satu kunci kesuksesan. Jangan sampai bisnis Anda terkendala hanya karena partner Anda membeberkan rahasia bisnis Anda pada orang lain.

Lakukan uji kecocokan

Anda merasa sudah menemukan orang yang tepat untuk dijadikan partner bisnis? Jangan lantas terburu buru menetapkan pilihan. Kenali lebih jauh calon rekan bisnis Anda tersebut. Lakukan uji kecocokan terlebih dulu. Mulailah dengan mengajaknya berdiskusi tentang bisnis yang akan Anda jalankan. Lihat bagaimana dia menanggapi setiap ide atau gagasan Anda. Perhatikan juga bagaimana ia menentang gagasan Anda dan pelajari argumen yang ia berikan. Dari sini Anda bisa menilai apakah Anda memiliki kecocokan dengan rekan bisnis tersebut atau tidak.

Tips memilih partner bisnis yang satu ini sangat penting untuk dipertimbangkan, mengingat tidak mudah untuk mendapatkan rekan bisnis yang bisa sejalan. Di awal menjalankan bisnis, Anda mungkin merasa cocok dengan rekan bisnis Anda. Namun apakah hal tersebut bisa bertahan lama, terutama saat salah satu pihak mulai merasa tidak sejalan dengan ide bisnis yang dijalankan. Jangan sampai hal ini malah jadi penghambat bisnis Anda. Karenanya penting untuk memastikan adanya kecocokan antara Anda dengan rekan kerja.

Pilih partner bisnis yang punya skill

Bingung memilih partner bisnis? Coba pilih berdasarkan keahlian yang dimiliki dan sesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan. Misalnya Anda sedang menjalankan bisnis kuliner, maka carilah rekan bisnis yang punya keahlian di bisnis tersebut. Keahlian yang dimaksud bisa dalam hal memasak atau pemasarannya. Dengan memiliki rekan bisnis yang demikian, maka Anda bisa lebih mudah dalam menjalankan bisnis.

tips memilih partner bisnis

tips memilih partner bisnis

Selain mempermudah Anda menjalankan bisnis, rekan bisnis yang punya keahlian tentunya bisa Anda jadikan tempat bertanya. Dengan keahlian yang dimiliki, ia tentu akan lebih mudah memberikan masukan demi kelangsungan bisnis. Berbeda halnya jika orang yang Anda jadikan partner tidak memiliki keahlian yang sesuai dengan bisnis Anda. Ia tentu tidak akan bisa memberikan masukan apapun ketika bisnis menemui kendala.

Pilih partner yang bisa diajak bekerja sama

Tujuan utama Anda mencari partner bisnis adalah untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Nah agar tujuan tersebut tercapai, pastikan Anda memilih rekan bisnis yang tepat. Carilah rekan bisnis yang bisa diajak kerja sama. Hal ini sangat penting mengingat kelangsungan bisnis Anda akan sangat bergantung pada kerja sama yang baik antara Anda dan rekan bisnis.

Memilih rekan bisnis memang diperlukan banyak pertimbangan. Ada banyak hal yang perlu jadi bahan pertimbangan Anda sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih seseorang menjadi rekan bisnis Anda. Nah guna mempermudah Anda dalam menentukan rekan bisnis yang sesuai, sepuluh tips memilih partner bisnis di atas diharapkan bisa jadi pedoman Anda. Dengan begitu diharapkan Anda bisa menemukan rekan bisnis yang sesuai.

 

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

Partner bisnis -bisnis partner -Mencari partner bisnis -https://carainvestasibisnis com/tips-memilih-partner-bisnis/ -cara mencari partner bisnis -cara mencari partner -partner bisnis adalah -cara memilih partner kerja -cara mencari patner bisnis -cara memilih partner -

Tags: tips memilih partner bisnis tips memilih partner bisnis yang baik tips memilih partner bisnis yang benar tips memilih partner bisnis yang bertanggung jawab tips memilih partner bisnis yang loyal tips memilih partner bisnis yang sejalan

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "10 Tips Memilih Partner Bisnis Bagi Pemula"

    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
    Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019 Tanpa Modal
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    5 Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika Tanpa Modal
    Peluang usaha lulusan teknik informatika tanpa modal
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal

    Tinggalkan pesan "10 Tips Memilih Partner Bisnis Bagi Pemula"