Apakah Uang Premi Asuransi Bisa Diambil? Simak Penjelasan Disini!

Apakah uang premi asuransi bisa diambil? Asuransi memiliki peran vital di dalam kehidupan. Produk keuangan satu ini bisa menjadi penyelamat Anda saat terjebak di dalam kondisi dan keadaan darurat seperti kendaraan hilang atau kecelakaan. Saat Anda kekurangan biaya pendidikan asuransi juga bisa menjadi penolong dan penyelamat Anda.

uang premi asuransi

uang premi asuransi

Asuransi tersebut bisa memproteksi kehidupan Anda di masa kini sampai dengan masa mendatang. Dalam membeli asuransi Anda wajib untuk bisa membayar premi tujuannya agar polis asuransi Anda tetap aktif. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah uang premi asuransi bisa diambil? Simak informasi lengkapnya dibawah ini:

Asuransi Unit Link Bisa Dicairkan

Apakah uang premi asuransi bisa diambil? Maka jawabannya adalah tergantung dengan asuransi yang Anda ikuti. Untuk asuransi jenis unit link selain Anda bisa mendapatkan manfaat berupa perlindungan jiwa atau kesehatan, selain itu Anda juga bisa menabung nilai tunai investasi. Nilai tunai ini yang akan menjadi simpanan nasabah yang bisa diambil di kemudian hari dan bisa diambil kapan pun. Yang menjadi masalah adalah tidak banyak nasabah yang paham akan alokasi dana asuransi ini.

Untuk pencairan saldo asuransi unit link ini Anda bisa melalui agen. Agen asuransi sudah paham dan juga terlatih tahapan apa saja yang harus dilalui. Anda harus menghubungi agen terlebih dahulu untuk mencairkan dana tersebut. Jika tidak aktif maka Anda bisa menghubungi CS untuk bisa mencari tahu agen pengganti.

No Claim Bonus

Apakah uang premi asuransi bisa diambil? Tergantung dengan perjanjian yang tertulis di dalam polis. Banyak yang berharap preminya bisa dibayarkan atau dikembalikan secara utuh. Pernahkah Anda mendengar istilah no claim bonus? Istilah tersebut berkaitan dengan premi asuransi yang Anda bayarkan. Ada beberapa perusahaan asuransi memberlakukan no claim bonus ini dimana maksimal dana yang diberikan sebesar 25% premi nasabah yang tertanggung.

Misalnya saja adalah Anda menjadi nasabah asuransi kesehatan. Tanpa dikembalikan, Anda sudah mendapatkan keuntungan yang banyak. Keuntungan tersebut adalah biaya untuk akomodasi ruangan, akomodasi ICU dan konsultasi dokter spesialis. Biaya juga mencakup tindakan bedah, layanan ambulans, dan masih banyak lagi lainnya. Benefit tersebut nilainya bisa lebih besar dari jumlah premi yang dibayarkan jika penyakit yang diderita termasuk penyakit berat.

Uang premi di dalam asuransi kesehatan bisa diperoleh kembali. Terlebih lagi tidak pernah ada klaim dimana hal ini disebut dengan no claim bonus. Tidak semua produk memiliki fasilitas ini seperti produk medical cash plan. Pada produk ini jarang menawarkan manfaat tambahan berupa no claim bonus. Untuk produk santunan kesehatan reimburse memiliki manfaat satu ini.

Yang harus diingat adalah asuransi ini tidak sama dengan produk keuangan yang Anda dapatkan dari bank. Tidak ada untung dan rugi finansial dalam menggunakan asuransi kesehatan karena asuransi ini melindungi Anda. Selain itu juga membuat Anda lebih nyaman dalam menjalani kehidupan.

Uang Premi yang Kembali Tidak Sebanyak yang Disetorkan

Banyak yang menganggap pembayaran premi ini seperti menabung biasa di bank dimana saat tidak ada klaim jumlah premi yang kembali sama dengan yang disetorkan. Asuransi ini merupakan proteksi bukan sebuah investasi dan disinilah letak asuransi dibutuhkan dimana digunakan untuk melindungi dari kemungkinan biaya yang dikeluarkan atas risiko yang mungkin terjadi.

Masih Banyak Masyarakat Menganggap Sebagai Investasi

Hal yang membuat nasabah asuransi menganggap rugi adalah banyak yang menganggapnya sebagai investasi. Yang sering terjadi adalah premi menjadi hangus padahal Anda tidak pernah klaim sehingga nasabah akan merasa dirugikan. Jika ada pengembalian maka Anda harus memenuhi syarat dan juga aturan yang harus Anda penuhi. Jumlah premi yang kembali ini ada persentase dan juga penghitungan sendiri dalam melakukannya.

Pilih yang Mudah dalam Mengajukan Klaim

Dari beberapa penjelasan diatas kini Anda tahu apakah uang premi asuransi bisa diambil atau dikembalikan.  Untuk tetap bisa menjamin keamanan dan kenyamanan Anda penting untuk memilih perusahaan asuransi yang kredibel dan juga memiliki reputasi yang bagus. Perusahaan tersebut tidak akan membuat proses klaim berbelit-belit atau proses pengembalian premi menjadi sulit. Jika perusahaan Anda abal-abal tentu Anda akan kesulitan dalam mengajukan klaim untuk mendapatkan dana pengembalian premi Anda.

Baca juga :  Ini Dia Jenis Asuransi yang Cocok untuk Anak, Anda Wajib Tahu!

Alokasi Uang Premi

Uang premi tidak bisa kembali 100% meski tidak ada klaim karena premi asuransi tersebut dialokasikan. Misalnya saja adalah asuransi unit link dimana preminya akan terbagi ke dalam dua pos yang beda. Sebagian akan masuk ke pos perlindungan asuransi dimana  mempengaruhi nilai manfaat proteksi yang akan Anda terima jika nanti terjadi resiko.

Yang kedua masuk ke dalam unit investasi. Nilai manfaatnya bisa Anda ambil jika tidak terjadi risiko. Untuk proporsinya tergantung dengan Anda berapa banyak yang bisa dimasukkan ke dalam unit investasi.

Premi ini juga sudah termasuk dengan biaya akuisisi seperti biaya marketing, komisi agen dan juga biaya operasional. Ada juga biaya tetap yang harus ditanggung seperti biaya administrasi dan biaya asuransi. Jika ada manfaat tambahan atau riders juga akan masuk ke biaya tetap.

Kini Anda sudah tahu jawaban apakah uang premi asuransi bisa diambil atau tidak, penting sebagai nasabah untuk memilih produk yang benar-benar tepat agar tidak menimbulkan kesalahpahaman kedepannya.

Tags: Apakah uang premi asuransi bisa diambil Bisakah uang premi asuransi bisa diambil

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar