Dijamin Dapat Dana Segar, 8 Cara Mendapatkan Investor Startup dengan Mudah!

Cara mendapatkan investor startup dengan mudah – Startup merupakan perusahaan rintisan yang mana saat ini sedang marak di Indonesia. Investor ini sangat penting dalam bisnis. Dengan dana yang ditanamkan oleh investor bisa digunakan untuk memperluas bisnis Anda. Tidak peduli seberapa hebat atau bagus produk Anda, modal dan juga pengaruh keuangan ini menjadi hal yang dibutuhkan.

investor startup

Karena termasuk perusahaan rintisan, investor tidak akan mudah percaya begitu saja dengan perusahaan rintisan. Investor juga tidak mau mengalami kerugian sehingga mereka akan selektif dalam memilih mana perusahaan startup yang akan didanainya dan mana yang tidak.  Bagi pendiri startup, berikut ini adalah cara mendapatkan investor startup dengan mudah yang wajib untuk Anda perhatikan:

Platform Penggalangan Dana

Cara mendapatkan investor startup dengan mudah yang pertama adalah penggalangan dana. Beberapa tahun terakhir ini banyak sekali platform penggalangan dana. Platform tersebut menjadi sangat populer karena banyak investor individu yang mana merambah ke online dan juga dipercaya sebagai malaikat. Bank dan juga investor pun melakukan kerja sama untuk bisa mencari cara terbaru dalam mengucurkan modal.

Investor biasanya menjalankan situs P2P atau peer to peer lending yang mana menawarkan pinjaman bisnis kepada portal crowdfunding yang mana basisnya adalah donasi. Basis lainnya berupa pinjaman dan juga ekuitas.

Hadiri Berbagai Acara

Menghadiri berbagai acara menjadi cara yang bagus untuk bisa mendapatkan investor untuk bisnis Anda. Cari tahu siapa saja yang akan menghadiri acara tersebut sebelum waktu dan jadwal yang telah ditetapkan Anda bisa manfaatkan untuk kesempatan dan hal lain. Hal ini menjadi kesempatan emas untuk bisa menghadirkan peluang Anda dan bertemu investor yang aktif di dalam acara tersebut.

Anda bisa terlibat maraton pencarian dana dan juga bergabung hanya untuk menambah jaringan profesional. Agar bisa maju dalam persaingan Anda bisa mengambil rute yang jauh lebih aktif yaitu menghadiri acara dimana investor yang Anda incar bisa hadir disana.

Media Sosial

Cara mendapatkan investor startup dengan mudah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial.  Media sosial ini merupakan sahabat baik bagi Anda pendiri startup maupun pebisnis individu. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menguji pasar, mendapatkan traksi sampai dengan menarik investor.

Media sosial saat ini menjadi tempat yang mana bisa membuat apapun menjadi lebih mudah untuk ditemukan. Saat ini media sosial menjadi tempat yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat atau membangun apapun. Media sosial menjadi metode yang paling efektif dalam menjangkau semua kalangan.

Anda bisa mencoba memposting secara berjalan pembaruan perusahaan yang telah Anda atur sendiri. Anda juga bisa mengambil cara yang lebih aktif dan juga kreatif yaitu melakukan kolaborasi dengan influencer sebagai sponsornya.

Anda bisa menambahkan fitur berupa pesan langsung yang bisa membantu. Yang Anda butuhkan adalah pesan bagus yang terhubung langsung dengan investor modal dan dibutuhkan startup Anda. Jika berhubungan dengan media sosial, ada beberapa media sosial yang dianggap populer seperti LinkedIn, Facebook, Instagram dan juga Twitter.

Manfaatkan Network

Small circle tidak bagus untuk kalangan pebisnis karena mereka harus menjalin relasi dan juga network yang lebih luas untuk membangun bisnisnya. Untuk bisa mencari investor terbaik ini Anda bisa memanfaatkan network. Anda bisa masuk ke dalam komunitas startup lokal, Anda juga bisa meminta rekomendasi kepada teman Anda yang pernah didanai atau mendapatkan dana dari investor. Dengan hal tersebut Anda bisa bertanya kepada mereka tentang investor yang cocok untuk startup Anda. Tanyakan pula bagaimana cara presentasi di depan investor yang baik dan menarik.

Program Inkubator Startup

Cara mendapatkan investor startup dengan mudah selanjutnya adalah ikuti program inkubator startup. Program ini menjadi cara membantu pertumbuhan startup dan bisa mendapatkan kucuran dana dari Investor. Program inkubator startup yang terkenal adalah Remake City Jakarta, Digitaraya dan sebagainya. Melalui program tersebut Anda akan bisa langsung terhubung dengan investor. Program ini sekaligus bisa menambah jaringan startup Anda.

Ikut Kompetisi

Untuk bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan startup Anda bisa mencoba ikut kompetisi. Program kompetisi startup ini sangat populer dan juga terbuka bagi wirausaha yang serius. Jika Anda diterima maka akan mendapatkan dana sementara dan terus bisa mengembangkan usaha Anda.

Baca juga : Contoh Perhitungan IHSG Sebagai Acuan Para Investor Saham

Dalam kompetisi tersebut mungkin Anda juga akan ditemukan atau bertemu dengan investor lain. Anda harus mengetahui ketentuan dan juga mencari kecocokan sebelum mengajukan permohonan atau sekedar menerima bantuan. Biasanya program kompetisi ini mengharuskan demo di depan investor kemudian mereka akan menilai apakah startup tersebut layak untuk menang untuk menerima bantuan.

Buat Profil di AngelList

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan membuat profil di AngelList. Situs ini akan memudahkan startup dan juga investor untuk saling mengetahui keberadaan satu sama lainnya. Buat profil startup Anda secara lengkap yang mana meliputi informasi detail tentang perusahaan, produk atau layanan yang ditawarkan dan juga tim yang Anda miliki. Buat informasi secara detail dan menarik supaya ada investor yang tertarik dan tergiur.

Demikianlah cara mendapatkan investor startup dengan mudah yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tags: bagaimana Cara mendapatkan investor startup dengan mudah Cara mendapatkan investor startup dengan mudah

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar