Begini 4 Tips Menabung untuk Pendidikan Anak Sejak Dini!

Bagaimana tips menabung untuk pendidikan anak? Di artikel ini Anda bisa menemukan solusi yang tepat. Saat ini biaya pendidikan tidak murah, sudah banyak negara maju yang memberikan pendidikan gratis kepada masyarakat. Namun di Indonesia masih memberlakukan biaya pendidikan yang cukup mahal. Biaya pendidikan kerap menjadi momok dan hal menakutkan. Alasannya tentu saja karena biaya pendidikan tersebut dapat mencekik leher dan membuat pemasukan bisa kandas begitu saja.

pendidikan anak

Tidak mengherankan jika saat ini banyak yang menyiapkan dana pendidikan untuk anak ini jauh-jauh hari sebelumnya. Soal biaya anak ini, tentu jangan hanya dipikirkan saja. Anda juga harus memiliki pengetahuan bagaimana mengelola uang dengan baik dan tahu bagaimana cara menyiapkan uang pendidikan anak yang tepat. Anda tidak perlu stres soal biaya anak karena ada beberapa tips menabung untuk pendidikan anak yang bisa Anda lakukan di bawah ini:

Mulai Tabungan Investasi Sedini Mungkin

Menabunglah sedini mungkin sejak masih mudah dan usia masih produktif. Saran ini juga bisa dilakukan oleh para orang tua. Meski anak masih kecil, mulailah menabung untuk pendidikan anak mulai dari sekarang. Tidak ada yang namanya terlalu cepat untuk memulai, mulailah sedikit demi sedikit agar bisa menjadi bukit.

Orang tua dianjurkan memulai tabungan ketika anak lahir dengan rentang waktu 18 belas tahun hingga anak kuliah supaya jumlah tabungan bertambah secara signifikan. Anda bisa memulai rekening tabungan khusus saat anak baru lahir. Anda bisa menyetorkan sejumlah uang ke dalam tabungan itu setiap bulannya langsung dari pendapatan Anda maupun pasangan Anda.

Tabungan menjadi strategi dengan resiko  rendah. Meski bunga kecil pokok tabungan tetap aman. Yang menjadi sisi negatif adalah tabungan bisa tergerus inflasi, Anda tidak hanya menjadikan tabungan sebagai andalan namun bisa melirik investasi lain untuk dana pendidikan Anda.

Baca juga:  8 Tips Mengelola Keuangan bagi Single Parent Paling Jitu

Hadiah Ulang Tahun Uang Bukan Mainan

Tips menabung untuk pendidikan anak yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memilih hadiah ulang tahun berupa uang dibandingkan mainan. Memberikan hadiah berupa mainan hanya akan membuat rumah menjadi penuh, Anda bisa mengganti hadiah tersebut dengan uang. Anda bisa memasukkan hadiah tersebut langsung ke tabungan pendidikan anak Anda. Akan ada berbagai kesempatan spesial yang bisa membuat anak mendapatkan hadiah berupa uang seperti saat ulang tahun, saat lebaran, saat naik kelas maupun saat natal.

Untuk tabungan Anda bisa membuka rekening di bank terpercaya yang menyediakan rekening khusus untuk anak. Anda bisa mengajak anak untuk ikut pembukaan rekening. Selain itu, Anda bisa mengajak anak untuk memantau saldo tabungan secara berkala. Bisa juga Anda menginformasikan kepada kerabat terdekat jika Anda sedang menyiapkan dana pendidikan untuk Anda. Anda bisa mengajak mereka untuk mengganti hadiah ulang tahun dengan uang yang bisa ditabung di tabungan pendidikan anak Anda.

Berikan Tambahan Uang Saku

Saat anak sudah cukup umur untuk menerima uang saku, Anda bisa mengajak anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, mencuci piring, membereskan mainan dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa memberikan upah untuk anak dan ajak dia untuk menabung separuh upah yang dimiliki untuk tabungan pendidikan.

Memang tips yang satu ini masih pro dan kontra. Pihak yang kontra mengatakan jika tindakan ini akan menyebabkan anak memiliki sikap pamrih. Anak akan sering meminta imbalan terhadap setiap hal yang dilakukan. Pihak yang pro atau setuju mengatakan jika anak akan lebih menghargai uang sejak dini.

Anak menjadi tahu jika uang ini tidak jatuh begitu saja dari langit. Uang yang didapatkan hasil dari kerja keras dan tidak didapatkan secara cuma-cuma. Anda juga bisa mengajak anak untuk melakukan garage sale. Anak bisa menjual mainan yang sudah tidak digunakan lagi dan pakaian bekas yang sudah tidak digunakan.

Baca juga:  6 Perbedaan KTA dan KMG yang Wajib Diperhatikan

Pilih Produk yang Tepat

Tidak hanya tabungan saja yang bisa Anda andalkan, namun ada produk lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk mempersiapkan dana pendidikan untuk anak Anda. Produk itu juga bisa membantu Anda menyiapkan dana pendidikan anak dengan baik. Apa saja? Yuk simak!

  1. Asuransi Pendidikan

Menabung saja tidak cukup, Anda bisa menjadikan produk asuransi pendidikan ini sebagai pilihan Anda. Banyak yang mengira jika tabungan dan asuransi pendidikan itu sama. Memang jika dilihat secara sekilas sama, namun ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Baca juga : 8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat

Yang menjadi perbedaannya adalah asuransi pendidikan diterbitkan oleh perusahaan asuransi dan tabungan diterbitkan oleh bank. Meski pembayaran premi selesai, asuransi baru bisa dicairkan jika jatuh tempo atau orang tua meninggal.

  1. Emas

Selain menabung uang tunai, Anda bisa menyimpan emas untuk pendidikan anak Anda. Emas menguntungkan karena harganya akan naik seiring berjalannya waktu. Selain itu, semakin tinggi permintaan harganya akan semakin naik. Dalam jangka waktu minimal 5 tahun saja Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan. Emas tersebut juga bisa Anda jual dan diuangkan sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.

Demikianlah tips menabung untuk pendidikan anak sejak dini yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tags: Cara menabung untuk pendidikan anak menabung untuk pendidikan anak tips menabung untuk pendidikan anak trik menabung untuk pendidikan anak

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Tinggalkan pesan "Begini 4 Tips Menabung untuk Pendidikan Anak Sejak Dini!"