5 Cara Mengajari Anak Berbisnis Sejak Dini

Bagi setiap orang tua, pasti penasaran tentang bagaimana cara mengajari anak berbisnis demi membekali mereka dengan pengetahuan dalam dunia bisnis sejak dini. Untuk manfaat bisnis sendiri, salah satunya akan membuat anak terlatih untuk mandiri dan disiplin. Tak hanya itu saja, anak-anak juga akan lebih mampu mengatur segala hal terkait pengeluaran dan pendapatan mereka hingga dewasa nantinya.

Lantas bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk mengajari anak berbisnis? Daripada penasaran, simak ulasan berikut ini.

Ajarkan Mereka Prinsip Menabung

Prinsip Menabung untuk anak

Prinsip Menabung untuk anak

Langkah pertama adalah Anda harus mengajarkan anak-anak Anda tentang pentingnya menabung untuk kebutuhan yang akan datang. Untuk menarik minat anak dalam menabung, Anda dapat menyediakan sebuah wadah berupa celengan yang berbentuk mainan anak. Hal ini akan lebih optimal dalam mengembangkan keinginan anak-anak Anda selama menyisihkan uang mereka ke dalam wadah tersebut.

Ajarkan pula tentang pentingnya menabung. Jadi ketika misalnya dalam sehari Anda memberikan uang jajan sebesar Rp 10.000, maka pastikan sisa uang jajan tersebut ditabung. Selain itu, buatlah kesepatakan dengan anak Anda. Misalnya, ketika akhir tahun celengan tersebut dibuka, maka Anda akan menambahkan 50% dari total jumlah tabungan tersebut. Dengan begitu, maka mereka akan semakin giat dan antusias dalam menabung.

Ajak Anak untuk Terlibat dalam Bisnis yang Anda Miliki

Cara mengajari anak berbisnis selanjutnya adalah dengan mengajak mereka untuk terlibat dalam kegiatan bisnis yang sedang Anda jalankan. Dalam hal ini, tentu saja ada porsi masing-masing yang dapat diberikan. Misalnya anak mendapat bagian untuk menghitung keuntungan atau hal-hal lain yang masih mudah dalam dijangkau anak-anak sesuai dengan umurnya.

Prinsip bisnis untuk anak

Prinsip bisnis untuk anak

Tak peduli bisnis tersebut memiliki skala kecil ataupun besar, ketika anak-anak turut aktif dalam kegiatan bisnis tersebut, maka potensi dan minat mereka dalam menjalankan bisnis akan lebih mudah muncul. Dengan begitu, ketika mereka beranjak dewasa, setidaknya mereka telah mengetahui hal-hal dasar terkait kegiatan bisnis.

Bertindak Berdasarkan Ide Kreatif Mereka

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan stimulasi pada mereka tentang ide-ide bisnis yang dapat dilakukan. Setelah itu, ajak anak untuk berpikir tentang ide bisnis kreatif seperti yang dapat dilakukan. Biarkan mereka menuliskan tentang ide-ide bisnis pada sebuah kertas. Kemudian mintalah penjelasan anak mengapa mereka memilih ide bisnis tersebut, apa saja kekurangan serta kelebihannya, dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat anak Anda lebih mampu berpikir secara kritis serta menyusun konsep bisnis tepat yang dapat memberikan banyak keuntungan.

Jelaskan dan Ajak Anak dalam Melakukan Kegiatan Promosi

ajari Anak dalam bisnis

ajari Anak dalam bisnis

Untuk anak-anak, Anda harus menjelaskan pada mereka bahwa promosi menjadi sebuah gerakan yang penting dilakukan dalam dunia bisnis. Melalui promosi inilah barang atau jasa yang ditawarkan dapat dijangkau oleh pembeli secara luas. Berikan penjelasan sederhana yang dapat dicerna oleh anak Anda.

Tak hanya itu saja, Anda juga dapat mengajak buah hati dalam membuat iklan bisnis baik berupa banner atau iklan melalui media online. Berikan pula pemahaman tentang hal-hal apa saja yang harus muncul pada media promosi tersebut sehingga dapat memancing para konsumen untuk membeli produk bisnis. Untuk cara yang satu ini, alangkah baiknya dilakukan ketika anak menginjak usia 15 tahun agar mereka dapat memikirkan secara matang dan mencerna semua penjelasan yang Anda berikan.

Ajarkan Pencatatan Administrasi Keluar Masuk Uang

 Pencatatan Admistrasi Keluar Masuk Uang

Pencatatan Admistrasi Keluar Masuk Uang

Hal penting lain dalam cara mengajari anak berbisnis adalah memberikan pengajaran pada mereka tentang bagaimana mencatat keluar masuknya uang. Dalam melakukan cara ini, berikan anak-anak buku khusus untuk mencatat uang. Setelah itu, contohkan pada mereka dengan penjelasan sederhana. Misalnya tentang modal yang dikeluarkan, berapa banyak barang yang dapat dijual dengan harga tertentu, hingga penghasilan yang didapatkan.

Lebih mudahnya, ajarkan anak untuk mencatat pengeluaran harian mereka serta berapa jumlah uang yang ditabung. Praktik seperti ini akan membuat anak lebih mudah memahami tentang tips dasar dalam menjalankan bisnis. Selain itu, mereka akan lebih mudah belajar tentang bagaimana cara hidup sederhana agar pendapatan atau tabungan yang mereka dapatkan semakin bertambah.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, maka cepat atau lambat anak-anak akan lebih peka terhadap aktivitas bisnis. Demikian sedikit ulasan tentang cara mengajari anak berbisnis, semoga bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara mengajarkan anak berbisnis -

Tags: cara mengajari anak berbisnis 2018 cara mengajari anak berbisnis dengan mudah cara mengajari anak berbisnis terbaru tips cara mengajari anak berbisnis trik cara mengajari anak berbisnis

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Cara Mengajari Anak Berbisnis Sejak Dini"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan