Pengertian Webinar Sebagai Media Promosi di Tengah Pandemi

Pengertian webinar sebagai media promosi di tengah pandemi – Pernahkah Anda mendengar webinar? Webinar di tengah pandemi seperti saat ini tidak terasa asing karena saat ini webinar menjadi salah satu promosi dan juga media pemasaran yang efektif. Karena masih masa pandemi promosi tidak bisa dilakukan secara langsung namun bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial dan media online lainnya. Sedangkan untuk pengirimannya bisa dengan di antar langsung atau menggunakan jasa ekspedisi yang tersedia karena selama pandemi jasa ekspedisi tidak libur namun justru kebanjiran orderan.

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah apa itu webinar? Dan seperti apa pengertian webinar sebagai media promosi di tengah pandemi seperti saat ini? Simak selengkapnya di bawah ini:

Pengertian

Jika Anda mencari strategi marketing yang jitu di masa pandemi Anda bisa mencoba webinar ini. Webinar merupakan strategi paling baru yang terbukti efektif dan juga efisien terutama di masa pandemi ini. Sebelum Anda mencoba promosi untuk webinar ada baiknya jika Anda tahu apa saja yang hal yang perlu Anda ketahui tentang webinar ini mulai dari pengertian webinar sebagai media promosi di tengah pandemi itu sendiri, selain itu Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaatnya, jenis-jenisnya, dan cara mengeksekusi webinar tersebut.

Pengertian webinar sebagai media promosi di tengah pandemi belum banyak diketahui terutama pebisnis kecil menengah dan sering dilakukan pebisnis dengan skala besar. Webinar merupakan kependekan dari web seminar. Dalam webinar akan memungkinkan bagi Anda atau siapa saja untuk membuat acara secara online, setelah itu disaksikan secara live dan online juga.

Dunia bisnis ini sangat keras dan banyak sekali kompetitornya. Jika Anda terjun dalam bisnis akan banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari produk, harga, strategi marketing sampai dengan customer service. Format acara webinar adalah berlangsung online selain itu juga dihadiri secara online.

Dengan format acara yang seperti ini Anda bisa membuat talk show, seminar, diskusi, workshop, dan hanya berbekal kamera dan juga internet stabil saja. Alasan mengapa webinar ini sangat bagus untuk promosi produk Anda adalah akan membuat audiens dekat dengan Anda bahkan bisa menjalin komunikasi yang lebih personal dan juga lebih interaktif. Anda bisa melakukan hal ini di depan orang yang begitu banyak sehingga secara kualitas dan kuantitas sekaligus.

Jenis Webinar

Tidak hanya pengertian webinar sebagai media promosi di tengah pandemi saja yang harus Anda ketahui namun jenis webinar pun juga penting diketahui. Tujuannya adalah agar Anda bisa memilih webinar yang memang bisnis Anda butuhkan. Simak jenis-jenis webinar dalam bisnis berikut ini:

  1. Webinar pengumpul lead

Fungsi dari webinar ini adalah untuk mengumpulkan lead. Caranya adalah Anda bisa membuat konten secara gratis kemudian audiens bisa mengakses webinar hanya dengan memberikan nama dan juga alamat email saja. Untuk menghindari email fiktif ada baiknya jika Anda memberikan link webinar di email sehingga hal ini akan mendorong audiens Anda untuk memberikan alamat email yang masih berlaku. Untuk menarik banyak audiens maka sangat penting bagi Anda untuk membuat webinar yang menarik dan informatif tujuannya agar saat Anda mengadakan webinar kembali banyak audiens yang tertarik kembali mengikuti dengan webinar tersebut.

Misalnya saja adalah Anda bergerak dalam bisnis financial maka Anda bisa membuat webinar yang berhubungan dengan keuangan misalnya saja adalah cara berinvestasi, investasi di pasar modal, tips memilih asuransi yang tepat atau Anda juga bisa memberikan informasi tentang memanajemen uang pinjaman online untuk melakukan modal usaha. Apapun isinya buatlah webinar ini semenarik mungkin dan bermanfaat. Jangan lupa Anda bisa mengenalkan produk kemudian memberikan diskon kepada penonton webinar.

Baca juga :  6 Strategi Bisnis Offline Agar Tidak Punah di Zaman Digital

  1. Berbayar

Jenis webinar selanjutnya adalah yang berbayar. Jenis webinar ini tidak digunakan untuk mempromosikan produk namun webinar itu sendirilah yang menjadi produk untuk dijual. Tipe webinar ini akan bisa menghasilkan cuan lebih cepat. Alasannya adalah karena siapapun yang menontonnya harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Tipe webinar ini sangat cocok bagi Anda yang bergerak dalam bisnis jasa atau keterampilan.

Misalnya saja adalah Anda berbisnis cake and bakery, di tengah pandemi ini pasti akan berdampak dong pada income yang Anda dapatkan sehari-harinya. Cara ini sebenarnya tidak hanya membantu Anda mendapatkan cuan lebih cepat namun juga bisa membuka jalan rezeki peserta webinar yang mempraktikkan ilmu dari Anda kemudian menjual produknya. Bonusnya Anda akan mendapatkan rasa bangga pada diri Anda sendiri karena sekaligus mampu membantu orang lain dalam mencari rezeki di masa pandemi.

  1. Serial webinar

Jenis webinar yang terakhir adalah serial webinar. Sesuai dengan namanya dinamakan serial ini dikarenakan berlanjut dan topik-topik tersebut saling berhubungan satu sama lainnya. Dengan hal ini Anda akan bisa mendapatkan leads dan cuan yang jauh lebih banyak. Jika Anda berjualan produk atau layanan Anda bisa membuat serial webinar berisi tips untuk bisa menggunakan produk secara efektif. Anda juga bisa membuat webinar pelatihan maupun sertifikasi yang berhubungan dengan produk Anda tersebut.

Demikianlah pengertian webinar sebagai media promosi di tengah pandemi dan jua jenis-jenisnya yang menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: Pengertian webinar sebagai media promosi di tengah pandemi

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar