6 Strategi Bisnis Offline Agar Tidak Punah di Zaman Digital

Strategi bisnis offline agar tidak punah di zaman digital adalah sebuah hal penting yang harus diketahui oleh setiap pengusaha bisnis retail offline di Indonesia. Kemajuan teknologi memang sangat mempengaruhi segala akpek dalam kehidupan, salah satunya adalah dalam dunia bisnis. Dalam bidang bisnis, kemajuan teknologi mempengauhi pola belanja masyarakat. Masyarakat kini begitu menyukai trend belanja online yang dapat dilakukan dengan menggunakan gadget. Di Indonesia, trend belanja online akhirnya berpengaruh pada eksistensi  bisnis ritel offline. Sebagian bisnis ritel offline di Indonesia bahkan terpaksa harus gulung tikar karena tergeser trend belanja online ini. Meski demikian, jika bisnis ritel offline dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi di zaman digital ini maka bisnis tersebut tetap bisa bertahan. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa membuat bisnis ritel offline tetap bertahan di era digital:

1.     Ikuti Trend Bisnis Online

Faktor terbesar yang membuat sebuah bisnis offline gulur tikar adalah ketidakmampuannya untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Strategi bisnis offline agar tidak punah di zaman digital  yang pertama kali bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti trend bisnis online. Seperti kita ketahui, saat ini masyarakat sangat menyukai trend belanja online. Jika dulu masyarakat harus keluar rumah untuk berbelanja kebutuhan, kini hanya dengan memanfaatkan gadgetnya sambil duduk di rumah, mereka sudah bisa melakukan transaksi pembelian suatu barang dengan mudah.

Oleh karena itu, bisnis ritel offline harus bisa beradaptasi dengan trend bisnis online tersebut. Para pengusaha bisnis retail offline harus menyediakan platform online demi menjaga eksistensinya. Dengan demikian, produk-produk yang tadinya hanya dipasarkan secara offline kini bisa juga dijual melalui berbagai situs e-commerce.

2.     Ciptakan Brand Awareness Lewat Media Sosial

Bagi para pengusaha usaha ritel offline, cobalah untuk manfaatkan media sosial untuk menciptakan brand awareness. Cara ini bisa jadi salah satu strategi bisnis offline agar tidak punah di zaman digital. Dengan melakukan branding, orang-orang akan lebih familiar dengan bisnis yang Anda jalankan. Semakin familiar bisnis Anda, maka orang-orang akan menjadikan bisnis Anda sebagai pilihan saat mereka membutuhkan sesuatu. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, jangan lupa untuk mencantumkan detail kontak dan alamat bisnis yang Anda jalankan.

3.     Buat Konten Menarik Untuk Promosi

Untuk menarik minat para konsumen di era digital seperti saat ini, Anda perlu membuat konten menarik untuk promosi. Anda dapat mencoba membuat video pendek yang terkait dengan spesifikasi dari produk-produk unggulan yang Anda jual dan share video tersebut di berbagai media sosial yang Anda punya. Pastikan video promosi tersebut dengan sebaik mungkin agar bisa menarik perhatian banyak orang. Selain itu, dengan membuat video promosi tersebut, kredibilitas dari produk yang Anda pasarkan pun akan semakin meningkat.

4.     Tingkatkan Kualitas Produk dan Pelayanan

Strategi bisnis offline agar tidak punah di zaman digital yang selanjutnya adalah dengan meningkatkan kualitas produk ataupun pelayanan. Hal ini penting untuk diperlukan untuk memastikan kepuasan para konsumen terhadap produk ataupun pelayanan yang Anda tawarkan.

Semakin tinggi tingkat kepuasan para konsumen, mereka pun akan semakin setia untuk menggunakan produk-produk yang Anda pasarkan. Untuk itu, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan diskon bagi para konsumen yang telah menjadi pelanggan setia.

5.     Menggunakan Jasa Digital Marketing

Untuk membuat bisnis retail offline Anda lebih bisa bertahan di era digital seperti saat ini, Anda dapat menggunakan jasa digital marketing untuk menangani masalah pemasaran secara online. Meski dana yang harus Anda keluarkan cukup besar, namun jasa ini cukup efektif untuk melakukan promosi bisnis dan pengiklanan secara online.

6.     Mengaplikasikan Teknologi-Teknologi Terbaru di Gerai Offline Anda

Untuk membuat bisnis offline yang Anda jalankan bisa tetap eksis di era digital seperti sekarang ini, mulailah untuk mengaplikasikan berbagai teknologi terbaru pada gerai offline Anda. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan teknologi pembayaran digital.

Saat ini, di Indonesia telah banyak terdapat dompet digital yang dapat digunakan untuk transaksi, misalnya OVO, GoPay, Dana, dan LinkAja. Berbagai macam dompet digital tersebut sering kali menawarkan promo-promo menarik bagi para konsumen pada setiap transaksi yang dilakukannya. Oleh karena itu, Anda perlu memanfaatkan promo dari dompet digital ini untuk menarik minat para konsumen berbelanja di tempat Anda. Salah satu faktor yang membuat gerai offline selalu ramai pesanan adalah karena para konsumen tahu di tempat tersebut mengaplikasikan metode pembayaran digital yang sering bagi-bagi diskon.

Metode pembayaran digital juga dirasa begitu praktis untuk dilakukan. Para konsumen yang berbelanja di gerai offline tak perlu lagi membawa uang dalam jumlah banyak. Hanya dengan melakukan pembayaran secara online, transaksi pun sudah dapat dilakukan.

Itulah beberapa strategi bisnis offline agar tidak punah di zaman digital seperti sekarang ini. Dengan menerapkan berbagai strategi tersebut diharapkan usaha ritel offline yang Anda jalankan dapat tetap bertahan di tenggah gempuran bisnis online yang semakin massive.

 

 

 

Загрузка...

Tags: Apa Strategi bisnis offline agar tidak punah di zaman digital Strategi bisnis offline agar tidak punah di zaman digital

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar