8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat

Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang tua pasti menginginkan masa depan yang terbaik untuk anak-anaknya. Dalam hati orang tua terbesit harapan pendidikan anak-anaknya harus lebih tinggi darinya, ibaratnya jika orang tua hanya tamat SMP, anaknya harus tamat SMA, jika orang tuanya hanya tamat SMA, pastinya dalam hati orang tua ingin agar anaknya mengenyam pendidikan sampai di bangku kuliah. Sayangnya di saat semuanya serba sulit seperti sekarang ini mewujudkan harapan tersebut sangat sulit, sebab semuanya serba tidak pasti namun biaya pendidikan akan terus merangkak naik.

Salah satu cara untuk melindungi pendidikan anak-anak adalah mengikuti asuransi pendidikan, meski Anda juga bisa mengikuti tabungan pendidikan namun untuk proteksinya asuransi pendidikan ini lebih luas dan lebih diperlukan. Mengapa butuh proteksi?, hal itu dikarenakan sebagai tulang punggung perlu diproteksi sehingga jika suatu saat mengalami risiko seperti cacat dan lain-lain agar pendidikan anak tetap terjamin. Bagi orang tua yang ingin mengasuransikan pendidikan anak-anaknya, simak tips memilih asuransi pendidikan berikut ini:

Membuat Rencana

Sebelum mengetahui tips memilih asuransi pendidikan, sebagai orang tua harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu. Hal pertama yang harus orang tua lakukan adalah dengan membuat perencanaan, rencana yang bisa dibuat adalah setinggi apa anak Anda nantinya akan belajar atau menuntut ilmu, mau sampai di bangku SMA atau kuliah. Setelah itu pastikan anak Anda akan bersekolah dimana. Kedua hal ini penting untuk Anda rencanakan sebab biaya di instansi satu dengan yang lainnya berbeda.

Sebaiknya Anda juga mengetahui profil sekolah secara mendalam, misalnya saja prestasi di sekolah tersebut, kualitas sekolah tersebut, pernahkah anak didik disana mengalami kasus-kasus berat, lingkungan sekolah kondusif atau tidak dan yang paling penting adalah akreditasinya. Pastikan bahwa sekolah yang akan Anda pilih memiliki akreditasi A dan minimal B. Akreditasi tersebut sangat penting untuk mencari pekerjaan kelak. Ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamarnya berasal dari instansi dengan akreditasi A dan minimal B.

Riset Biaya

konsultasi asuransi pendidikan anak

konsultasi asuransi pendidikan anak

Langkah selanjutnya yang bisa orang tua lakukan adalah melakukan riset terhadap biaya pendidikan yang ada di instansi tersebut. Menanyakan biaya berguna bagi Anda untuk merencanakan biaya pendidikan yang akan Anda keluarkan. Biaya pendidikan yang ada sekarang sangat berguna untuk mengetahui besarnya biaya yang akan Anda keluarkan di masa yang mendatang. Nantinya biaya pendidikan yang akan dikeluarkan meliputi uang gedung, uang seragam, pembelian buku sekolah, dan masih banyak lagi lainnya. Dari biaya yang ada sekarang ini, di tahun depan Anda bisa menambahkannya sebanyak 10% atau 15% sampai anak Anda nantinya masuk ke jenjang tersebut.

Perusahaan Kredibel dan Terpercaya

Salah satu tips memilih asuransi pendidikan adalah memilih perusahaan asuransi yang kredibel dan juga terpercaya. Jika Anda tidak memilih perusahaan asuransi yang tidak terpercaya uang Anda akan menjadi tidak berkembang bahkan jika perusahaan bangkrut maka uang Anda akan sulit kembali. Berbeda dengan tabungan pendidikan yang dikeluarkan oleh bank dimana dijamin oleh Lembaga Peminjaman Simpanan. Oleh sebab itu sebelum Anda mengambil asuransi pendidikan penting skali bagi Anda untuk mengetahui sepak terjang perusahaan tersebut dalam melayani nasabahnya. Dengan begitu Anda bisa tahu mana perusahaan yang kredibel dan mana yang tidak.

Perusahaan dengan Aset Besar

aset asuransi pendidikan anak

aset asuransi pendidikan anak

Untuk bisa menjalankan roda operasional di perusahaan asuransi dibutuhkan aset yang banyak, sehingga kegiatan operasionalnya bisa berjalan dengan lancar. Berbeda dengan asuransi yang memiliki aset yang terbatas dimana untuk menjalankan roda operasionalnya menjadi terbengkalai. Aset yang dimiliki oleh perusahaan ini sangat penting, salah satu faktor penilaian yang dilakukan oleh Majalah Investor maupun lembaga penilaian lainnya salah satu yang dinilai adalah bagian aset. Aset ini nantinya bisa diketahui dari neraca keuangan yang akan disampaikan oleh publik secara terang-terangan.

Memilih Produk Asuransi yang Tepat

Cara memilih asuransi pendidikan anak yang tepat adalah dengan memilih produk asuransi pendidikan yang tepat, setiap perusahaan asuransi memiliki produk unggulannya masing-masing, Anda bisa menyesuaikan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda dan anak Anda.  Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang produk tersebut, jika Anda belum jelas tanyakan kepada agen asuransinya agar Anda menjadi lebih jelas dengan detail produk. Selama ini ada beberapa nasabah asuransi yang merasa salah mengambil produk, oleh sebab itu agar hal tersebut tidak menimpa Anda pilihlah produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu Anda juga bisa bertanya kepada teman atau kerabat Anda tentang produk asuransi pendidikan yang mereka miliki. Hal tersebut sangat berguna bagi Anda untuk membandingkan antara produk asuransi satu dengan yang lainnya.

Premi yang Sesuai

Setiap produk yang ditawarkan oleh asuransi tersebut memiliki besaran premi masing-masing. Meski produknya sama, besaran preminya berbeda misalnya terbagi dalam beberapa plan. Seperti plan A memiliki premi yang paling rendah, setelah itu plan B memiliki premi yang lebih mahal dibandingkan dengan plan A, begitu seterusnya sampai dengan premi yang paling mahal.

premi asuransi pendidikan anak

premi asuransi pendidikan anak

Yang paling penting disini adalah Anda harus menyesuaikan besarnya premi sesuai dengan keuangan Anda. Jangan terlalu memaksakan diri yang penting adalah asuransi pendidikan anak Anda bisa berjalan sampai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Memaksakan diri akan membuat pembayaran premi menjadi macet di tengah jalan, jika sudah begitu premi yang sudah dibayarkan sebelumnya menjadi hangus. Hal tersebut akan sangat merugikan Anda selaku orang tua.

Cara untuk mengukur premi yang sesuai dengan kondisi finansial Anda adalah dengan mengukur berapa uang yang bisa Anda sisihkan untuk dana pendidikan anak Anda. Jangan sampai asuransi pendidikan tersebut justru membuat kebutuhan pokok keluarga menjadi terbengkalai.

Polis Fleksibel

Cara memilih asuransi pendidikan untuk anak yang tepat adalah dengan memilih polis yang fleksibel. Maksudnya fleksibel adalah bisa diambil sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa perusahaan asuransi dengan ketentuan kebebasan mengambil polis meski belum mencapai jangka waktu yang sudah ditentukan. Polis fleksibel ini akan menguntungkan nasabah atau memudahkan nasabah dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak sebab bisa saja Anda membutuhkan dana pendidikan yang mendesak dan tidak terencana.

Fasilitas Tambahan

Pilihlah asuransi pendidikan dengan proteksi. Proteksi yang tidak hanya memberikan perlindungan bagi pihak yang tertanggung saja, namun juga memberikan proteksi kepada orang tua selaku pihak yang memegang polis si anak. Proteksi yang diberikan tidak sebatas Uang Santunan ketika cacat atau meninggal dunia saja, namun juga ketika pemegang polis atau yang tertanggung masuk rumah sakit.  Sehingga nantinya jika anak atau pemegang polis masuk rumah sakit akan diberikan  jaminan berupa penggantian biaya rumah sakit.

premi asuransi rumah sakit

premi asuransi rumah sakit

Orang tua merupakan orang yang paling berperan dalam pendidikan bagi anak-anaknya. Tidak hanya memberikan pendidikan tentang norma dan attitude saja, namun juga dalam pendidikan formal. Anak akan mendapatkan pendidikan formal yang tinggi jika mulai dari kecil orang tua sudah menyiapkan dan merencanakan pendidikan untuk anak-anaknya. Salah satu caranya adalah menggunakan asuransi. Agar tidak salah dalam memilih produk asuransi, sebaiknya Anda melakukan tips memilih asuransi pendidikan seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

asuransi bisnis adalah -langkah langkah dlm mengansuransikan pendidikan -menteri penddkn menilai pendidkn ntt terborok -

Tags: apa saja tips memilih asuransi pendidikan cara memilih asuransi pendidikan tips memilih asuransi pendidikan tips memilih asuransi pendidikan terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat"

    6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
    Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
    Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
    Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
    Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
    Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
    9 Keuntungan dan Kerugian Asuransi Pendidikan Anak
    Keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak bagai

    Tinggalkan pesan "8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat"