6 Cara Menaikan Rating Produk Shopee Paling Efektif

Cara menaikan rating produk Shopee – Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Shopee menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Dengan programnya yang memberikan subsidi gratis ongkir menjadikan Shopee menjadi platform berbelanja online yang menyenangkan. Karena hal tersebut kemudian banyak penjual online yang mengandalkan Shopee untuk berjualan.

Meski terlihat mudah nyatanya berjualan di Shopee ini ada triknya. Alasannya adalah ada banyak kompetitor yang menjual barang yang sama. Salah satu cara berjualan di Shopee agar menarik banyak minat pembeli adalah Anda harus memiliki rating yang bagus. Jika rating Anda 4 ke bawah, pembeli tidak akan tertarik untuk membeli produk di toko Anda. Berikut ini adalah beberapa cara menaikan rating produk Shopee yang penting untuk Anda lakukan:

Evaluasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan evaluasi. Bisnis yang mampu berkembang adalah yang bisa melakukan introspeksi diri terhadap kesalahan-kesalahan yang dilakukannya. Anda harus melakukan evaluasi mengapa bintang produk Anda buruk. Normalnya jika produk Anda bagus Anda akan mendapatkan bintang 5 dan minimal bintang 4. Namun jika Anda mendapatkan bintang 3, 2, bahkan 1 ada hal yang harus Anda evaluasi dari produk Anda.

Dengan melakukan evaluasi tersebut Anda bisa memperbaiki performa toko online dan juga produk Anda menjadi lebih baik. Ada pembeli yang menyertakan komentar dan ada juga yang tidak mau membeberkan alasannya. Tugas Anda adalah dengan mencari tahu mengapa mereka bisa memberikan bintang yang buruk.

Jika bintang Anda buruk karena packing maka Anda perlu meningkatkan kualitas packing Anda sedangkan jika disebabkan oleh kualitas produk yang memang buruk maka Anda perlu memperbaiki kualitas produk Anda. Jangan anggap pembeli sebagai raja, namun anggaplah mereka sebagai teman yang pendapatnya harus di dengarkan dengan baik.

Ikut Flash Sale

Cara meningkatkan penjualan di Shopee adalah ikut flash sale. Flash sale ini merupakan program yang diadakan oleh Shopee di jam-jam tertentu. Sesuai dengan namanya program ini akan membuat konsumen mendapatkan produk dengan harga yang lebih miring. Anda bisa mengikutkan beberapa produk di toko Anda untuk ikut program flash sale.

Nantinya produk yang flash sale ini akan berada di halaman utama aplikasi sehingga peluang dilihat oleh konsumen jauh lebih banyak.  Flash sale ini juga menjadi favorit para pengguna Shopee karena harganya jauh lebih miring dibandingkan dengan harga normal. Agar menarik pembeli lebih banyak Anda bisa mengingatkan konsumen jika toko Anda akan melakukan flash sale di hari dan jam sekian.

Berikan Cashback

Cara menaikan rating produk Shopee selanjutnya adalah berikan cashback. Saat ini untuk menarik konsumen tidak hanya melalui diskon atau potongan harga saja namun juga bisa memberikan cashback berupa poin yang nantinya bisa dimanfaatkan konsumen untuk mendapatkan potongan di pembelian selanjutnya. Semakin  besar cashback koin yang diberikan akan semakin banyak konsumen yang berbelanja di toko Anda.

Voucher Toko

Cara menaikan rating produk Shopee selanjutnya adalah voucher toko. Banyak sekali program Shopee yang bisa Anda manfaatkan untuk menaikkan rating dan juga performa penjualan toko Anda.  Voucher ini berupa kode tertentu yang nantinya kode tersebut dimasukkan saat konsumen akan checkout. Dengan voucher tersebut mereka akan mendapatkan potongan harga dari pembelian yang telah lakukan. Anda bisa memberikan voucher ini untuk batas pembelian tertentu. Ada juga beberapa seller di Shopee yang mana memberikan voucher kepada follower baru mereka dan melakukan minimal pembelian tertentu.

Block Konsumen Nakal

Persaingan di Shopee sangat ketat maka tidak mengherankan jika ada konsumen nakal yang sekaligus seller menjatuhkan toko atau lapak orang lain dengan memberikan bintang yang buruk. Jika Anda merasa tidak ada yang salah dengan produk Anda, tidak masalah dengan kecepatan pengiriman, dengan packingan Anda namun ada konsumen yang memberikan bintang 3 atau bahkan 1 itu artinya dia adalah konsumen nakal yang berusaha untuk menjatuhkan bisnis Anda. Tidak ada jalan lain selain melakukan block terhadap akunnya tujuannya agar kejadian serupa tidak terulang. Banyaknya karakter yang Anda temui di marketplace online ini harus membuat Anda pandai melakukan identifikasi terhadap sifat dan karakter masing-masing konsumen Anda.

Mengubah Bintang Penilaian

Cara menaikan rating produk Shopee yang terakhir adalah mengubah bintang penilaian. Jika Anda merasa kesalahan ada pada Anda tidak ada salahnya Anda meminta maaf dan meminta konsumen untuk mengubah penilaiannya. Penilaian bisa diberikan dua kali dimana setelah memberikan penilaian pertama konsumen bisa mengubah kembali penilaiannya.

Baca juga : 6 Cara Agar Produk Muncul di Pencarian Shopee dan Tokopedia

Ada konsumen yang tidak mau diajak berdiskusi di chat dan justru langsung memberikan penilaian di kolom komentar, hal inilah yang membuat reputasi dan rating produk Anda buruk. Ajak konsumen tersebut berdiskusi untuk memecahkan masalah yang ada. Ada penjual yang rela melakukan retur untuk memperbaiki penilaian di produk mereka.

Untuk menaikkan rating suruh semua pelanggan Anda untuk memberikan penilaian setelah barang diterima. Jadilah penjual yang aktif dan komunikatif dimana hal ini juga menjadi salah satu cara menaikan rating produk Shopee yang efektif dan efisien, dengan dekat dengan konsumen dan memberikan pelayanan terbaik Anda bisa membuat mereka membeli lagi di toko Anda.

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara menaikan rating produk Shopee Cara menaikan rating produk Shopee

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar