Cara Menabung Saham di Bursa Efek Indonesia

Cara Menabung Saham di BEI – Siapa sih yang tak kenal istilah menabung? Menabung merupakan salah satu budaya luhur yang telah ditanamkan sejak jaman dulu kala. Dulu, orang biasa menabung di celengan, sekarang orang lebih memilih menabung di bank karena alasan praktis dan keamanannya. Namun pernahkan Anda mendengar istilah nabung saham atau tabungan saham? Apa konsepnya sama dengan cara menabung emas?

Saya pribadi baru mendengar istilah nabung saham setelah ada salah seorang pembaca yang menanyakan cara menabung saham di BEI (Bursa Efek Indonesia) di kolom komentar beberapa waktu yang lalu. Setelah mencari info sana-sini, ternyata nabung saham ini adalah salah satu program kampanye BEI ” ayo nabung saham ” untuk mengajak masyarakat untuk mulai berinvestasi saham dengan membeli saham secara rutin dan berkala seperti layaknya kita menabung uang di bank.

Setelah menyimak penjelasan yang ada di situs BEI, yuknabungsaham.idx.co.id, sebetulnya cara menabung saham di BEI hampir sama dengan cara memulai investasi saham pada umumnya. Yang berbeda adalah, untuk menabung saham ini Anda dapat menyetorkan sejumlah uang secara rutin kemudian bila uangnya sudah mencukupi baru dapat dibelikan saham. Perlu Anda ketahui satuan pembelian saham terkecil adalah 1 lot atau 100 lembar.

Program Yuk Nabung Saham dari BEI ini bertujuan mengubah kebiasaan masyarakat dari menabung yang hanya untuk simpanan menjadi menabung untuk investasi dengan memiliki saham ataupun reksadana.

Jadi ada beberapa cara membeli saham di BEI, yaitu membelinya sejumlah uang yang dimiliki dan menabung uang dulu lalu dibelikan saham saat saldonya mencukupi.

Walaupun BEI merupakan sebuah pasar modal yang menyediakan transaksi jual beli saham, namun pada prakteknya tetap diperlukan broker saham / pialang saham yang biasanya berupa bank, lembaga keuangan, ataupun perusahaan sekuritas yang bekerjasama dengan  BEI. Jadi cara menabung saham di BEI ini maksudnya adalah cara menabung saham di bank ataupun lembaga keuangan lainnya yang bekerjasama dengan BEI. Bagaimana cara nabung saham online?

cara menabung saham di BEI

cara menabung saham di BEI (image: hdfclife.com)

Langkah Mudah Cara Menabung Saham di Bursa Efek Indonesia

Berikut ini adalah beberapa langkah nabung saham untuk memiliki sejumlah saham yang diperjualbelikan di BEI .

Memilih Perusahaan Sekuritas

Untuk memulai menabung saham di BEI maka Anda harus memilih perusahaan sekuritas yang bekerjasama / menjadi partner YukNabungSaham (YNS). Untuk melihat daftar perusahaan sekuritas yang menjadi partner bisa dilihat di yuknabungsaham.idx.co.id/perusahaan-sekuritas.

Walaupun untuk mendaftar bisa dilakukan secara online, namun sebaiknya Anda memilih perusahaan sekuritas yang lokasinya mudah dijangkau.

Membuka Rekening Efek / Rekening Saham

Seperti halnya menabung uang di bank, untuk menabung saham pun diperlukan membuka rekening efek di perusahaan sekuritas yang Anda pilih.

Tentukan Nominal Dana yang Disisihkan untuk Nabung Saham

Pada program ini, Anda dapat memulai investasi saham dengan nominal yang sangat minim misalnya 100 ribu rupiah. Oleh karena itu program YNS ini dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa, atau orang-orang yang memiliki penghasilan tidak terlalu besar.

Tentukan Saham Yang Ingin Ditabung

Anda tentu saja diberi kebebasan untuk memilih saham BEI yang ingin dimiliki. Namun bila Anda bingung dan masih pemula, manfaatkan fasilitas konsultasi dengan broker / perusahaan sekuritas menenai emiten / saham mana yang memiliki kinerja baik dan cocok Anda pilih dalam menabung saham. Anda pun dapat melihat daftar saham online yang disediakan pada situs BEI.

Setor Dana Secara Rutin

Agar jumlah saham yang Anda miliki terus bertambah, jangan lupa untuk terus menyetorkan sejumlah dana setiap bulannya yang dapat Anda gunakan untuk membeli saham. Inilah kunci sukses memiliki tabungan saham yang besar.

Apa Saja Syarat Menabung Saham BEI?

Sebetulnya tidak ada persyaratan khusus dalam menabung saham di bank ataupun perusahaan sekuritas BEI. Yang diperlukan hanyalah kartu identitas diri untuk membuka rekening efek. Calon nasabah yang bukan karyawan tetap ataupu masih berupa pelajar tetap dapat mengikut program Nabung Saham BEI asalkan memiliki KTP.

Berikut ini adalah persyaratan yang diperlukan dalam membuka rekening efek, yaitu:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP (jika tidak ada, harap melampirkan NPWP orang tua atau suami)
  • Fotokopi halaman depan buku tabungan
  • Materai 6 ribu minimal 2 buah

Keuntungan Menabung Saham

Masih ragu untuk memiliki tabungan saham? Yuk simak beberapa manfaat memiliki saham dengan cara menabung, yaitu:

  • Tidak diperlukan modal besar untuk memulai investasi saham, karena membuka rekening tabungan saham hanya diperlukan setoran awal hanya 100 ribu rupiah saja.
  • Program  Ayo Nabung  Saham ini dapat diikuti oleh siapa saja, oleh semua kalangan, bahkan pelajar pun bisa memiliki saham asalkan sudah memiliki KTP saja.
  • Saat sudah memiliki saham maka Anda memiliki 2 keuntungan yaitu capital gain (keuntungan dari selisih jual beli) dan dividen (berupa profit perusahaan tahunan).

Tips Menabung Saham Yang Efektif

Berhubung program Yuk Nabung Saham merupakan cara memiliki saham dengan modal kecil dan sangat cocok untuk pemula, maka ada beberapa tips yang perlu diikuti agar cara menabung saham di bank atau perusahaan sekuritas yang Anda lakukan berjalan efektif dan tetap menguntungkan …

Niatkan Untuk Jangka Panjang

Investasi saham sangat cocok untuk tujuan investasi jangka panjang. Dengan menabung saham yang dilakukan secara rutin dan teratur maka Anda pun akan merasakan manfaat investasi saham di masa yang akan datang.

Gunakan Konsep “Buy and Forget” / Beli dan Lupakan

Karena jumlah saham yang Anda miliki tidak terlalu banyak pada awalnya, maka setelah membelinya cukup lupakan. Percayakan semua pada perusahaan sekuritas Anda. Hal ini penting agar Anda tidak menghabiskan energi untuk jumlah yang sedikit ini.

Hindari Trading – Bila Anda seorang pemula apalagi dengan jumlah saham yang sedikit sebaiknya lupakan minat Anda untuk melakukan trading saham. Diperlukan skill tertentu untuk melakukan trading saham online.

Penutup

Di atas sudah dijelaskan cara menabung saham di bank dan perusahaan sekuritas yang bekerja sama dengan BEI. Membuka rekening tabungan saham, KTP, dan setoran awal merupakan beberapa syarat nabung saham yang perlu disiapkan

Keuntungan menabung saham yang utama adalah memberikan kesempatan pada masyarakat untuk memiliki saham dengan modal terbatas. Nah agar  progam ayo nabung saham ini memberikan keuntungan yang besar dapat diikuti beberapa tips menabung saham yang efektif yang telah dijelaskan di atas.

Semoga manfaat program ini dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat. Semoga bermanfaat ..

Загрузка...

Tags: Cara Menabung Saham Syarat Menabung Saham Tips Menabung Saham

author
Penulis: 
Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.
  1. author

    Fina Muktiyani3 tahun agoBalas

    Cara menabung daftar

    • author

      carainvestasibisnis (Penulis)3 tahun agoBalas

      Cara nabung saham ya daftar di perusahaan sekuritas yg kerjasama dengan BEI. Anda bisa memilih perusahaan sekuritas yg mudah “dijangkau” dari sekian banyak perusahaan yg terdaftar pada situs yuknabungsaham.idx.co.id/perusahaan-sekuritas. Silahkan dicoba ..

  2. author

    Zonkeu2 tahun agoBalas

    pengen juga mau belajar investasi saham, kayaknya menjanjikan hasilnya

  3. author

    Royandi Gunawan Sihombing2 tahun agoBalas

    Saya dari timika papua, saya mahasiswa dari STIE JAMBATAN BULAN TIMIKA PAPUA, kebetulan galeri BEI ini ada di buka dikampus saya dan satu satunya di kabupaten Mimika Papua tempat saya, dilihat dari hasil seminar yang dilakukan oleh pihak BEI yang hadir sih, untuk prosfek investasi saham jangka panjang cukup menarik, terlebih katanya bisa diwariskan juga.

    • author

      carainvestasibisnis (Penulis)2 tahun agoBalas

      Iya betul invrstasi saham memang menggiurkan, keuntungan berlipat bisa saja diperoleh dgn investasi saham jangka panjang. Apalagi skrg ada opsi menabung saham di bank untuk membeli saham BEI. Sekarang, investasi saham tidak hanya untuk golongan tertentu tetapi bisa untuk semua kalangan termasuk pelajar. Salam sukses buat agan!

  4. author

    lupawolo1 tahun agoBalas

    Aku gk ngerti cara nabung saham, terus untungnya gimana? sya baru pemula tetapi tertarik untuk mengetahuinya dan belajar.

    • author

      carainvestasibisnis (Penulis)1 tahun agoBalas

      Untuk cara menabung saham silahkan baca lagi artikel di atas. Sementara untuk keuntungan bisa diperoleh dari 2 cara yaitu keuntungan mendapatkan dividen (profit bisnis dari perusahaan yg dibeli sahamnya) & keuntungan dari selisih jual beli saham. Untuk lebih jelasnya silahkan baca keuntungan dan kerugian investasi saham. Namun perlu diingat bahwa investasi saham sebaiknya dilakukan untuk jangka panjang & merupakan jenis investasi high risk high return. Salam sukses buat agan !

      • author

        Sri Mulyati1 tahun agoBalas

        Kalo misalnya nabung ke bank nya langsung bisa? saya sudah coba membuka tabungan saham tapi gagal terus.

        • author

          carainvestasibisnis (Penulis)1 tahun agoBalas

          Iya membuka tabungan saham bisa dilakukan di bank seperti bni, mandiri dll namun perlu diingat tidak semua bank bekerja sama sebagai penjual saham / perusahaan sekuritas. Jadi untuk memastikan bank mana atau cabang mana yg bekerja sama silahkan cek ke situs BEI menggunakan link yg ada di artikel atas. Salam sukses ka!

      • author

        Sri Mulyati1 tahun agoBalas

        kalo datang ke banknya langsung bisa nggak kalo mo buka rekaning nabung saham? saya sudah mencoba lewat online, tapi gagal terus.

  5. author

    wilman1 tahun agoBalas

    Program Yuk Menabung Saham ini apakah sama dengan reksadana ya gan ?

    • author

      carainvestasibisnis (Penulis)1 tahun agoBalas

      Beda gan, karena program menabung saham ini khusus untuk membeli saham BEI dengan cara lebih mudah & terjangkau. Saham kan beda dengan reksadana 🙂

Berikan komentar