Tutorial Cara Memakai Google Adwords untuk Promosi Bisnis

Tutorial cara memakai Google Adwords untuk promosi bisnis – Untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, salah satu cara yang ditempuh oleh para pelaku usaha adalah dengan memanfaatkan Google Adwords. Google Adwords atau yang sejak 24 Juli 2008 telah berubah nama menjadi Google Ads merupakan salah satu kanal marketing online yang dapat membantu Anda untuk menguasai online presence di paid search.

Meski kini nama platform iklan ini telah berubah menjadi Google Ads, namun secara garis besar cara penggunaannya relatif sama. Kali ini kita akan membahas mengenai apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan Google Adwords dalam promosi bisnis, serta bagaimana langkah-langkah menggunakan Google Adwords untuk pemula.

Keuntungan Penggunaan Google Adword dalam Promosi Bisnis

Tutorial cara memakai Google Adwords untuk promosi bisnis

Tutorial cara memakai Google Adwords untuk promosi bisnis

Sebelum membahas mengenai tips dan tutorial cara memakai Google Adwords untuk promosi bisnis, sebaiknya Anda menyimak beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dari platform iklan yang satu ini.

  1. Google Menguasai Pasar Mesin Pencarian

Secara global, diketahui bahwa Google menguasai pangsa pasar mesin pencarian sebesar 92,74 %. Di Indonesia, Google tercatat menguasai pasar mesin pencarian sebesar 97,09 %. Dengan demikian, jika Anda memanfaatkan Google Adwords untuk promosi, maka kemungkinan besar bisnis Anda akan dilihat lebih banyak orang.

  1. Biaya yang Relatif Murah

Pemanfaatan Google Adwords juga akan membantu Anda dalam menghemat biaya promosi mengingat harga pemasangan iklan yang memang relatif murah. Biaya yang harus Anda bayarkan bisa semakin sedikit sebab Google telah menerapkan PPC alias Pay Per Click. Dalam tutorial cara memakai Google Adwords untuk promosi bisnis nanti juga akan dibahas bagaimana cara pembayarannya.

  1. Mampu Menjangkau Target Audience yang Lebih Spesifik

Google Adwords akan membantu Anda dalam menjangkau target audience yang lebih spesifik. Sebab, kanal promosi online ini memungkinkan Anda untuk memperluas ataupun mempersempit jangkauan lokasi iklan sesuai kebutuhan.

Tips Mempromosikan Bisnis dengan Google Adwords

Agar usaha Anda mempromosikan bisnis melalui Google Adwords tidak berakhir sia-sia, maka Anda perlu menyimak trik dan tipsnya berikut ini:

  1. Memilih target dan demografi yang tepat, misalnya dengan memilih target sesuai usia, gender, serta waktu-waktu yang termasuk prime time.
  2. Menggunakan kata kunci atau keyword. Pastikan kata kunci yang Anda targetkan selalu menggunakan tanda “[ ]” sebab nantinya iklan promosi akan ditampilkan pada keyword yang ada dalam tanda “[ ]”.
  3. Cobalah untuk melakukan tes 2 iklan secara bersamaan. Dengan dua iklan yang berbeda tentang produk yang Anda jual, nantinya Anda bisa tahu iklan mana yang mampu menghasilkan CTR (click through ratio) yang lebih tinggi.
  4. Pakailah kata-kata yang dapat membangkitkan antusiasme orang untuk mengklik iklan Google Adwords. Misalnya dengan menggunakan kata-kata sebagai berikut: gratis, murah, obral, penawaran terbatas, bebas ongkos kirim, dan lain sebagainya.

Tutorial Cara Penggunaan Google Adwords untuk Promosi Bisnis

Berikut ini akan dijelaskan tutorial cara memakai Google Adwords untuk promosi bisnis dan akan dimulai dari cara daftarnya hingga pembayaran Google Adwords:

  1. Pertama, Anda harus membuka Google Ads
  2. Buat akun Google

Anda bisa membuat akun Google baru khusus untuk keperluan Google Ads jika Anda tidak ingin email Anda penuh dengan email dari Google Ads.

  1. Pilih Goal

Setelah Anda masuk ke Google Adwords, selanjutnya Anda harus memilih salah satu dari tiga opsi goal yang tersedia, di antaranya:

  • Menghubungi melalui telepon. Jika transaksi dalam bisnis Anda banyak dilakukan melalui telepon, maka Anda dapat memilih goal ini.
  • Mengunjungi toko fisik. Opsi ini bisa Anda pilih jika Anda mengelola bisnis yang mengharuskan pelanggan untuk mengunjungi toko Anda.
  • Mengunjungi website. Anda bisa memilih opsi ini apabila Anda menginginkan pelanggan untuk langsung mengunjungi website Anda.
  1. Pilih Jangkauan Lokasi

Tutorial cara memakai Google Adwords untuk promosi bisnis yang berikutnya adalah adalah memilih jangkauan lokasi. Anda dapat memilih jangkauan lokasi sesuai kebutuhan bisnis Anda.  Kanal marketing online ini memungkinkan Anda untuk memperluas maupun mempersempit jangkauan lokasi.

  1. Pilih Kategori

Untuk memudahkan Google dalam menentukan target audience iklan Anda, maka Anda harus memilih kategori bisnis terlebih dahulu.

  1. Buat Copy Iklan

Anda harus bisa membuat iklan yang singkat padat dan jelas mengingat jumlah karakter yang terbatas untuk copy iklan. Pastikan iklan yang Anda buat berisi instruksi yang jelas mengenai apa yang seharusnya dilakukan oleh pelanggan setelah melihat iklan tersebut.

  1. Pilih foto terbaik untuk promos bisnis. Namun ini sifatnya hanya opsional saja.
  2. Tentukan Biaya

Jika Anda baru pertama kali menggunakan Google Adwords, maka sebaiknya pilih perkiraan budget yang paling kecil. Anda bisa meningkatkan besaran biaya apabila Anda telah berhasil menjangkau lebih banyak konsumen.

Baca juga :   6 Cara Beriklan Di Facebook Ads Secara Profesional Dengan Mudah

  1. Pilih Metode Pembayaran

Setidaknya ada dua macam metode pembayaran yang bisa Anda pilih, yakni membayar dengan kartu kredit serta melalui transfer bank.

Demikianlah ulasan mengenai keuntungan, tips, dan tutorial cara memakai Google Adwords untuk promosi bisnis. Dengan memahami bagaimana cara mempromosikan bisnis melalui Google Adwords diharapkan bisnis Anda akan berjalan dengan lebih optimal.

Tags: cara memakai Google Adwords untuk promosi bisnis Tutorial cara memakai Google Adwords untuk promosi bisnis

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar