9 Tips Kredit Motor Bekas dengan Aman

Tips kredit motor bekas – Jika Anda menganggap hanya barang baru saja yang bisa di kredit atau di cicil, anggapan tersebut salah besar. Karena pada kenyataannya banyak barang bekas yang pembeliannya bisa di kredit atau di cicil seperti motor bekas. Sama halnya dengan Smartphone, motor pun selalu mengeluarkan varian terbarunya. Hal tersebut membuat masyarakat selalu ingin menggunakan kendaraan yang up to date, akibatnya banyak yang menjual kendaraan motor lamanya ke pihak dealer dan menggantinya dengan motor yang baru. Ada beberapa dealer yang memberlakukan sistem kredit ini sebab mereka menyadari jika tidak menggunakan sistem kredit daya beli masyarakat menjadi menurun dan sepi peminat, berbeda jika masyarakat diberikan pilihan untuk membeli kendaraan bermotor dengan cara kredit. Meski telah diberikan kebebasan dalam pembayaran, mau tunai atau kredit, Anda yang aka mengajukan kredit kendaraan tersebut harus mengetahui seperti apa tips kredit motor bekas yang aman. Simak beberapa tipsnya berikut ini:

Teliti Sebelum Memilih

showroom bekas motor

showroom bekas motor

Ketika Anda akan membeli motor bekas sebaiknya Anda teliti sebelum membeli. Hal itu dikarenakan performa motor bekas berbeda dengan performa motor yang baru. Ada beberapa kelemahan motor bekas tersebut sehingga menjadi dijual. Jika memang alasan pemilik motor sebelumnya menjual motor tersebut karena bosan, Anda patut bersyukur karena hanya faktor kebosanan yang membuat motor tersebut dijual. Namun apa jadinya jika motor tersebut dijual karena faktor tertentu seperti rusak, dan memerlukan banyak perbaikan, tentu hal tersebut akan merugikan Anda. Tidak semua dealer atau kreditor mau jujur untuk mengungkapkan alasan yang sebenarnya mengapa motor tersebut dijual, sehingga Anda sendiri lah yang di tuntut untuk teliti.

Ajak Teman atau Saudara

ajak saudara

ajak saudara

Melakukan kredit motor bekas tidak semudah dengan membeli motor baru. Sebab motor yang di display tidak semuanya dalam kondisi yang prima. Oleh sebab itu ajaklah teman atau saudara Anda yang mengerti tentang kondisi mesin. Jika Anda masih awam tentang mesin motor sangat riskan sekali jika Anda membeli motor bekas dengan cara kredit seorang diri. Orang yang tahu tentang mesin pasti tahu mana mesin motor yang masih bagus dan mana yang memiliki mesin yang tidak bagus. Hanya dari suara, asap knalpot dan lain sebagainya mereka sudah tahu mana mesin yang memiliki performa bagus dan yang tidak.

Tes Kendaraan Bermotor

tes drive motor

tes drive motor

Jika memang belum yakin dengan motor yang akan dipilih, lakukanlah tes dengan cara mengemudikan motor tersebut. Sebab tidak akan efektif jika hanya didengarkan dari suaranya saja. Untuk bisa mengetahui performa motor yang bagus bisa dirasakan ketika motor tersebut digunakan di jalan raya.

Tangan Kedua

motor tangan pertama

motor tangan pertama

Tips kredit motor bekas yang harus dipertimbangkan selanjutnya adalah sebaiknya memilih kendaran bermotor dari pembeli tangan pertama, sehingga jika Anda membeli motor tersebut Anda menjadi tangan kedua yang memiliki motor tersebut. Banyak yang mengatakan semakin banyak tangan yang menggunakan motor tersebut mesin motor akan menjadi berubah peformanya berbeda jika yang menggunakan motor tersebut adalah tangan yang sama. Pembeli tangan pertama membeli motor baru di pihak dealer, kemudian dia menjual motor tersebut, kemudian orang yang kembali membelinya disebut dengan tangan kedua. Anda bisa membandingkan mesin kendaraan bermotor yang sering berpindah tangan dengan motor yang tidak pernah berpindah tangan, performa mesinnya akan lebih bagus yang tidak pernah berpindah tangan.

Dealer yang Memiliki Reputasi Baik

dealer dengan reputasi baik

dealer dengan reputasi baik

Tips kredit motor bekas yang aman adalah dengan mengambil kredit pada pihak dealer yang bersangkutan secara langsung. Tidak disarankan untuk mengambil kredit pada orang yang menawarkan jasa kredit sebab hal tersebut akan merugikan Anda. Selain itu pilihlah dealer yang memiliki reputasi baik atau bisa juga dari lembaga yang sudah terpercaya dalam pemberian kredit. Selama ini banyak orang yang tergoda untuk melakukan kredit dengan karena iming-iming angsuran yang murah namun ternyata bunga yang diberikan sangat besar. Sam saja hal tersebut akan membebani Anda. Selain memiliki reputasi yang baik, pilihlah dealer yang memiliki reputasi menjual motor bekas namun dengan kualitas yang bagus.

Perhatikan Suku Bunga

Tips kredit motor bekas yang harus diperhatikan adalah suku bunga. Dalam melakukan kredit selalu dibebankan suku bunga. Sehingga pilihlah dealer yang membebankan suku bunga yang rendah. Semakin besar bunga yang harus Anda tanggung semakin besar uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli motor bekas tersebut. Hal itu baru akan berasa jika Anda sudah melakukan total jumlah uang yang sudah Anda setorkan setiap bulannya dalam jangka waktu tertentu.

suku bunga baik

suku bunga baik

Pilihlah dealer yang juga memberlakukan fix rate kredit, yaitu suku bunganya tidak mengalami perubahan. Ada dealer yang tidak memberlakukan fix kredit ini sehingga suku bunganya berubah dan mengikuti perubahan suku bunga pada perbankan. Semakin sering suku bunga mengalami naik turun, semakin terbebani kondisi finansial Anda sehingga setiap bulannya tidak bisa memastikan berapa banyak angsuran yang harus Anda setorkan. Jika sudah fix rate maka angsuran yang Anda setorkan sama setiap bulannya.

Sesuai Kemampuan

sesuai kemampuan

sesuai kemampuan

Sama dengan kredit yang lainnya yaitu harus disesuaikan dengan kemampuan. Jangan terlalu memaksakan diri sebab jika memaksakan diri hal tersebut tidak bagus untuk Anda karena akan menghambat setoran angsuran tiap bulan. Oleh sebab itu sesuaikanlah dengan kemampuan Anda dan kondisi keuangan Anda. Jika Anda mampu untuk melakukan kredit dengan jangka waktu yang cepat, maka lakukanlah karena akan lebih meringankan dibandingkan dengan kredit yang jangka waktunya lama. Selain itu pilihlah uang muka yang sesuai dengan budget Anda. Pertimbangkan pula bagaimana kondisi keuangan Anda beberapa tahun ke depan apakah memungkinkan untuk melakukan pembayaran kredit tersebut atau tidak, sebab jangan sampai gara-gara kredit Anda menjadi terlilit hutang yang suit dilunasi.

Hindari Terlalu Konsumtif

koleksi motor di rumah

koleksi motor di rumah

Ada beberapa orang yang melakukan kredit kendaran bermotor hanya untuk koleksi semata sehingga perilakunya cenderung ke arah konsumtif. Oleh sebab itu sebelum melakukan kredit motor bekas pahami terlebih dahulu apa niat dan tujuan Anda membeli motor bekas tersebut. Apakah untuk usaha, kendaraan sehari-hari atau hanya untuk koleksi. Jika hanya untuk koleksi sebaiknya urungkan niat Anda.

Motor dengan Surat lengkap

Jangan hanya motor dengan kendaraan prima saja yang harus Anda pertimbangkan namun Anda juga harus membeli motor bekas yang memiliki surat-surat lengkap dan juga resmi yang sudah diterbitkan oleh pihak kepolisian misalnya saja adalah BPKB dan juga STNK. Jangan pernah mengambil kendaraan bermotor yang hanya ada STNK atau BPKBnya saja sebab nantinya akan menyulitkan Anda ketika akan memperpanjang STNK maupun ganti plat.

surat-stnk-motor

surat-stnk-motor

Ketika memutuskan akan membeli motor bekas dengan cara kredit semuanya harus dipertimbangkan dengan baik-baik. Semoga tips kredit motor bekas yang sudah dijelaskan diatas bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

tips kredit motor bekas -cara kredit motor bekas -kredit motor bekas -tips kredit motor -cara aman kredit motor bekas -cara kredit motor b -cara kredit motor bekas aman -Cara kredit di mokas -tips motor bekas sebagai infestasi -cara ngambil motor bekas -

Tags: bagaimana Tips kredit motor bekas Tips kredit motor bekas Tips kredit motor bekas secara kredit Tips kredit motor bekas second Tips kredit motor bekas yang aman

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "9 Tips Kredit Motor Bekas dengan Aman"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan