Tips Sukses Memulai Bisnis Kost-Kostan

Salah satu pilihan bisnis di bidang properti adalah memulai usaha / bisnis kost-kostan. Cobalah Anda jalan-jalan ke daerah dekat kampus, tentunya Anda dapat melihat bagaimana geliat bisnis properti di sekitar kampus tsb. Sungguh sangat menarik bukan?

Banyaknya pendatang yang terus meningkat setiap tahunnya membuat bisnis kost-kostan semakin berkembang belakangan ini.

Walaupun terlihat sangat menarik dan merupakan bisnis yang stabil namun bukan berarti Anda memulai bisnis kost-kostan dengan cara serampangan loh. Anda tetap harus mengetahui betul seluk beluk bisnis ini termasuk keuntungan dan risikonya.

Baca juga: Mengenal Risiko dan Keuntungan Investasi Properti

Tips Sukses Memulai Bisnis Kost-Kostan

Bisnis Kos-Kosan (flickr.com)

Bisnis Kos-Kosan (flickr.com)

Ada beberapa faktor kunci yang harus Anda pertimbangkan saat akan memulai usaha kos-kosan, yaitu:

  1. Pilih Lokasi Yang Strategis

Bila Anda akan memulai bisnis properti baik memulai bisnis kost-kostan atau usaha properti lainnya maka lokasilah hal pertama yang harus Anda pertimbangkan. Agar usaha kos-kosan Anda terus berkembang dan banyak peminatnya, maka pilihlah lokasi yang dekat dengan kampus atau area perkantoran / industri. Sebisa mungkin kampus atau perkantoran tsb dapat dicapai dari area kos-kosan hanya dengan berjalan kaki saja sehingga mampu menghemat biaya transport.

  1. Sediakan Tempat Yang Bersih, Aman, dan Nyaman

Saat Anda akan memulai bisnis kost-kostan maka Anda harus mampu memberikan jaminan kebersihan, keamanan, dan kenyaman untuk para anak kost. Misalnya memiliki faktor pencahayaan & sirkulasi udara yang memadai untuk tiap kamar.

Selain faktor kamar / rumah secara fisik, Anda pun perlu melakukan seleksi terhadap anak kost dan membuat peraturan untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan. Anda perlu mengetahui identitas setiap anak kost yang Anda terima, misalnya dengan memberikan formulir khusus tentang data pribadi atau melakukan interview singkat saat penerimaan. Ingat bagaimana Anda mengelola kos-kosan dan mampu menjaga tata tertib tsb akan menentukan citra kos-kosan Anda di lingkungan masyarakat sekitar.

  1. Berikan Harga Yang Kompetitif

Bila Anda ingin memiliki usaha kos-kosan yang ramai maka harga yang diberikan tidak boleh terlalu tinggi namun harga tsb pun tidak boleh terlalu rendah agar tidak merugi. Harga sewa biasanya ditentukan dari fasilitas kamar yang tersedia (menggunakan AC atau tidak, kamar mandi di dalam kamar tidur atau di luar, dll), lokasi, dan kondisi bangunan. Cobalah Anda melakukan survey terlebih dahulu terhadap harga sewa kos di sekitar lokasi dimana Anda akan memulai bisnis kost-kostan tsb.

  1. Pilih Akses Yang Mudah

Walaupun lokasi kost-kostan tsb sangat dekat dengan kampus atau area perkantoran, bukan berarti anak kost hanya berdiam diri di rumah kost kan. Mereka tetap memerlukan akses yang mudah ke berbagai sarana hiburan, fasilitas umum, stasiun, terminal, ataupun bandara. Oleh karena itu perhatikan akses baik sarana transportasi umum ataupun kendaraan pribadi saat akan memulai bisnis kost-kostan.

  1. Berikan Nilai Tambah

Tiada satu bisnis pun yang dapat memenangkan persaingan tanpa adanya nilai tambah kecuali hanya faktor keberuntungan belaka. Anda dapat menyediakan layanan wifi gratis, layanan laundry, layanan catering, dsb untuk meningkatkan daya tarik saat memulai bisnis kost-kostan. Anda dapat menghandle sendiri sebagai bisnis tambahan atau menggandeng pebisnis lainnya.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kost-Kostan Bila Tak Memiliki Dana Yang Cukup?

Semuanya terasa mudah bila Anda memiliki sumber dana yang mencukupi. Namun walaupun dana yang Anda miliki pun pas-pasan janganlah membuat Anda berkecil hati karena masih ada cara lain memulai bisnis kost-kostan.

Baca juga:

  1. Kerja Sama

Bila memulai usaha kos-kosan sendiri terasa menyulitkan maka Anda dapat memulai bisnis properti ini dengan cara bekerja sama dengan orang lain, saudara, kerabat, ataupun teman. Tak hanya dari segi dananya namun beban Anda dalam memulai dan mengembangkan bisnis pun dapat dibagikan ke partner Anda. Namun ingat, buatlah surat perjanjian kerja sama yang jelas ya, untuk mengatur hak dan kewajiban bersama dan menghindari kejadian-kejadian yang tak diinginkan di kemudian hari.

  1. Pinjaman ke Bank

Beberapa teman seringkali bertanya, bisakah memulai bisnis kost-kostan dengan cara KPR? Tentu saja jawabannya tidak. Masalahnya pada sistem KPR harus ada sertifikat rumah yang menjadi objek pinjaman yang dijaminkan pada bank. Sementara dalam kasus membuat kos-kosan maka Anda belum memiliki sertifikat rumah karena toh rumah tsb belum jadi. Namun Anda tenang saja, karena produk perbankan tak hanya terbatas pada KPR saja, masih banyak produk lainnya yang dapat Anda manfaatkan. Salah satunya adalah kredit modal kerja bila Anda memiliki agunan atau KTA (kredit tanpa agunan). Yang perlu Anda persiapkan adalah persyaratan pengajuan pinjaman ke bank seperti rekening tabungan dan slip gaji 3 bulan terakhir.

Memulai bisnis kost-kostan dengan cara KPR bisa saja dilakukan bila Anda membeli rumah kost yang sudah jadi dengan dokumen kepemilikan lengkap.

3. Membuat Aplikasi Pencari Kost-Kostan

Bila Anda masih sulit juga mencari modal untuk memulai bisnis kost-kostan, Anda tak perlu berkecil hati. Masih ada peluang usaha dengan membuat start up bisnis kost-kostan berbasis aplikasi yang akan membantu pengguna mencari kamar kost yang nyaman dan sesuai budget. Peluang bisnis ini tentu sangat cocok bagi Anda yang tahu cara membuat program.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis kost-kostan. Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

investasi kos kosan -bisnis kost2an -kiat sukses bisnis kos kosan -usaha kost kostan -bisnis kost kostan -bisnis kost -investasi kos -investasi kost kostan -usaha kost -usaha kost2an -

Tags: Peluang Usaha Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Tips Sukses Memulai Bisnis Kost-Kostan"

5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
  1. author

    Konsultan Properti2 tahun agoBalas

    mantap infonya

  2. author

    Javanese Trans1 tahun agoBalas

    Makasih tipsnya, semoga bisa menambah keberanian untuk memulai usaha kost2an.

Tinggalkan Balasan