6 Cara Agar Produk Muncul di Pencarian Shopee dan Tokopedia

Cara agar produk muncul di pencarian Shopee dan Tokopedia – Shopee dan Tokopedia menjadi marketplace besar di Indonesia dimana menjadi andalan bagi para pebisnis untuk menjual produknya. Yang harus Anda ketahui untuk berbisnis menggunakan marketplace tersebut adalah setiap marketplace memiliki algoritmanya sendiri-sendiri.

Hal yang harus Anda ketahui adalah sistem akan melakukan 3 fungsi utama yaitu menginput, proses, dan juga output. Baik Shopee maupun Tokopedia, sistem mereka memiliki tiga fungsi ini dan juga menghasilkan output yang baik. Untuk melakukan proses sistem akan menyimpan semua log history supaya bisa digunakan pada inputan selanjutnya. Setelah mengetahui hal tersebut, ada beberapa cara agar produk muncul di pencarian Shopee dan Tokopedia yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Judul Produk yang Tepat

Cara agar produk muncul di pencarian Shopee dan Tokopedia yang pertama adalah masukkan judul yang tepat. Hindari menggunakan simbol-simbol yang tidak perlu seperti underscore, tanda minus, dan lain sebagainya. Jika di logika pengunjung jarang sekali menulis dengan simbol-simbol tertentu. Membuat judul produk ini juga menjadi sebuah seni tersendiri yang mana dalam 1 kalimat tersebut mampu untuk mendeskripsikan isi seluruh produk yang dijualnya.

Anda bisa mencobanya dengan mengupload produk dengan judul tanpa simbol dan yang menggunakan simbol. Ketika mencari produk di kotak pencarian judul dengan simbol akan sulit muncul di halaman pencarian. Misalnya saja adalah Anda menjual e-card maka hilangkanlah simbol dan ubah judul menjadi ecard.

Foto yang Profesional

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan gambar produk yang profesional. Gambar dari produk ini menjadi sebuah pencitraan yang mana membuat mata pengunjung jauh lebih segar dan membuat produk Anda terlihat semakin eksklusif. Sebisa mungkin Anda harus menghindari menuliskan watermark atau mencantumkan nomor telepon di gambar karena membuat keindahan gambar berkurang dan membuatnya menjadi tidak jelas. Tips untuk membuat produk Anda adalah buat frame setelah itu gunakan background yang cerah tanpa adanya corak yang berlebihan.

Deskripsi Produk

Jangan pernah malas untuk menuliskan deskripsi karena hal ini sangat penting untuk produk Anda.  Tulis deskripsi produk secara detail dan bayangkanlah jika Anda yang akan membeli produk tersebut. Anda bisa mulai untuk memikirkan dimensi ukuran, berat, dan juga bahan pembuatannya. Jika Anda memberikan garansi maka tuliskanlah di deskripsi karena hal ini akan berpengaruh terhadap kepercayaan calon pembeli kepada toko Anda.

Alasan lainnya mengapa Anda harus menuliskan deskripsi secara detail adalah pengunjung yang membaca deskripsi akan  membutuhkan waktu yang lama untuk membaca dan memahaminya, hal ini menjadi salah satu parameter agar produk Anda popularitasnya meningkat di marketplace seperti Shopee dan juga Tokopedia.

Perbandingan Harga Produk

Cara agar produk muncul di pencarian Shopee dan Tokopedia adalah bandingkanlah harga produk sejenis dengan yang Anda jual. Yang harus diketahui adalah harga ini menjadi patokan  utama saat melakukan pembelian sebelum memasukkan produk ke dalam belanja. Namun cara ini juga bukanlah hal mutlak yang mana menjadi pertimbangan namun pembeli juga melihat keawetan produk, bahan, kualitas, dan lain sebagainya. Jangan mematok harga terlalu mahal karena persaingan sangat ketat dimana jika harganya terlalu mahal banyak konsumen yang kemudian beralih ke toko kompetitor Anda.

Bintang dan Testimoni

Cara selanjutnya adalah dengan mendapatkan bintang dan juga testimoni untuk produk Anda. Semakin banyak testimoni dan penilaian yang Anda dapatkan akan semakin populer produk Anda. Oleh sebab itu jangan pernah henti-hentinya untuk mengingatkan konsumen agar memberikan penilaian di toko atau produk Anda.  Review dan penilaian konsumen lain ini juga akan membuat calon konsumen berlama-lama di produk Anda. Mereka akan menjadikan review dan penilaian tersebut sebagai referensi atau bahan pertimbangan sebelum melakukan pembelian dimana tindakan ini akan membuat popularitas produk Anda meningkat.

Baca juga :  4 Cara Berjualan di Shopee Agar Meraih Star Seller

Kurir

Cara agar produk muncul di pencarian Shopee dan Tokopedia selanjutnya adalah pilihan kurirnya. Tanpa disadari bahwa memberikan opsi pengiriman produk yang lebih beragam ini akan membuat produk Anda setingkat lebih tinggi ratingnya dibandingkan dengan toko yang hanya memberikan pilihan 1 atau 2 kurir saja. Untuk pengiriman lokal Anda bisa menggunakan jasa Grab maupun Go-Jek yang mana terbukti cepat dan aman untuk pengiriman lokal.

Sebagai penjual Anda harus peka terhadap kebutuhan konsumen. Saat ini tersedia berbagai macam jasa kurir yang bisa Anda manfaatkan mulai dari Si Cepat, J&T, JNE, Ninja Express, dan lain sebagainya. Untuk Shopee Anda bisa menggunakan jasa khusus yaitu Shopee Express untuk membuat popularitas produk Anda semakin meningkat sehingga mudah untuk ditemukan dalam pencarian.

Semakin mudah produk Anda ditemukan maka semakin banyak peluang untuk terjadinya pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Semoga beberapa cara agar produk muncul di pencarian Shopee dan Tokopedia di atas bermanfaat untuk Anda.

Загрузка...

Tags: Cara agar produk muncul di pencarian Shopee dan Tokopedia

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar