Contoh Proposal Bisnis Online Shop dan Rincian Modalnya

Seiring dengan perkembangan toko online yang semakin pesat, kini mulai banyak orang yang mencari contoh proposal bisnis online shop. Proposal tersebut tentu dibutuhkan oleh mereka yang ingin mengajukan bantuan modal atau menjalin kerja sama dengan investor. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang referensi proposal bisnis online shop yang dapat Anda jadikan sebagai panduan atau pedoman dalam penyusunan proposal bisnis.

Bisnis Online Shop

Bisnis Online Shop

BAB I PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Pada bagian latar belakang proposal, jelaskan mengenai alasan Anda ingin menjalankan bisnis online shop. Cari alasan kuat yang dapat meyakinkan investor bahwa bisnis yang satu ini memiliki prospek yang bagus ke depannya. Di sini, berikan pula informasi detail mengenai semua hal yang terkait dengan bisnis online shop Anda.

2.Visi dan Misi

Jelaskan pula mengenai visi dan misi Anda dalam memulai bisnis online shop. Sebagai informasi, visi merupakan rencana jangka panjang yang harus Anda capai selama berbisnis. Sedangkan misi adalah rencana jangka pendek yang juga harus dicapai. Semakin banyak misi yang Anda cantumkan, maka akan semakin baik pula proposal bisnis online shop Anda.

BAB II KEGIATAN USAHA

1.Konsep Promosi

Untuk contoh proposal bisnis online shop poin ini adalah menjelaskan tentang langkah-langkah promosi seperti apa saja yang akan dijalankan. Contohnya adalah promosi melalui media online seperti media sosial, website, dan lain sebagainya.

2.Target Pelanggan

Tentukan pula target pelanggan atau bidikan pasar yang akan menjadi konsumen dari bisnis online shop tersebut. Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali pengguna internet yang dapat mengakses online shop. Anda harus menjelaskannya secara terperinci misalnya target pasar adalah anak-anak, remaja, pria, wanita, pebisnis, dan sebagainya.

3.Perspektif Masa Depan Bisnis

Berikan pandangan mengenai prospek bisnis online shop Anda di masa depan. Hal ini juga masih berhubungan dengan misi. Poin pentingnya adalah berikan keunggulan apa saja yang ditawarkan oleh bisnis ini sehingga investor tertarik untuk memberikan bantuan modal.

4.Analisa Persaingan

Anda juga harus melakukan analisa terhadap kompetitor dalam bisnis serupa. Hal ini penting dipertimbangkan karena kemampuan dalam persaingan tersebut dapat menentukan apakah bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar atau tidak.

BAB III RENCANA PEMASARAN

1. Penetapan Harga

Di sini, Anda menjelaskan tentang harga yang akan digunakan dalam berbagai produk yang dijual melalui online shop. Perhitungkan dengan matang mengenai harga tersebut sebagai pertimbangan apakah harga tersebut masih dapat bersaing dengan kompetitor atau tidak.

2. Pelaksanaan Distribusi

Jelaskan mengenai teknis distribusi barang mulai dari terima pesanan hingga pengiriman pada konsumen.

BAB IV PERENCANAAN PERMODALAN

Dalam ulasan contoh proposal bisnis online shop, ini adalah hal terpenting yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan. Mengapa? Karena nantinya calon investor akan melihat berapa biaya yang Anda butuhkan dan berapa target penghasilan yang didapatkan sebagai pertimbangan apakah bisnis Anda ini layak diberi investasi atau tidak.

1. Sumber-Sumber Permodalan

Jelaskan dari mana saja Anda mendapatkan dana untuk membangun bisnis online shop. Misalnya saat ini Anda sebagai pendiri dan pengelola telah mengantongi 40% total modal, dan membutuhkan 60% modal dari investor agar usaha tersebut dapat dijalankan.

2.Rencana Anggaran Biaya dan Perhitungan Profit

Rencana Anggaran Biaya

  • Modal Investasi

Laptop                                                                                    = Rp 6.000.000

Pemasangan Wifi                                                                = Rp 200.000

Belanja Produk Awal                                                          = Rp 15.000.000

  • Modal Operasional Pertahun

Hosting 1 tahun                                                                   = Rp 350.000

Biaya Wifi                              : Rp 320.000 x 11 bulan     = Rp 3.520.000

Promosi Offline                                                                    = Rp 600.000

Tambahan Produk Bulanan: Rp 1.000.000 x 11 bulan            = Rp 11.000.000

  • Lain-Lain

Biaya lain-lain                                                                      = Rp 650.000

Jadi total rencana anggaran biaya adalah sebesar Rp 37.320.000

  1. Perkiraan Keuntungan/Profit
  • Perkiraan Penjualan dan Keuntungan

Apabila dalam 1 minggu, toko online mampu menjual 30 pcs barang dengan keuntungan tiap pcs adalah sebesar 20% dan harga masing-masing pcs yang dijual rata-rata adalah Rp 90.000, maka perhitungannya adalah:

120 pcs x Rp 90.000 x 20% = Rp 2.160.000

Jadi dalam setahun, keuntungan yang diperoleh adalah sebesar:

Rp 2.160.000 x 12 bulan    = Rp 25.920.000

3. Modal yang Dibutuhkan dari Investor

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa Anda sudah mengantongi modal sebesar 40% dan membutuhkan suntikan dana sebesar 60% dari investor, maka:

Modal Anda adalah sebesar : Rp 14.928.000

Modal yang dibutuhkan dari investor : Rp 22.392.000

Demikian salah satu contoh proposal bisnis online shop yang dapat Anda jadikan sebagai referensi, semoga bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

contoh proposal usaha online shop -proposal bisnis online -proposal usaha online shop -contoh proposal bisnis online shop -contoh proposal bisnis online -contoh proposal usaha online shop pakaian -proposal usaha online -proposal toko online -contoh proposal usaha pakaian online -contoh proposal online -

Tags: contoh proposal bisnis online shop contoh proposal bisnis online shop 2018 contoh proposal bisnis online shop terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Contoh Proposal Bisnis Online Shop dan Rincian Modalnya"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan