3 Pengusaha Sukses yang Dulunya Miskin Namun Sekarang Kaya Raya

Pengusaha sukses yang dulunya miskin – Tidak pernah ada yang menebak takdir seseorang bisa saja hari ini miskin besoknya menjadi kaya, oleh sebab itulah setiap orang wajib untuk bekerja keras. Perputaran roda kehidupan bisa membuat orang yang dulunya miskin menjadi kaya raya setimpal dengan usaha yang mereka lakukan karena tidak semua orang yang saat ini kaya terlahir dari keluarga yang berada.  Bahkan beberapa jajaran orang terkaya yang ada di Indonesia ini lahir dari keluarga miskin. Mereka harus bekerja keras dan membanting tulang supaya mereka menjadi kaya. Hal tersebut menunjukkan bahwa kekayaan bisa diraih dengan bekerja keras dan sukses menjadi hak mutlak bagi semua orang. Berikut adalah daftar pengusaha sukses yang dulunya miskin dan bisa dijadikan sebagai inspirasi:

Dahlan Iskan

Dahlan Iskan

Dahlan Iskan

Siapa yang tidak kenal dengan sosok satu ini?, menteri BUMN pada era presiden SBY pernah merasakan hidup miskin di waktu kecilnya. Saat masih kecil Dahlan kecil hanya memiliki satu stel pakaian saja berupa kaos, celana, dan satu sarung. Untuk pergi ke sekolah Dahlan kecil harus bertelanjang kaki karena tidak memiliki sepatu. Impian Dahlan kecil saat itu adalah memiliki sepatu. Ayahnya hanya seorang pekerja serabutan dan ibunya pengrajin batik. Karena penghasilan kedua orang tuanya pas-pasan maka sepulang sekolah Dahlan harus membantu mencari uang dengan berbagai cara. Hidup yang pas-pasan membuat Dahlan terus terpacu untuk rajin ke sekolah dan selalu bersikap disiplin di dalam menjalani hidupnya. Lulus dari tarbiah IAIN Sunan Ampel Samarinda, Dahlan bekerja sebagai reporter kabar harian lokal yang ada di Samarinda sejak tahun 1975. Di tahun 1976 kariernya terus berkembang kemudian ia menjadi wartawan majalah tempo.

Berkat liputannya pada kecelakaan Kapal Tampomas II tersebut Dahlan dipercaya untuk memimpin surat kabar Jawa Pos milik Eric Samola yaitu direktur utama majalah Tempo. Saat itu Jawa Pos sedang sekarat dan hampir mati karena produksinya yang hanya sedikit. Lima tahun menjabat sebagai pimpinan Jawa Pos, kerja keras Dahlan berbuah manis karena omzet menjadi naik 20 kali lipat.  Kemudian pada tahun 1997 Dahlan mendirikan Graha Pena yang menjadi pelopor gedung pencakar langit Surabaya. Tahun 2002 Dahlan berhasil mendirikan bangunan perkantoran serupa yang ada di Jakarta. Passion jurnalistik yang dimiliki Dahlan membawanya berhasil untuk mengembangkan Jawa Pos News Network atau JPNN. Kini JPNN menjadi jaringan media massa terbesar di tanah air.

Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja

Merupakan salah satu pengusaha Indonesia terkaya 2018 keturunan Tionghoa yang menjadi pengusaha, pendiri, dan pengendali Sinar Mas Group. Ia menjadi orang pertama terkaya yang ada di indonesia dengan kekayaan mencapai 8,7 miliar dolar as menurut majalah Globe Asia. Masa kecil Eka pun dianggap kurang beruntung karena pria yang lahir di tahun 1923 ini miskin dan serba kekurangan. Pada umur 9 tahun ia bermigrasi ke Makassar di tahun 1932 dengan berlayar selama 7 hari 7 malam. Karena miskin Eka dan ibunya hanya bisa tidur di bawah kelas dek yang buruk. Saat itu mereka hanya memiliki uang lima dollar saja, sedangkan untuk pergi ke Indonesia berhutang 150 rentenir. Saat di Makassar Eka membantu mengelola toko kecil milik ayahnya, dua tahun setelahnya hutangnya pun lunas dan toko mulai berkembang. Karena serba kekurangan Eka hanya mengenyam pendidikan sampai SD. Lulus SD Eka kecil membantu orang tuanya dengan berjualan berkeliling kota Makassar dengan sepeda menjajakan permen, biskuit, dan berbagai macam barang dari toko ayahnya.

Dengan ijazah SD Eka berusaha untuk mencari pemasok yang bisa bekerja sama untuk memasok kembang gula dan biskuit meski banyak yang menolaknya akhirnya ada yang mau menjadi pemasok. Kala itu Eka mendapatkan untung 20 rupiah yang kala itu masih bernilai sangat besar karena harga beras masih dalam hitungan sen. Bisnis yang dirintis Eka itu pun terus mengalami kegagalan karena era penjajahan. Barulah di era kemerdekaan Eka merintis bisnis bank dengan membeli Bank Internasional Indonesia. Bank tersebut tumbuh besar dan memiliki aset 9,2 triliun rupiah. Kemudian Eka merambah ke bisnis kertas dengan membeli PT Indah Kiat yang memiliki produksi 700 ribu pulp dan 650 ribu kertas setiap tahun. Kemudian Eka membangun ITC Mangga Dua dan juga Green View Apartemen di Roxy dan juga Ambassador di Kuningan.

Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan

Pengusaha sukses yang dulunya miskin selanjutnya adalah Boenjamin Setiawan yang menjadi pendiri Kalbe Farma. Dia memulai bisnis farmasi di garasi mobilnya. Bisnis Kalbe Farma yang digelutinya dimulai dengan membuat obat cacing, kemudian keuntungannya diputar menjadi investasi dan begitu seterusnya hingga bisnisnya besar sampai saat ini. Kekayaan Boenjamin setiawan sendiri sudah mencapai 49 triliun rupiah. Meski saat ini sangat kaya namun Boenjamin ini memiliki masa lalu yang kelam karena hidup dalam kemiskinan. Namun berkat kerja kerasnya kini Boenjamin setiawan disebut sebagai konglomerat yang memiliki kekayaan melimpah.

Demikianlah tiga daftar pengusaha sukses yang dulunya miskin yang bisa dijadikan sebagai inspirasi, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kisah nyata pengusaha sukses dari keluarga miskin -kisah nyata pengusaha sukses -biografi orang miskin menjadi sukses di indonesia -kisah nyata orang miskin jadi pengusaha sukses -kisah orang miskin menjadi pengusaha sukses di indonesia -kisah orang miskin menjadi pengusaha sukses -biografi orang sukses yang dulunya miskin -dulu miskin sekarang kaya -kisah nyata pengusaha sukses dari keluarga miskin di indonesia -biografi orang sukses indonesia yang dulu hidup miskin -

Tags: cerita Pengusaha Sukses Yang Dulunya Miskin daftar Pengusaha Sukses Yang Dulunya Miskin Pengusaha Sukses Yang Dulunya Miskin Pengusaha Sukses Yang Dulunya Miskin 2018

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "3 Pengusaha Sukses yang Dulunya Miskin Namun Sekarang Kaya Raya"

    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
    Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019 Tanpa Modal
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –
    5 Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika Tanpa Modal
    Peluang usaha lulusan teknik informatika tanpa modal

    Tinggalkan pesan "3 Pengusaha Sukses yang Dulunya Miskin Namun Sekarang Kaya Raya"