9 Tips Memilih Tempat yang Cocok untuk Bisnis

Bingung mencari lokasi bisnis yang tepat untuk bisnis Anda? Coba simak beberapa tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis berikut. Dirangkum dari beberapa sumber, tips memikih lokasi bisnis yang strategis berikut diharapkan bisa memberikan Anda gambaran mengenai lokasi bisnis seperti apa yang bisa mendatangkan banyak pelanggan untuk bisnis Anda.

Lokasi yang mudah terlihat

memilih tempat yang cocok untuk bisnis

memilih tempat yang cocok untuk bisnis

Sebelum memutuskan untuk memilih salah satu lokasi bisnis, coba pertimbangkan lokasinya terlebih dahulu. Pilihlah lokasi bisnis yang mudah terlihat. Hal ini sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda. Para pelanggan bisnis Anda tentu akan lebih mudah menemukan keberadaan bisnis Anda jika lokasinya mudah terlihat. Nah agar bisnis Anda mudah terlihat oleh para pelanggan, pertimbangkan untuk memilih lokasi yang terbuka. Lokasi bisnis di pinggir jalan yang tidak terhalang oleh gedung atau bangunan di kanan kirinya bisa jadi pertimbangan utama Anda. Terlebih jika Anda hendak membuka bisnis kuliner.

Akses yang mudah

memilih tempat yang cocok untuk bisnis

memilih tempat yang cocok untuk bisnis

Tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis selanjutnya yang juga perlu Anda pertimbangkan adalah akses ke lokasi yang mudah dijangkau pelanggan. Sama halnya dengan lokasi yang mudah terlihat, akses yang mudah ke lokasi bisnis Anda tentunya akan memberikan kemudahan bagi para pelanggan saat mereka membutuhkan jasa atau produk Anda. Anda tentunya pernah menemukan dua bisnis yang menawarkan produk yang sama, akan tetapi jumlah pelanggannya berbeda. Salah satu penyebab perbedaan junlah pelanggan tersebut adalah karena lokasinya yang mudah dijangkau. Untuk itu, pastikan Anda hanya memilih lokasi bisnis yang mudah dijangkau agar bisnis Anda banjir pelanggan.

Cukup penerangan

Jika Anda berencana menjalankan bisnis yang beroperasi sampai malam, maka faktor penerangan tentunya patut diperhitungkan saat mencari lokasi bisnis. Dengan penerangan yang cukup, Anda bisa memberikan rasa nyaman pada pelanggan, terutama saat sedang memilih produk. Penerangan yang cukup juga bisa memudahkan pelanggan Anda untuk mengetahui keberadaan bisnis yang sedang Anda jalankan. Karenanya pertimbangkan tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis ini jika Anda ingin bisnis Anda jadi pilihan para pelanggan.

Lokasi yang aman

memilih tempat yang cocok untuk bisnis

memilih tempat yang cocok untuk bisnis

Tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis selanjutnya adalah pastikan lokasinya aman. Lokasi bisnis yang aman disini maksudnya aman dari tindak kejahatan seperti copet dan semacamnya. Lokasi bisnis yang minim tindak kejahatan tentunya bisa memberikan rasa nyaman pada pelanggan karena mereka bisa fokus memilih produk dan jasa yang Anda tawarkan tanpa merasa khawatir akan menjadi korban kejahatan.

Tersedianya area parkir

Sebelum memilih lokasi untuk bisnis Anda, pertimbangkan juga masalah parkir pelanggan. Apakah lokasi yang Anda pilih tersedia areal parkir yang memadai? Kendati bisnis Anda baru akan berjalan, penting bagi Anda untuk memastikan ada tidaknya areal parkir kendaraan untuk para pelanggan.

Tersedianya areal parkir dalam hal ini juga bisa menjadi daya tarik bisnis Anda nantinya. Selain itu dengan memastikan adanya ruang parkir kendaraan yang mencukupi, paling tidak Anda sudah bisa memperkirakan mengenai pertumbuhan bisnis Anda selanjutnya. Ketika bisnis Anda mulai berkembang, jumlah pelanggan tentunya juga akan bertambah. Dengan memiliki areal parkir yang mencukupi tentunya bisa membuat pelanggan betah, karena kendaraannya berada di tempat yang aman.

tempat yang cocok untuk bisnis

tempat yang cocok untuk bisnis

Guna memperoleh tempat bisnis dengan area parkir yang cukup, hindari memilih lokasi yang berada di tikungan jalan atau yang berada tepat di tepi jalan raya. Pilihlah lokasi yang tidak terlalu dekat dengan jalan raya, akan tetapi masih berada di pinggir jalan. Hal ini guna menyisakan ruang khusus agar pelanggan bisa memarkir kendaraannya. Jangan sampai calon pelanggan Anda malah enggan datang ke lokasi bisnis Anda hanya karena tidak adanya ruang untuk parkir kendaraan. Jika ini sampai terjadi tentu dampaknya tidak akan bagus untuk kelangsungan bisnis Anda.

Sesuaikan lokasi dengan produk atau jasa

Produk atau jasa yang hendak Anda tawarkan pada pelanggan ternyata bisa menentukan lokasi bisnis seperti apa yang sebaiknya Anda pilih. Misalnya jika Anda berencana menjual pakaian, lokasi bisnis yang sesuai adalah di area pasar atau pertokoan. Lokasi di trotoar mungkin bisa jadi salah satu pertimbangan jika modal Anda terbatas. Namun lokasi tersebut tidak bisa dijadikan sebagai lokasi bisnis permanen. Jadi pertimbangkan tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis yang satu ini agar nantinya Anda tidak salah pilih lokasi.

Contoh lain terkait kesesuaian produk atau jasa yang ditawarkan dengan lokasi bisnis adalah ketika Anda berniat membuka bisnis oleh oleh. Jika bisnis pakaian jadi cocok dengan lokasi pasar dan pertokoan. Tidak demikian halnya dengan bisnis oleh oleh. Bisnis ini akan diburu pelanggan jika ia berada di lokasi wisata. Coba perhatikan stand oleh oleh di tempat wisata. Semuanya ramai pembeli, bukan?

Sesuaikan lokasi dengan budget

Modal bisnis memang seringkali menjadi penentu lokasi bisnis Anda. Semakin besar modal yang Anda miliki, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkan lokasi yang sesuai dengan keinginan Anda. Namun sayangnya, tidak semua pebisnis beruntung bisa memiliki modal yang cukup. Jika Anda termasuk yang memiliki keterbatasan modal, sesuaikan budget yang ada dengan lokasi bisnis yang akan dipilih. Terlebih jika lokasinya harus menyewa. Pertimbangkan mengenai kemungkinan adanya kenaikan harga sewa di kemudian hari. Hal ini dilakukan agar Anda bisa melakukan persiapan dana untuk membayar sewa lokasi selanjutnya.

Lakukan survei lokasi

tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis

tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis

Akan ada banyak pilihan lokasi bisnis yang mungkin menurut Anda sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan. Karenanya jangan terburu buru menetapkan pilihan. Lakukan survei terlebih dahulu pada masing masing lokasi. Coba amati lokasinya dan lakukan analisa terkait kelayakan, tingkat persaingan, perilaku masyarakat di sekitar lokasi dan prospek produk atau jasa yang akan Anda tawarkan jika Anda memilih salah satu dari lokasi bisnis yang dianggap sesuai. Jika hasil analisa Anda cukup baik, maka bisnis Anda tentunya akan berjalan mulus di lokasi tersebut.

Perlu atau tidaknya mengurus izin berbisnis

Untuk memulai bisnis di lokasi tertentu biasanya diperlukan izin bisnis. Nah mengenai hal ini, pastikan Anda sudah memahaminya dengan baik. Hal ini sangat penting demi kelangsungan bisnis Anda. Dengan memiliki ijin berbisnis yang sesuai prosedur, Anda tentunya akan lebih nyaman saat menjalankan bisnis. Jangan sampai hanya karena belum mengurus ijin, bisnis Anda tiba tiba digusur karena dianggap ilegal.

Menjalankan bisnis memang diperlukan banyak pertimbangan, terutama masalah lokasi. Hal ini dikarenakan lokasi bisnis bisa menjadi penentu sukses atau tidaknya bisnis yang sedang dijalankan. Karenanya jangan sampai salah dalam memilih lokasi untuk bisnis Anda. Pertimbangkan tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis di atas sebelum menentukan lokasi bisnis. Dengan begitu diharapkan bisnis Anda bisa lebih mudah dikenal dan diterima oleh masyarakat.

 

 

 

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

jasa seo bagus -tempat yang cocok untuk bis -tips memilih jasa seo loc:ID -

Tags: tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis dengan keuntungan besar tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis kuliner tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis makanan tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis modal kecil tips memilih tempat yang cocok untuk bisnis pulsa

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "9 Tips Memilih Tempat yang Cocok untuk Bisnis"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan