6 Panduan Cara Menukar Bitcoin ke Rupiah Secara Cepat dan Tepat

Bitcoin merupakan sebuah mata uang digital yang dibuat pada tahun 2009. Cryptocurrency yang sangat populer ini merupakan alat pembayaran dengan biaya transaksi lebih rendah dari pembayaran online lainnya. Anda juga harus tau ternyata Bitcoin dapat ditukar ke rupiah dengan cara membaca panduan cara menukar bitcoin ke rupiah.

Bitcoin

Bitcoin

Semua transaksi yang telah diverifikasi melalui sistem komputasi melalui skema penambangan. Namun meskipun bukan sebagai alat yang disahkan untuk melakukan transaksi di seluruh dunia, akan tetapi mata uang uang tersebut telah memicu terciptanya ratusan hingga ribuan mata uang Crypto lainnya. Berikut ini merupakan 8 panduan cara menukan Bitcoin ke rupiah :

  1. Membuka Rekening di Broker Cryptocurrency

Cara pertama yang dapat anda lakukan yaitu dengan membuka rekening di broker Cryptocurrency melalui exchange bitcoin yang telah berlisensi resmi yang diatur secara legal oleh Bappebti dan setiap transaksi tidak akan dapat melanggar hukum. Proses pembukaan rekening tersebut sangat mudah yaitu dengan cara :

  • Melakukan registrasi awal dengan cara mengisi format isian nama yang sesuai dengan identitas anda kemudian password sebagai akses masuk anda.
  • Selanjutnya anda tinggal mengunggah foto kartu identitas tersebut dan foto pribadi anda.
  1. Setorkan Uang

Selanjutnya anda tinggal menyetorkan uang ke rekening yang sudah ditentukan tersebut sebagai media transaksi jual beli. Namun dalam hal ini setiap exchange dari setiap broker akan selalu menentukan aturan setoran minimum.  Exchage dapat menerima setoran deposit dari berbagai macam cara seperti transfer bank, virtual akun, dan lainnya.

  1. Beli Aset Cryptocurrency

Kemudian bagi anda yang sudah menjadi investor harus dapat memiliih par kon dan beli aset cryptocurrency yang akan ditransaksikan yang sudah tersedia di setiap macam platform yang ada. Namun harus diperhatikan pula harga Cryptocurrency yang setiap waktu dapat berubah sesuai dengan harga supply dan demand nya tersebut.

Baca juga:  Pengertian dan Strategi Instagram Marketing untuk Kembangkan Bisnis Anda

Dengan membeli aset Cryptocurrency, sebaiknya kamu melihat perusahaannya terlebih dahulu yang sudah terdaftar di Bappebti. Karena sebagai regulator dari perlindungan konsumen, Bapebbti menrapkan sistem jenis Crypto tertentu yang dapat diperjual belikan di exchange Indonesia.

  1. Jual Aset Cryptocurrency

Dengan selalu berubah – ubah nya nilai bitcoin terhadap mata uang rupiah, maka anda dapat menjual nilai bitcoin anda kedalam rupiah dengan cara memilih pair BTC/IDR. Ada dua pilihan untuk dapat menjual aset Crypto anda yakni melalui market order atau limit order, kedua pilihan tersebut selalu tersedia di semua platform penukaran cryptocurrency.

Setelah anda berhasil menukarkan atau menjual aset anda kedalam bentuk rupiah, anda sudah memiliki keuntungan dalam hasil penjualan tersebut. Apabila anda masih belum puas dengan hasil tersebut anda dapat membeli kembali disaat harga selagi murah atau ingin ditransfer langsung ke rekening pribadi anda.

  1. Transfer Rekening

Bagi anda yang sudah memahami panduan cara menukar bitcoin ke rupiah  dan ingin ditransfer langsung kedalam rekening pribadi atau dompet digital anda. lLangkah tersebut sangatlah mudah yaitu dengan cara memilih dan masuk ke menu withdraw lalu anda tinggal masukan rekening pribadi, nama anda serta bank tujuan yang akan dijadikan anda sebagai rekening yang dituju.

Namun sebelum itu anda juga harus memahami beberapa prosedur yang ada di semua platform penukaran bitcoin ke rupiah mengenai rekening bank yang perlu diperhatikan, antara lain :

  • Daftarkan nomor rekening bank anda yang sudah terdaftar di dalam platform aplikasi exchange di Indonesia.
  • Tranfer ini tidak dapat dilakukan terhadap bank luar negeri
  • Penukaran bitcoin ke rupiah akan diproses selama 1x 24 jam atau dapat melebihi waktu tersebut sesuai antrian penukaran
  • Penarikan maksimal harus diatas Rp. 50.000
Baca juga:  3 Penyebab Bisnis Bangkrut Belajar dari Kisah Sevel

Baca juga : 7 Tips Menang Trading Bitcoin Paling Jitu

  1. Batas Jumlah Penarikan di Setiap Platform

Setiap platform aplikasi exchange mempunyai aturan dan ketentuan batas penarikan yang harus diikuti oleh anda. Di indonesia sendiri ada beberapa platform yang sudah terpercaya yang dapat memberikan kemudahan transaksi tersebut. Berikut batas jumlah penarikan di setiap platform aplikasi penukaran yang ada di Indonesia :

  • Indodax memiliki batasan transfer maximal senilai Rp. 200.000.000 dan minimum Rp. 100.000
  • Pintu memiliki batasan transfer maximal senilai Rp. 200.000.000 dan minimum Rp. 50.000
  • Rekeningku memiliki batasan transfer maximal senilai Rp. 500.000.000 dan minimus Rp. 30.000
  • Luno sendiri memiliki batasan sesuai dengan level penarikan, untuk level 1 anda tidak dapat melakukan deposit dan penarikan, level 2 penarikan setiap bulan sebesar Rp. 25.000.000, dan level 3 tidak ada batasan penarikan.

Itulah 6 panduan cara menukarkan bitcoin terhadap rupiah yang dapat anda lakukan dengan cara cepat. Dengan cara tersebut anda dapat menikmati hasil dari mata uang virtual yang sudah populer di dunia ini. Semoga dengan adanya panduan tersebut dapat membuat anda menjadi tidak bingung untuk menukarkan bitcoin ke rekening pribadi anda.

 

Tags: cara menukar bitcoin ke rupiah panduan cara menukar bitcoin ke rupiah

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Tinggalkan pesan "6 Panduan Cara Menukar Bitcoin ke Rupiah Secara Cepat dan Tepat"