8 Cara Mengenalkan Bisnis Pada Anak yang Terbukti Berhasil

Cara mengenalkan bisnis pada anak – Orang tua yang berbisnis akan menurun pada anaknya. Mengapa hal itu terjadi?, karena anak akan melihat apa yang setiap hari orang tuanya lakukan. Dari pengamatan tersebut berbuah sebuah rasa ingin tahu yang tinggi. Mengajarkan bisnis kepada anak ini memang tidak instan. Orang tua perlu mengajarkan dan mengenalkan bagaimana caranya berbisnis mulai dari cara yang sederhana. Keuntungan memiliki anak dengan jiwa bisnis ini nantinya bisa meneruskan usaha atau bisnis yang Anda geluti. Tentunya Anda pernah menemukan bisnis yang dilakukan turun temurun?, nah hal itu dikarenakan pebisnis tersebut telah menyiapkan keturunan atau generasinya untuk bisa menekuni atau menggeluti bisnis yang dimilikinya kelak.  Berikut ini ada beberapa cara mengenalkan bisnis pada anak yang bisa orang tua lakukan:

Menghargai Uang

Membuat anak menghargai uang

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah ajarkan bagaimana anak untuk bisa menghargai uang. Anak yang boros tidak akan bisa memanajemen keuangan dengan baik. Takutnya kalau suatu saat dia berhasil dengan bisnisnya, dia tidak akan bisa mengatur keuangan bisnis dengan baik. Oleh sebab itu ajarkan anak untuk menghargai uang yang dimiliki. Menghargai uang ini berbeda dengan mengajarkan anak bersikap pelit. Beda anak yang menghargai uang dengan yang bersikap pelit adalah anak tersebut akan berhati-hati dalam membelanjakan uangnya namun ketika ada orang yang membutuhkan bantuannya atau ada temannya yang kesusahan dia akan tetap mau membantu.

Mengenal Konsep Uang

anak menabung

anak menabung

Setelah anak bisa mengelola uang dengan baik, kini kenalkan kepadanya apa yang dimaksud dengan konsep uang. Konsep uang merupakan cara mengenalkan nilai uang kepada anak. Mengenalkan konsep uang ini sangat berharga untuk mengenalkan bisnis kepada anak karena nantinya anak akan berhubungan dengan uang. Banyak yang sudah mengajarkan anak untuk memanajemen uangnya dengan baik namun hanya sedikit orang tua yang mengajarkan konsepnya seperti apa. Konsep uang ini akan menjadi modal yang sangat berharga terutama bagi pola pikir anak. Setelah menabung dan manajemen uangnya banyak anak yang berpikir uangnya untuk apa, nah di sinilah peran orang tua dalam mengajari konsep uang sangat diperlukan. Untuk apa uangnya tersebut tergantung dengan orang tua yang mengajarkan konsep uang kepada anak-anaknya.

Hindari Menyepelekan Uang

Ada orang tua yang mengajarkan anak untuk menyepelekan uang, maksudnya di sini adalah semakin kecil nominalnya orang tua biasanya akan menyuruh untuk mengabaikannya. Padahal jika anak memiliki sifat ini sampai dewasa tidak akan bagus. Ajarkan kepada anak untuk tidak menyepelekan uang meski nominalnya kecil.

Mengenal Lingkungan Bisnis

anak berbelanja di pasar

Cara mengenalkan bisnis pada anak selanjutnya adalah kenalkan lingkungan bisnis. Sebagai contoh sederhana adalah ajak anak Anda untuk mengenal lingkungan bisnis seperti pasar tradisional. Mengapa harus pasar tradisional?, hal itu dikarenakan di pasar ini anak akan melihat proses atau transaksi dari penjualan dan pembelian, serah terima uang dan barang yang mana menjadi proses dari suatu bisnis. Selain itu ada beberapa kegiatan lainnya yang mana dilakukan di tempat tersebut yang promosi menjajakan dagangannya, menimbang, menawar, memilih barang yang akan dibeli, dan masih banyak lagi lainnya. Proses bisnis yang terjadi di pasar tradisional sangat lengkap yang mana tidak akan ditemukan di tempat lainnya. Orang tua bisa memberikan penjelasan kepada anak bahwa apa yang dilihatnya merupakan suatu proses dari bisnis.

Melihat Hobi Anak

Cara mengenalkan bisnis pada anak yang bisa dilakukan selanjutnya adalah lihatlah hobi anak. Anak yang memiliki hobi ini biasanya akan menggeluti bisnis sesuai dengan hobi dan kesukaannya. Sebagai contohnya adalah anak yang suka bermain dengan kelereng, dia akan berbisnis menjual kelereng kepada teman sebayanya atau bahkan orang yang lebih tua darinya.

Ceritakan Kisah Sukses Anak yang Berbisnis

anak dan uang

Anak tidak akan termotivasi dalam bisnis jika tidak memiliki inspirasi yang bisa membuatnya tergerak untuk menggeluti bisnis. Sebagai orang tua yang akan mengenalkan bisnis kepada anaknya bisa menceritakan kisah sukses anak yang berbisnis tersebut. Sudah banyak anak seumuran SD yang saat ini memiliki omzet yang lumayan. Dengan menceritakan kisah tersebut anak akan selalu terngiang-ngiang dan menjadikannya inspirasi.

Konsep Pinjaman

Untuk mengenalkan bisnis kepada anak orang tua bisa mengajarkan konsep pinjaman. Dengan konsep ini anak akan tahu apa yang menjadi tanggung jawabnya dan kewajiban untuk bisa menanyakan miliknya jika dipinjamkan kepada orang lain. Konsep ini  bisa memberikan dampak yang positif kepada anak ketika dia masuk dalam dunia bisnis.

Libatkan Anak Dalam Bisnis

Jika orang tua berbisnis, cobalah libatkan anak dalam bisnis. Anda bisa menyuruh anak untuk  melayani pembeli seperti menanyakan apa yang diinginkannya, membungkuskan pesanannya, memberikan pesanan kepada pembeli, dan lain sebagainya. Jika orang tua terus melibatkan  anak, ketertarikan anak dalam berbisnis akan semakin kuat.

Demikianlah cara mengenalkan bisnis pada anak yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara mengenalkan bisnis pada anak Cara mengenalkan bisnis pada anak Cara mengenalkan bisnis pada anak dengan mudah

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "8 Cara Mengenalkan Bisnis Pada Anak yang Terbukti Berhasil"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan