Ini Dia 7 Contoh Usaha Untuk Single Parent Paling Potensial

Contoh usaha untuk single parent atau mother banyak dicari. Menjadi single parent ini tidak mudah karena harus merangkap dua peran sekaligus yaitu sebagai ibu dan ayah. Selain harus membesarkan anak seorang diri, ibu harus berperan sebagai ayah yang mencari nafkah.

sosis bakar

Menjadi ibu rumah tangga mengharuskan ibu harus berada di rumah. Untuk mencari nafkah ibu harus bekerja di perusahaan atau keluar rumah sehingga membuat ibu harus meninggalkan anak dan tidak bisa menemaninya. Hal tersebut menimbulkan dilema yang menyesakkan dada. Jika Anda menjadi single parent atau mother, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa contoh usaha untuk single parent yang bisa digeluti:

Bebakaran

Contoh usaha untuk single parent pertama adalah membuka usaha bebakaran. Ibu bisa membuka usaha berbagai macam makanan yang dibakar seperti sosis bakar, telur gulung bakar, otak-otak bakar dan masih banyak lagi lainnya. Semakin banyak makanan yang Anda tawarkan dan sajikan maka semakin menarik bisnis Anda. Anda juga bisa menyediakan makanan fast food lainnya seperti  kentang goreng, nugget, dan sebagainya.

Tidak hanya bebakaran saja namun Anda juga bisa menyediakan aneka minuman seperti es teh manis, jus buah, kopi atau menyediakan makanan yang disukai oleh sejuta umat yaitu mie instan. Untuk modalnya sendiri tidak terlalu besar, selain itu Anda bisa mengerjakan di rumah dan mendapatkan penghasilan.

Menjadi Tenaga Freelance

Contoh usaha untuk single parent yang bisa digeluti selanjutnya adalah menjadi tenaga freelance. Tenaga satu ini tidak terikat waktu sehingga Anda bisa mengerjakannya kapan saja.  Tenaga satu ini bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki keahlian dan keterampilan yang lebih. Contoh tenaga freelance yang bisa Anda geluti adalah menulis, fotografi, ahli SEO, desain grafis dan sebagainya.

Banyak perusahaan yang juga merekrut freelance. Untuk bayarannya tergantung dengan kesepakatan dan juga negosiasi yang Anda buat. Tenaga freelance yang banyak menjadi pilihan adalah menulis artikel. Untuk bayarannya tergantung dengan niche, jumlah kata dan artikel yang Anda buat. Kelebihannya Anda bisa bekerja di rumah, Anda bisa dekat dan mengawasi anak-anak Anda.  Kebutuhan anak tidak akan terbengkalai meski Anda menjadi single parent.

Buka Jasa Les

Anda bisa membuka jasa les yang mana saat ini banyak dibutuhkan.  Usaha ini cocok untuk Anda yang memiliki hobi mengajar dan sabar. Anda yang menjadi murid yang memiliki prestasi saat di sekolah dulu juga bisa menggeluti bisnis ini.

Untuk bisa menjadi tenaga pengajar yang baik, penguasaan materi dan gaya mengajar ini nomor satu. Jika Anda tidak menguasai materinya bagaimana anak didik bisa mencerna penjelasan yang diberikan. Targetnya sendiri tidak perlu yang tempat tinggalnya jauh dari rumah, tetangga atau anak teman pun sudah cukup.

Party Planner

Usaha yang bisa digeluti bagi Anda single parent atau mother adalah party planner. Sesuai dengan namanya dimana Anda akan menentukan konsep suatu pesta atau acara mulai dari dekorasi, tata letak atau apa saja yang perlu dipajang untuk bisa membuat indah ruangan. Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki daya kreativitas atau memiliki seni yang tinggi. Anda juga harus memiliki kemampuan sulap sebuah ruangan supaya enak dilihat adalah kemampuan yang sulit. Terlebih jika pestanya ini memiliki tema tertentu, penting untuk bisa menyesuaikannya dengan tema yang digelar.

Jasa Setrika

Jasa setrika saat ini semakin  banyak diminati. Menyetrika adalah pekerjaan yang memakan waktu dan melelahkan, terlebih lagi bagi mereka yang bekerja kantoran yang mana tidak memiliki banyak waktu untuk menyetrika. Membuka jasa menyetrika bisa menjadi ide yang menguntungkan dan potensial bagi Anda yang menginginkan pendapatan tambahan. Yang harus diperhatikan adalah kerapian dan kewangian harus dijaga.

Jasa Laundry

Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan bisa membuka jasa laundry. Hanya dengan modal mesin cuci, detergen dan pewangi Anda bisa membuka jasa laundry ini.  Anda bisa menggabungkan jasa laundry dengan setrika atau bisa memberikan jasa laundry saja.

Agar banyak konsumen puas dengan layanan yang diberikan penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan dari pakaian yang dicucikan. Tidak semua pakaian langsung dimasukkan ke mesin cuci, Anda harus memperhatikan tingkat kekotoran pakaian.

Anda perlu memperhatikan bagian kerah, lengan dan saku karena bagian tersembunyi itu sering kotor.  Anda harus melakukan pre washing lebih dahulu sebelum masuk ke mesin cuci. Anda juga harus memperhatikan jika ada pakaian yang luntur karena bisa melunturi pakaian yang lainnya. Pisahkan baju putih dan berwarna untuk menjaga pakaian putih tetap bersih.

Baca juga : Contoh Proposal Bisnis Laundry Kiloan yang Baik dan Benar

Reseller dan Dropshipper

Terbatasnya tenaga dan waktu membuat single mother atau parent ini kesulitan dalam berbisnis. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menjadi reseller dan dropshipper. Kedua bisnis ini tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih untuk menjalankannya. Tugas Anda hanyalah mencari supplier terpercaya, tanggung jawab, berkualitas namun juga menawarkan harga yang terjangkau.

Demikianlah beberapa contoh usaha untuk single parent atau mother yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tags: Contoh usaha untuk single parent daftar Contoh usaha untuk single parent

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar