9 Cara Kredit Rumah dengan Gaji Kecil Paling Mudah

Cara kredit rumah dengan gaji kecil – Memiliki rumah adalah impian semua orang, sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkannya. Diperlukan waktu bertahun-tahun untuk bisa mendapatkan rumah impian tersebut. Rumah adalah investasi jangka panjang dimana untuk mendapatkannya membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Selama ini banyak orang menganggap hanya yang bergaji besar saja yang bisa memiliki rumah namun anggapan tersebut tidak selamanya benar sebab nyatanya orang dengan gaji kecil pun bisa memiliki rumah idaman ini. Minimal dengan gaji 3 juta sampai dengan 5 juta rumah idaman bisa didapatkan. Meski begitu ada beberapa trik atau cara yang harus dilakukan agar kredit rumah ini dapat berjalan dengan lancar. Bagi yang ingin memiliki rumah, simak cara kredit rumah dengan gaji kecil berikut ini:

Menentukan Harga Rumah yang Ingin Dibeli

KPR Rumah

KPR Rumah

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa mendapatkan rumah impian Anda adalah menentukan berapa harga rumah yang ingin Anda beli. Menentukan harga rumah untuk kredit ini sangat penting sebab ke depannya Anda harus bisa menyesuaikan angka cicilan kredit dengan gaji Anda. Jangan sampai nantinya Anda salah dalam menentukan harga rumah impian ini sebab bisa membuat finansial menjadi terganggu. Sebab harga rumah akan menentukan besarnya cicilan rumah. Semakin mahal harga rumah tersebut maka cicilannya pun akan semakin besar. Untuk yang gajinya pas-pasan atau kecil sebaiknya memilih rumah dengan tipe minimalis, sebab rumah ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan tipe rumah lainnya.

Mulai Menabung

mulai menabung

mulai menabung

Rencana akan sia-sia jika hanya sebatas rencana saja, oleh sebab itu lakukanlah action mulai sekarang juga. Cara kredit rumah dengan gaji kecil yang utama sebaiknya Anda mulai menabung sekarang juga. Sebab kredit rumah tersebut tidak akan pernah bisa terlaksana jika Anda tidak memiliki uang untuk melakukan DP atau deposit rumah yang akan Anda jadikan tempat tinggal. Konsisten dalam menabung sangat diperlukan agar rumah impian Anda segera terwujud. Setidaknya setiap satu bulan sekali Anda menyisihkan pendapatan Anda untuk ditabung dan nantinya bisa dijadikan sebagai DP rumah. Sekitar 20 persen dari pendapatan harus disisihkan setiap satu bulan sekali berturut-turut sampai uang tabungan Anda cukup untuk uang muka. Misalnya jika Anda memiliki gaji sekitar 3 juta rupiah, setiap bulannya menyisihkan uang 600 ribu untuk ditabung.

Mempertimbangkan Besar Deposit

deposit bank

deposit bank

Saat ini orang yang ingin melakukan kredit rumah sudah dimudahkan sebab besaran deposit yang harus dikeluarkan minimal 15% dari harga rumah dimana sebelumnya mencapai 30% rupiah. Pihak Bank sudah menentukan besarnya deposit yang harus Anda bayarkan untuk kriteria rumah yang akan Anda kredit sehingga pastikan jika nantinya uang yang Anda tabung tersebut cukup untuk membayar deposit.

Bunga Rendah

bunga rendah

bunga rendah

Jangan tergiur dengan deposit atau uang muka yang kecil, sebab bisa jadi ke depannya suku bunganya besar. Pilihlah kredit rumah atau KPR dengan suku bunga yang rendah. Cara kredit rumah dengan gaji kecil sangat penting sekali untuk mempertimbangkan suku bunga ini. Anda harus mencari bank yang menawarkan KPR dengan bunga yang rendah. Bandingkanlah produk yang ditawarkan oleh masing-masing bank kemudian pilihlah yang bunganya paling rendah. Tiap bank memiliki besaran bunga yang berbeda-beda, tergantung dengan kebijakan masing-masing bank tersebut. Mengapa suku bunga ini penting untuk dipertimbangkan?, alasannya suku bunga tersebut akan berpengaruh secara langsung terhadap jumlah cicilan yang harus Anda setorkan setiap bulannya. Semakin besar suku bunganya semakin banyak jumlah angsuran yang harus Anda bayarkan.

Bank yang Terpercaya

Biasanya kredit perumahan ini hanya bisa dilakukan oleh bank. Agar tidak berisiko dan proses administrasi KPR tidak dipersulit, sebaiknya Anda memilih bank yang sudah terpercaya dalam pembelian KPR ini. Untuk mencari bank yang terpercaya ini Anda bisa mencari rekomendasi dari teman, sahabat atau tetangga yang pernah melakukan KPR ini. Lihatlah berapa banyak KPR yang telah berhasil di selesaikannya. Semakin banyak kredit  rumah yang berhasil diselesaikannya itu menandakan jika bank tersebut berkualitas dan juga kredibel. Jangan tergiur dengan cicilan yang murah dan rendah, namun pastikan bahwa bank dimana Anda akan mengambil KPR sudah terpercaya dan kredibel.

Produk KPR yang terkenal

Ada beberapa bank yang memiliki produk KPR yang terkenal oleh sebab itu ada baiknya jika Anda mengambil produk KPR tersebut. Sudah terkenal pasti sudah memiliki nama, berkualitas dan juga terpercaya sehingga tidak akan mengecewakan. Dibandingkan harus mengambil produk KPR yang belum tentu kualitas dan kredibilitasnya, pilihlah produk KPR yang sudah terkenal dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat.

Tetapkan Jangka Waktunya

jangka waktu KPR

jangka waktu KPR

Cara kredit rumah dengan gaji kecil yang tidak boleh diabaikan adalah menentukan jangka waktu berapa lama Anda akan mencicil rumah tersebut. Minimal kredit rumah atau pencicilan rumah dilakukan dengan jangka waktu selama 10 tahun sampai dengan 15 tahun. Dalam jangka waktu tersebut Anda juga harus menganalisa bagaimana pemasukan Anda nantinya apakah tetap aman atau justru menjadi terbengkalai. Ada baiknya ketika mengajukan kredit Anda sudah diangkat menjadi pegawai atau karyawan tetap, sehingga dalam jangka waktu tersebut jika ada masalah dengan perusahaan Anda bisa terhindar dari PHK.

Lokasi Rumah

lokasi rumah

lokasi rumah

Tentu bukan menjadi hal yang asing lagi jika semakin strategis properti tersebut semakin mahal harga properti. Contohnya saja harga sebidang tanah di kompleks pegunungan lebih murah dibandingkan dengan sebidang tanah yang ada di pusat kota, hal itu dikarenakan lokasi dari properti tersebut yang menentukan harga dari properti tersebut. Properti di pusat kota banyak yang membutuhkannya dibandingkan dengan properti yang ada di pegunungan sebab lokasi tersebut strategis untuk menuju satu tempat ke tempat lainnya lebih mudah. Begitu pula dengan rumah, semakin strategis letak rumah tersebut harganya bisa semakin mahal terutama yang berada di pusat kota. Jika memang dananya tidak mencukupi, Anda bisa memilih rumah yang berada di pinggiran kota karena harganya yang lebih murah atau terjangkau dibandingkan dengan yang berada di pusat kota.

Biaya Tambahan

plafond kredit

plafond kredit

Cara terakhir agar bisa melakukan kredit rumah dengan lancar adalah segera menyelesaikan biaya tambahan. Tidak hanya cicilan saja yang harus Anda pertimbangkan namun ada beberapa tambahan biaya yang harus diselesaikan agar kredit rumah bisa berjalan dengan lancar. Salah satu biaya tambahan yang harus segera diselesaikan adalah provisi dan juga administrasi. Provisi ini besarnya 1 persen dari plafon kredit dan sudah menjadi ketentuan dari bank pemberi kredit. Namun ada juga kebijakan bank yang hanya akan membebankan biaya administrasi dengan jumlah nominal yang sama yaitu 1 persen. Selain itu penerima kredit harus menyelesaikan biaya notaris, pajak bahkan asuransi jiwa. Tujuannya agar jika satu saat kreditor meninggal dunia pihak asuransi jiwa itulah yang akan membayar sisa cicilan KPR.

Demikianlah beberapa cara kredit rumah dengan gaji kecil yang bisa Anda pertimbangkan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

trik rumah kpr untuk gaji menengah -cara ambil cicilan rumah kpr dengan gaji rendah -cara bisa mendapatkan rumah impian -cara nyicil tanah dng uang sedikit -inhin kredit rumah lexil -Kredit rumah gaji pasan -kredit rumah kecul -

Tags: bagaimana Cara kredit rumah dengan gaji kecil Cara kredit rumah dengan gaji kecil Cara kredit rumah dengan gaji kecil dengan mudah tips Cara kredit rumah dengan gaji kecil trik Cara kredit rumah dengan gaji kecil

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "9 Cara Kredit Rumah dengan Gaji Kecil Paling Mudah"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan