Mengintip Peluang Bisnis Asuransi di Masa Pandemi

Peluang bisnis asuransi – Tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan impiannya. Yang terjadi saat ini banyak orang yang bekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau kebutuhan yang ada di lapangan. Bahkan ada yang harus bekerja dengan upah atau gaji di bawah standar dimana tidak sesuai dengan jumlah jam kerja atau tanggung jawab yang harus ditanggungnya. Untuk memperbaiki finansial ini banyak yang lebih memilih untuk berbisnis. Selain itu berbisnis akan membuat waktu bekerja lebih fleksibel.

Saat bisnis sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, pebisnis bisa bernafas lega karena hanya tinggal melakukan pemantauan. Berbeda saat menjadi karyawan dimana memiliki waktu yang kaku dan tidak fleksibel bahkan dituntut untuk terus bekerja melebihi waktu yang seharusnya.  Salah satu peluang yang bisa Anda jadikan sebagai bisnis potensial adalah bisnis asuransi.

Kenapa Harus Berbisnis Asuransi?

Ada beberapa alasan mengapa peluang bisnis asuransi ini masih memiliki prospek yang cerah. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Sayangnya baru 4% saja total penduduk Indonesia yang memiliki polis asuransi sehingga peluang untuk sukses di bisnis ini masih sangat besar.

Indonesia memiliki 133 juta penduduk yang berada di kelas menengah. Selain itu diperkirakan jumlah penduduk dan populasi di Indonesia ini akan terus meningkat. Stabilitas ekonomi yang terjaga ini membuat banyak orang memanfaatkan asuransi. Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini semakin banyak masyarakat yang sadar untuk memiliki asuransi untuk bisa melindunginya dari beberapa resiko buruk yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Yang mendukung besarnya potensi bisnis asuransi ini hampir 60% investor di Indonesia ini menginvestasikan dananya di asuransi. Dengan dukungan investor yang memiliki dana lebih ini bisa membuat bisnis asuransi akan bisa berkembang lebih baik. Tidak hanya itu saja pemerintah pun mendukung bisnis atau industri asuransi ini melalui OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dengan cara memprioritaskan program edukasi. Selain itu program edukasi yang diberikan pemerintah akan semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya asuransi tersebut.

Skema Bisnis Asuransi

Setelah Anda mengetahui pentingnya peluang bisnis asuransi ini Anda harus mengetahui skema bisnis perusahaan asuransi. Skema bisnis asuransi ini tidak mengusung model atasan bawahan namun bersifat agen yang mana sifatnya sebagai partner kerja. Bisnis asuransi dengan jenjang karir perusahaan konvensional juga berbeda. Contohnya adalah Anda bekerja marketing di bank dimana saat Anda mencapai target penjualan Ada tidak akan secara otomatis naik jabatan. Untuk bisa mendapatkan promosi jabatan Anda harus menunggu jabatan tersebut kosong atau karyawan sebelumnya naik jabatan. Belum lagi harus bersaing dengan teman kantor untuk bisa mendapatkan posisi yang sama.

Untuk bisa naik ke jenjang karier lebih tinggi ini tidak hanya prestasi saja namun banyak hal lainnya juga menentukan. Jika Anda menggeluti bisnis asuransi Anda tidak akan tergantung dengan orang lain dan tidak memperebutkan satu posisi yang sama sebab semuanya memiliki kesempatan yang sama.

Amankah Berbisnis Asuransi?

Peluang bisnis asuransi menggiurkan dan aman karena tidak mengenal kata pensiun. Karyawan perusahaan konvensional rata-rata pensiun di umur 55 tahun. Perusahaan akan menggantinya dengan karyawan yang jauh lebih muda, kuat dan juga memiliki performa fisik yang bagus. Perusahaan juga akan menggaji dengan gaji yang lebih rendah dibandingkan dengan gaji karyawan senior.

Usia tidak akan menjadi penghambat bagi Anda untuk terus mendapatkan uang atau pendapatan dari bisnis asuransi. Kelebihan lainnya adalah berbisnis asuransi ini bisa diwariskan ke anggota keluarga atau ahli waris yang telah dipercayanya. Ahli waris ini akan mendapatkan manfaat meski yang menjalankan bisnis asuransi tersebut telah tiada.

Bisnis Asuransi Mampu Membantu Orang Lain

Peluang bisnis asuransi ini menggiurkan karena Anda tidak hanya bisa membantu finansial atau keuangan diri Anda sendiri. Namun bisnis asuransi ini juga bisa membantu orang lain agar bisa menata masa depannya menjadi lebih baik lagi terutama dalam hal keuangan. Yang diperlukan adalah mengedukasi masyarakat untuk sadar akan asuransi ini.

Anda bisa menyadarkan masyarakat bahwa jika menjadi nasabah asuransi, akan memberikan manfaat kepada anggota keluarga yang telah ditinggalkan. Tidak ada yang tahu kapan resiko tersebut terjadi, namun dengan adanya asuransi ini bisa mengalihkan resiko tersebut ke pihak asuransi.

Baca juga : Pengertian Cacat Tetap Total dalam Asuransi Kecelakaan

Saat klien atau nasabah Anda meninggal dunia, Anda bisa membantu ahli waris untuk bisa mendapatkan haknya terutama si pemegang polis asuransi. Pihak keluarga yang ditinggalkan ini akan merasa terbantu jika berhasil mengajukan klaim dan menuntut hak si pemegang polis asuransi tersebut.

Yang penting disadari adalah saat tulang punggung seperti suami atau ayah meninggal, kondisi ekonomi keluarga yang ditinggalkan akan menjadi buruk. Dengan adanya asuransi ini ahli waris atau keluarga akan bisa mendapatkan dana hasil klaim untuk bisa melanjutkan kehidupan selanjutnya seperti membuka bisnis baru dan sebagainya.

Dengan melihat besarnya potensi dan peluang bisnis asuransi ini, Anda bisa menjadikannya sebagai kunci atau jalan Anda menuju kesuksesan, bisnis asuransi ini memiliki banyak nilai tambah dibandingkan dengan perusahaan konvensional, semoga informasi ini bermanfaat.

Tags: Peluang bisnis asuransi Peluang bisnis asuransi 2020

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar