9 Keuntungan dan Kerugian Asuransi Pendidikan Anak

ads

Keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak bagai dua sisi mata uang. Keuntungan maupun kerugian tersebut sebaiknya dipertimbangkan dengan baik oleh nasabah agar di tengah jalan nasabah tidak memutuskan untuk berhenti dari asuransi tersebut. Pikiran yang matang pun diperlukan untuk memutuskan apakah akan mengikuti asuransi atau tidak.  Nasabah dengan pikiran yang tidak matang selalu memiliki pikiran yang negatif tentang asuransi yang dijalaninya, selain itu jangka waktu yang tidak sebentar membuat nasabah menjadi tidak sabaran saat pembayaran premi. Memang di saat semuanya serba tidak pasti ini, asuransi pendidikan sangat diperlukan untuk menjamin pendidikan anak secara pasti. Sebelum memutuskan untuk menjadi nasabah asuransi pendidikan, simak keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak berikut ini:

Keuntungan Asuransi Pendidikan Anak

keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak

keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak

Keuntungan merupakan manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengikuti asuransi tersebut. Keuntungan yang akan didapatkan nasabah berbeda-beda tergantung dengan perusahaan asuransi tersebut dan produk asuransi pendidikan yang dipilih. Berikut ini adalah keuntungan secara umum yang akan Anda rasakan jika mengikuti asuransi pendidikan:

Merencanakan Pendidikan Anak

Keuntungan jika Anda menjadi nasabah asuransi pendidikan anak adalah bisa merencanakan pendidikan untuk anak Anda. Istilahnya jika Anda sudah ikut asuransi maka Anda sudah merencanakan pendidikan untuk anak Anda misalnya mau sampai jenjang apa, pendidikan dimana dan lain-lainnya. Hal itu dikarenakan asuransi pendidikan yang Anda ikuti akan menyesuaikan dengan keinginan orang tua, sehingga besarnya premi yang akan dibayarkan berdasarkan degan rincian biaya pendidikan yang orang tua buat.

Biaya Pendidikan Dicover Asuransi

Ketika Anda ikut asuransi pendidikan maka biaya pendidikan anak akan dicover asuransi. Setiap tahunnya biaya pendidikan anak semakin meningkat sekitar 10% sampai dengan 15%, tabungan saja tidak cukup untuk membiayai biaya pendidikan yang semakin meningkat tersebut sebab selain bunganya rendah, tabungan tidak memiliki fitur yang dimiliki oleh asuransi pendidikan. Nantinya Anda sebagai orang tua akan mendapatkan dana pendidikan dari asuransi yang Anda ikuti setiap anak akan masuk sekolah, sehingga sebagai orang tua tidak perlu mencari dana tambahan ketika anak akan bersekolah misalnya saja masuk SMP, SMA maupun kuliah.

Melindungi Anak yang Tertanggung

Asuransi memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh tabungan pendidikan, salah satu fitur yang tidak dimiliki adalah tidak melindungi anak yang tertanggung dalam  polis asuransi. Jika anak mengalami sakit atau meninggal dunia maka orang tua atau si pemegang polis akan mendapatkan Uang Pertanggungan atau Santunan. Ada juga perusahaan asuransi yang akan menanggung biaya rumah sakit jika anak masuk rumah sakit.

Jika Anda hanya memiliki tabungan pendidikan saja maka bisa saja dana pada tabungan digunakan untuk biaya rumah sakit. Tentu sebagai orang tua Anda tidak mau jika dana yang sudah dipersiapkan sejak lama harus habis gara-gara untuk membiayai pengobatan sang anak. Saat kondisi seperti inilah, asuransi akan bekerja sebab asuransi pendidikan merupakan asuransi kombinasi dari asuransi jiwa dan juga investasi yang akan mencover baik pihak tertanggung ataupun si pemegang polis dari berbagai macam risiko.

Melindungi Tulang Punggung

Manfaat yang akan didapatkan oleh nasabah yang memiliki asuransi pendidikan adalah bisa digunakan untuk melindungi tulang punggung keluarga. Tulang punggung keluarga adalah orang yang bertanggung jawab terhadap roda kehidupan di dalam keluarga mulai dari makanan, pakaian dan juga pendidikan. Tanpa tulang punggung keluarga maka roda kehidupan di dalam keluarga tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Salah satu hal yang bisa menggerakkan roda kehidupan di dalam keluarga adalah materi, sehingga jika tulang punggung mengalami risiko dan tidak bisa bekerja maka materi tidak ada yang masuk dan roda kehidupan akan terhenti.

Keuntungan yang akan didapatkan nasabah yang mengikuti asuransi adalah melindungi tulang punggung keluarga dari berbagai macam risiko, sehingga meski tulang punggung tidak bekerja lagi pendidikan anak akan terjamin sampai dia lulus. Selain itu jika si pemegang polis sampai meninggal dunia akan mendapatkan Uang Pertanggungan dan juga santunan.

Pembayaran Premi yang Fleksibel

Keuntungan mengikuti asuransi pendidikan adalah pembayaran premi yang fleksibel. Maksudnya fleksibel disini adalah sebagai nasabah tidak hanya bisa membayar premi setiap satu bulan sekali namun bisa juga tiga bulan sekali, 6 bulan sekali atau bahkan satu tahun sekali. Sehingga jika Anda malas untuk pergi ke bank satu bulan sekali, Anda bisa memilih pembayaran premi sesuai dengan yang Anda inginkan.

Pembayaran Premi Sesuai Finansial

Pembayaran premi sesuai dengan finansial ini bisa menjadi keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak. Mengapa begitu?, hal itu dikarenakan Anda akan diuntungkan dengan pembayaran premi yang sesuai dengan kondisi finansial Anda, dan kerugiannya kadang premi yang sesuai finansial tersebut bukan yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak kasus dimana kebutuhan dana pendidikan anak seperti yang diinginkan orang tua preminya selalu diatas kemampuan. Misal orang tua hanya mampu membayar premi plan A namun kebutuhannya adalah plan C dan plan C preminya jauh lebih besar dibandingkan dengan yang plan A.

Kerugian Asuransi Pendidikan

kerugian asuransi pendidikan anak

kerugian asuransi pendidikan anak

Selain mempertimbangkan keuntungan dari asuransi pendidikan yang akan Anda dapatkan, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan kerugian yang akan didapatkan. Kadang yang terlintas hanya yang enak-enak saja, namun kerugiannya pun harus diperhatikan. Berikut ini adalah kerugian asuransi pendidikan yang wajib untuk Anda pertimbangkan:

Pembayaran Premi Relatif Lama

Pembayaran premi relatif lama ini bisa menjadi keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak. Meski disebut memiliki pembayaran premi yang lama namun masa minimal pembayaran premi ini lebih singkat dibandingkan dengan asuransi yang lainnya terutama pembayaran premi asuransi jiwa. Minimal pembayaran premi untuk asuransi pendidikan adalah selama 5 tahun, sehingga selama 5 tahun tersebut Anda harus membayar premi secara continue atau berkelanjutan.

Nilai Investasi yang Kecil

Asuransi pendidikan merupakan gabungan antara asuransi jiwa dan juga asuransi investasi. Asuransi pendidikan yang digabung dengan investasi memiliki kerugian berupa hasil investasi yang kecil. Sehingga hasil investasi dari asuransi pendidikan yang dijalani tidak pasti, kadang bisa naik dan juga bisa turun. Jika naik maka bisa mendapatkan investasi yang besar, jika turun maka nilai investasinya bisa menurun. Oleh sebab itu ketika Anda akan mengikuti asuransi pendidikan sebaiknya Anda mantapkan niat, jika Anda mengikuti asuransi ini untuk melindungi Anda dan juga anak Anda  bukan untuk melakukan investasi.

Klaim yang Tidak Fleksibel

iklan

Jika Anda mengikuti asuransi pendidikan murni kerugian yang akan didapatkan adalah pencairan dana atau klaim yang tidak fleksibel sehingga dana yang Anda simpan di asuransi tidak akan bisa diambil sewaktu-waktu. Oleh sebab itu sebaiknya Anda bertanya kepada pihak asuransi apakah pencairan dana klaimnya fleksibel atau tidak. Jika tidak fleksibel maka dana tersebut hanya bisa diambil saat anak akan masuk sekolah saja.

Keuntungan akan didapatkan jika Anda memilih perusahaan asuransi yang memiliki catatan  yang bagus. Tidak hanya bagus dalam produknya saja namun juga bagus dalam hal pelayanan. Sebab jika pelayanan kurang memuaskan maka Anda akan merasakan tidak nyaman menjadi nasabah di asuransi tersebut. Semoga keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak yang sudah dijelaskan diatas bisa memberikan Anda sedikit gambaran tentang asuransi pendidikan.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

asuransi pendidikan -keuntungan asuransi pendidikan -manfaat asuransi pendidikan -kerugian asuransi pendidikan -untung rugi asuransi pendidikan -jelaskan kelebihan dan kelemahan asuransi -manfaat dan kerugian asuransi -keuntungan ikut asuransi pendidikan -kelebihan dan kekurangan asuransi pendidikan -asuransi pendidikan prudential -

Tags: apa saja keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan anak

Posting Terkait "9 Keuntungan dan Kerugian Asuransi Pendidikan Anak"

6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang

Tinggalkan pesan "9 Keuntungan dan Kerugian Asuransi Pendidikan Anak"