6 Tips Menjadi Dropshipper Sukses Paling Mudah, Anda Wajib Tahu!

Tips menjadi dropshipper sukses dipertanyakan banyak orang. Terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di masa pandemi seperti saat ini. Menjadi dropshipper menjadi cara yang tepat untuk menambah pemasukan karena lebih mudah dan efektif. Anda tidak perlu repot mengurus stok maupun memiliki modal yang besar sehingga sangat praktis.

mekanisme dropshipping

Dengan menjadi dropshipper ini Anda mudah untuk bekerja sama dengan lebih dari satu toko. Alasan lainnya mengapa bisnis dropship ini menarik dan potensial digeluti adalah banyak e-commerce dan marketplace yang mana menawarkan fitur dropship ini. Meski potensial bisnis satu ini memiliki banyak resiko yang harus diketahui. Salah satu resikonya adalah tidak semua toko atau supplier memiliki produk yang berkualitas. Berikut ini adalah tips menjadi dropshipper sukses yang bisa Anda lakukan:

Pilih Supplier yang Tidak Hanya Murah Namun Juga Berkualitas

Tips menjadi dropshipper sukses yang bisa dilakukan pertama pilih supplier yang tidak hanya menawarkan harga murah namun pilih yang berkualitas.  Supplier yang berkualitas ini akan memberikan produk yang berkualitas tinggi sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan berbagai macam produk yang mereka jual.

Anda bisa mencari supplier yang berada di dekat Anda terlebih dahulu. Dengan lokasi yang dekat, Anda bisa memastikan berbagai macam produk yang mereka tawarkan. Anda bisa bertemu langsung untuk menjalin kerja sama dengannya.  Anda juga bisa meningkatkan strategi untuk meningkatkan penjualan.  Langkah ini sangat penting bagi Anda yang menggeluti bisnis dropship karena percuma harga murah namun kualitas abal-abal.

Pilih Jenis Produk

Tips menjadi dropshipper sukses yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah pilih jenis produk yang akan Anda jual. Agar produk Anda laris penting bagi Anda mengetahui trend yang sedang berkembang. Selain itu Anda juga harus mengetahui berapa banyak orang yang memiliki minat untuk membelinya. Langkah ini penting bagi Anda untuk menentukan jenis produk yang akan dipasarkan  atau jual. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat menentukan produk yang akan dijual:

  1. Produk yang Banyak Diminati

Anda yang ingin bisnis dropship penting untuk menjual produk yang banyak diminati pelanggan. Untuk mengetahui produk yang sedang banyak diminati Anda bisa menggunakan bantuan Google keyword planner atau tools yang lainnya.

  1. Perhatikan Ukuran Pengiriman

Anda juga harus memperhatikan ukuran pengiriman produk. Pastikan jika barang yang Anda pilih ini tidak berukuran besar sehingga Anda mudah untuk mengirimkannya. Selain itu produk dengan ukuran yang tidak terlalu besar membuat pembeli tidak akan keberatan dalam biaya ongkos kirim. Biaya satu ini menjadi hal yang dipikirkan konsumen. Sebagus apapun barang yang Anda jual membuat konsumen enggan untuk membelinya karena ongkos kirim yang mahal.

  1. Keuntungan Sedikit Kuantitas Banyak

Yang terakhir Anda bisa mempertimbangkan produk dengan keuntungan sedikit namun memiliki kuantitas banyak. Misalnya saja produk kaos yang tidak akan pernah lekang oleh waktu.  Jenis produk atau barang ini juga tidak akan pernah sepi karena menjadi barang yang banyak dibutuhkan.

Pilih Supplier yang Bertanggung Jawab

Kekuatan bisnis dropship ini terletak pada suppliernya. Jangan pernah berharap bisnis Anda maju jika suppliernya sendiri tidak memiliki kredibilitas. Saat Anda menggeluti bisnis dropship, segala sesuatunya akan ditangani oleh supplier sehingga akan sangat merugikan sekali jika Anda mempercayakan bisnis Anda pada supplier yang tidak memiliki kredibilitas. Hal terburuk yang bisa bisnis Anda dapatkan adakah kehilangan kepercayaan konsumen sehingga mereka tidak  akan kembali ke bisnis Anda.

Bangun Brand untuk Bisnis Anda

Anda yang ingin sukses menggeluti bisnis dropship penting bagi Anda untuk membangun brand. Brand ini yang akan mempresentasikan dan menjadi identitas bisnis Anda. Membangun brand ini tidak mudah, Anda harus memperhatikan nama brand terlebih dahulu.

Nama brand ini akan menjadi identitas toko atau bisnis Anda. Pilih nama brand yang mudah diingat. Misalnya saja bisnis Anda dropship kaos, saat masyarakat mencari kaos mereka akan langsung teringat dengan brand Anda.

Untuk membangun brand yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah membuat logo. Logo ini menggambarkan suatu toko, umumnya logo ini akan menggambarkan visi dan misi serta menggambarkan filosofi yang ada di toko Anda.

Buat Toko Online

Anda yang ingin bisnis dropship penting bagi Anda untuk membuat toko online. Dengan memiliki toko online ini mudah bagi Anda untuk menjangkau semua konsumen Anda. Anda bisa membuat website yang bisa Anda jadikan sebagai toko online Anda. Anda bisa menuangkan berbagai macam informasi penting di bisnis Anda tentang detail produk, konten promosi dan foto terbaik di website Anda.

Baca juga : 6 Cara Agar Produk Muncul di Pencarian Shopee dan Tokopedia

Gunakan Strategi Limited Edition untuk Meningkatkan Penjualan

Tips menjadi dropshipper sukses terakhir gunakan strategi limited edition. Strategi ini bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Promosi adalah cara terbaik mengundang banyak orang untuk berbelanja. Meski tidak membutuhkan barang atau produk tersebut konsumen akan memborong produk jika melihat promosi yang ditawarkan. Tanpa adanya promosi konsumen hanya akan melihat-lihat kemudian pergi meninggalkan toko online Anda.

Bisnis dropship ini menguntungkan karena tanpa modal dan stok barang Anda sudah bisa mendapatkan cuan. Lakukan beberapa tips menjadi dropshipper sukses diatas agar hasilnya sesuai dengan harapan Anda.

Tags: cara menjadi dropshipper sukses Tips menjadi dropshipper sukses

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar