Pengertian dan Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa termasuk salah satu jenis asuransi yang penggunanya paling banyak saat ini. Hal ini tentunya didukung dengan semakin baiknya pemahaman masyarakat akan pentingnya asuransi untuk melindungi keluarga dan orang-orang yang Anda sayangi terutama dari segi finansialnya. Bila Anda baru saja akan melirik jenis asuransi ini, sebaiknya Anda kenali dulu pengertian dan manfaat asuransi jiwa tsb. Betulkah Anda benar-benar memerlukan asuransi?

Baca juga: Pengertian Asuransi dan Risiko Yang Perlu Diketahui

Pengertian Asuransi Jiwa

Mungkin Anda sudah sering mendengar kata asuransi jiwa atau sudah sering menjadi target para agen asuransi. Mungkin banyak di antara pembaca blog Cara Investasi Bisnis yang merasa “ilfil” saat mendengar kata asuransi karena para ulah agen asuransi yang terkesan “maksa” atau Anda seringkali merasa dirugikan karena kurangnya pemahaman. Padahal bila Anda menyempatkan diri mempelajari polis asuransi tsb tentunya Anda akan lebih memahami pengertian, risiko dan keuntungan dari asuransi tsb.

Asuransi jiwa adalah sebuah produk asuransi yang ditujukan sebagai bentuk perlindungan pada anggota keluarga terhadap timbulnya kerugian finansial atau hilangnya pendapatan yang biasanya menjadi sumber nafkah bagi keluarga tersebut. Jadi pembelian asuransi jiwa biasanya ditujukan sebagai bentuk antisipasi agar keluarga yang ditinggalkan tidak mengalami kesulitan ekonomi selama beberapa tahun ke depan setelah (mohon maaf) Anda meninggal dunia. Uang klaim asuransi tsb dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan keluarga, pendidikan anak, kesehatan, dll.

pengertian dan manfaat asuransi jiwa

image credit: pixabay.com

Manfaat Asuransi Jiwa

Sebagian orang mungkin merasa tak memerlukan asuransi jiwa karena yakin Tuhan YME telah menetapkan takdir dan mengatur rejeki untuk setiap umatnya. Pemikiran bisa benar atau salah tergantung bagaimana Anda menyikapinya. Walaupun Anda berharap selalu mendapatkan nasib baik namun kadang nasib buruk bisa saja terjadi tanpa terduga. Bila sudah demikian, sebagai orang berakal dan sayang terhadap keluarga, sudah sepatutnya Anda menyiapkan sesuatu yang dapat menjamin kehidupan keluarga Anda terutama dari segi finansial.

Sebagian orang akan menyiapkan aset investasi yang banyak untuk diwariskan pada anggota keluarga Anda. Namun bila pembelian aset tsb terasa memberatkan maka ada salah satu produk yang dapat menjadi pilihan cerdas saat ini yaitu asuransi jiwa.

Agar Anda lebih yakin dengan pilihan Anda, silahkan simak beberapa manfaat asuransi jiwa berikut ini:

  1. Pikiran Anda Lebih Tenang

Kehilangan anggota keluarga karena kematian akan meninggalkan duka yang mendalam namun akibat dari kehilangan tsb akan lebih buruk bila diikuti juga dengan hilangnya sumber pendapatan. Agar pikiran Anda lebih tenang memikirkan masa depan anggota keluarga Anda maka Anda dapat mempertimbangkan membeli produk asuransi jiwa dimana uang pertanggungannya dapat digunakan untuk menyokong kehidupan finansial keluarga Anda sampai beberapa tahun ke depan.

  1. Pendidikan Anak Lebih Terjamin

Bila Anda memiliki anak yang masih kecil sehingga memerlukan biaya untuk pendidikannya maka uang pertanggungan asuransi jiwa dapat menjadi pilihan untuk digunakan sebagai dana pendidikan anak-anak Anda saat Anda sudah tidak ada lagi.

  1. Menabung

Manfaat asuransi jiwa selain dapat digunakan untuk antisipasi sesuatu yang buruk dan tidak terduga, produk ini pun dapat digunakan sebagai sarana untuk menabung sehingga Anda dapat menggunakan dana tsb saat diperlukan.

Baca juga: Tips Menabung Efektif Walaupun Penghasilan Pas-Pasan

Apakah Anda Benar-Benar Membutuhkan Asuransi Jiwa?

Asuransi jiwa sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang sangat peduli dan ingin memberikan jaminan kehidupan finansial saat Anda telah tiada. Namun sebetulnya tak semua orang memerlukan jenis asuransi ini. Asuransi ini akan lebih efektif dibeli oleh orang yang memiliki tanggungan saja, misalnya telah menikah dan memiliki anak, dll.

Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Asuransi Jiwa

Selain manfaatnya, Anda pun harus mempertimbangkan biaya premi yang harus Anda keluarkan untuk pembelian polis asuransi tsb. Premi tsb biasanya harus dibayarkan tiap bulan atau tahunan dalam jangka waktu yang panjang. Biaya tsb harus diperhitungkan dalam kas pengeluaran Anda, jangan sampai Anda gagal bayar yang dapat mengakibatkan berhentinya polis dan hilangnya uang Anda.

Baca juga: Investasi Yang Menguntungkan Di Tahun 2016

Besarnya premi yang harus dibayarkan biasanya akan sangat bergantung pada usia, riwayat kesehatan, hobi & kebiasaan, serta besarnya uang pertanggungan yang ingin Anda peroleh.

Semakin tua usia Anda, semakin banyak riwayat penyakit Anda, atau Anda memiliki hobi yang berbahaya maka akan meningkatkan faktor risiko sehingga Anda harus membayar premi yang lebih besar.

Selain itu simpanlah polis asuransi tsb di tempat yang aman sehingga saat Anda meninggal nanti, ahli waris Anda dapat dengan mudah melalukan klaim dan mendapatkan uang pertanggungan yang dijanjikan.

Itulah beberapa hal seputar pengertian dan manfaat asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

pengertian asuransi jiwa -asuransi jiwa loc:ID -PENGERTIAN ASURANSI MANULIFE -manfaat mempelajari asuransi jiwa -pemahaman asuransi jiwa -

Tags: Keuntungan Asuransi Pengertian

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Pengertian dan Manfaat Asuransi Jiwa"

6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang

Komentar ditutup.