4 Cara Berjualan di Shopee Agar Meraih Star Seller

Cara berjualan di Shopee – Shopee menjadi salah satu marketplace yang populer, meski termasuk marketplace yang baru namun eksistensi Shopee ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Popularitasnya ini bisa menyaingi marketplace lain sehingga jika banyak yang kemudian tertarik untuk berjualan di Shopee ini. Banyak yang mendapatkan pembelian cukup besar melalui Shopee ini sehingga Anda juga bisa meniru jejak mereka untuk menjadikan marketplace ini sebagai andalan dalam berjualan. Bagi yang belum paham sistemnya, Anda bisa mempelajari cara berjualan di Shopee melalui artikel ini.

Langkah Berjualan di Shopee

Sama halnya dengan marketplace lainnya dimana ada beberapa langkah yang harus dilalui sebelum mulai berjualan. Berjualan di Shopee ini cenderung mudah sehingga Anda sebagai pemula bisa mempelajarinya dengan cepat. Berikut ini adalah cara berjualan di Shopee yang bisa dilakukan:

  1. Pembuatan akun

Pembuatan akun shoppee jualan

Sebelum bisa membuat toko online di Shopee, Anda wajib untuk melakukan pembuatan akun  terlebih dahulu. Pembuatan akun di Shopee ini pun cukup sederhana yaitu Anda harus memiliki alamat email aktif dan juga nomor handphone. Hal tersebut akan selalu Anda butuhkan dalam pendaftaran apapun sehingga wajib untuk Anda miliki.

  1. Pembuatan toko

Pembuatan akun shoppee jualan

Sebelum berjualan di Shopee, Anda harus membuat toko. Hal ini bisa Anda lakukan jika Anda sudah memiliki akun Shopee. Untuk pembuatan toko ini Anda harus mengisi berbagai macam informasi mengenai toko online mulai dari nama toko, deskripsi singkat tentang toko online Anda, selain itu diwajibkan untuk mengunggah foto profil dan juga beberapa foto unggulan di toko online Anda.

  1. Unggah produk

Cara berjualan di Shopee yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah unggah produk yang akan Anda jual. Untuk lebih meyakinkan pembeli ada baiknya jika Anda mengunggah foto produk yang menarik dan berkualitas tinggi. Tidak hanya itu saja, sertakan deskripsi yang menarik dan informasi yang sejelas-jelasnya pada produk tersebut. Untuk bisa memudahkan pembeli dalam memilih barang kesukaannya, Anda bisa menyertakan variasi. Misalnya saja adalah Anda berjualan hijab maka sertakan variasi motif atau warnanya. Dengan hal ini pembeli akan tahu apakah hijab kesukaannya masih tersedia atau tidak. Jika Anda juga berjualan offline, stock ini harus selalu di update agar tidak ada miss komunikasi dari penjualan offline dan online.

  1. Promosi
Baca juga:  6 Ide Bisnis Kekinian dengan Makanan Tradisional yang Menggiurkan

Setelah Anda mengunggah foto produk, hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah Anda mulai mempromosikan produk Anda. Setelah Anda mengunggah foto produk, Anda bisa menentukan harga jual produk tersebut.  Untuk mempromosikan produk Anda Shopee memberikan kepada setiap penjual untuk bisa mempromosikan 5 produk sekaligus di dalam 4 jam sekali.

Menjadi Star Seller

Star Seller shopee

Berjualan online di marketplace Shopee jika dikerjakan secara sungguh-sungguh hasilnya akan sangat menjanjikan. Hal itu Shopee memberikan banyak promo menarik, terlebih lagi fitur gratis ongkir yang diberikan cukup banyak. Untuk bisa meraih sukses di Shopee Anda harus bisa menjadi star seller. Akun star seller ini dipercaya bisa meningkatkan penjualan karena termasuk dalam akun Shopee yang terpercaya dan tidak abal-abal. Agar menjadi star seller ini bisa dengan beberapa syarat tertentu. Syarat yang harus Anda perhatikan adalah identitas KTP yang sudah disetujui oleh Shopee, persentase chat yang dibalas mencapai 80%, penilaian toko minimal rating 4.5, total order bulanan bisa mencapai 50 transaksi, rata-rata waktu pengemasan 2 hari, tingkat pesanan yang tidak diselesaikan kurang dari 10%, keterlambatan pengiriman kurang dari 5%, point penalty 0, dan tidak melanggar kebijakan Shopee.

Strategi Penjualan

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa untuk bisa menjadi star seller ini Anda harus mendapatkan order 50 transaksi. Jika belum menyandang star seller tentu pencapaian tersebut sulit diraih. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir karena untuk mencapai order 50 pesanan dalam sebulan  bukan hal yang mustahil. Ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan dalam berjualan.

Cara pertama adalah Anda bisa mengaktifkan fitur gratis ongkir, strategi penjualan ini sangat efektif untuk bisa mendatangkan pembeli. Banyak yang tidak mau menanggung ongkos kirim yang terlalu banyak untuk pengiriman. Shopee sendiri sudah memiliki program gratis ongkir yang menarik dengan minimal pembelian yang berbeda-beda pada setiap jasa ekspedisi. Jika tidak memanfaatkannya maka hal ini akan sangat merugikan Anda.

Baca juga:  Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya

Strategi dan cara berjualan di Shopee selanjutnya adalah perbanyak produk. Banyak konsumen yang tidak tertarik untuk berbelanja karena jumlah barang yang ditawarkan ini sedikit sehingga untuk mendapatkan pembelian masih tergolong kecil. Semakin banyak barang yang dijual maka akan semakin cepat Anda mendapatkan konsumen pertama. Strategi terakhir adalah perbanyak jumlah follower. Jumlah follower ini sangat berpengaruh terhadap penjualan karena setiap Anda memposting produk baru mereka akan mendapatkan notifikasi.

Shopee ini akan tetap eksis karena banyak sekali fitur menarik yang ditawarkannya. Penjual dan pengguna Shopee akan terus meningkat dari waktu ke waktu sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai alat untuk menggeluti bisnis online. Lakukanlah beberapa cara berjualan di Shopee di atas untuk membuat bisnis online Anda di Shopee berjalan maksimal.

Tags: berjualan di Shopee cara berjualan di Shopee tips berjualan di Shopee

Berikan komentar