8 Tips Berbisnis Kuliner Yang Wajib Kamu Coba

Tips Berbisnis Kuliner- Memiliki suatu bisnis sendiri mungkin menjadi dambaan hampir setiap orang. Terdapat bidang bisnis yang dapat anda geluti, salah satunya kuliner. Bisnis kuliner ini memang selalu menjadi perhatian para entrepreneur karena memiliki prospek yang menjanjikan. Nah, bagi anda yang tertarik membuka bisnis kuliner, berikut 8 tips berbisnis kuliner.

Mengetahui komponen harga

Berbisnis Kuliner

Berbisnis Kuliner

Tips berbisnis kuliner yang pertama adalah mengetahui komponen harga. Komponen harga yang dimaksud disini adalah harga bahan-bahan makanan. Anda harus mengetahui beragam harga bahan-bahan untuk pembuatan makanan yang akan anda jual. Harga bahan-bahan tersebut pun anda catat dan buatkan list. Tidak hanya itu saja, anda juga harus mempersiapkan jika harga bahan makanan naik. Setelah anda mengetahui beragam harga bahan tersebut maka selanjutnya anda dapat membuat suatu perhitungan dan kalkulasi. Dengan membuat suatu perhitungan dan kalkulasi tersebut maka akan sangat berguna untuk mengatur manajemen keuangan bisnis kuliner anda.

Memilih supplier yang tepat

Tips berbisnis kuliner selanjutnya adalah memilih supplier yang tepat. Bahan-bahan yang digunakan untuk mengolah makanan yang akan anda jual tentunya memiliki pengaruh yang besar terhadap cita rasa dan kualitas makanan anda. Oleh sebab itu anda harus memastikan bahwa bahan-bahan makanan yang akan anda gunakan sudah sesuai standar. Dalam menyediakan bahan makanan tersebut anda pun harus memiliki supplier sehingga kualitas bahan makanan sudah sesuai dengan keinginan anda. Namun anda juga harus behati-hati dalam memilih supplier agar supplier tersebut dapat secara konsisten menjaga kualitas bahan-bahan makanan.

Memiliki konsep menarik

Berbisnis Kuliner

Berbisnis Kuliner

Jika anda ingin memulai bisnis kuliner, maka anda harus memiliki konsep yang menarik. Konsep yang meraik tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Gunakanlah kreativitas anda untuk membuat suatu konsep terhadap bisnis kuliner anda agar bisnis kuliner anda original, unik, dan berbeda dari yang lain. Jika bisnis kuliner anda memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya menarik, maka orang pun akan semakin penasaran dan ingin mencoba makanan yang anda jual. Konsep yang menraik tersebut misalnya dari pemilihan nama usaha, nama makanan, sampai dekorasi tempat usaha anda. Terlebih lagi sekarang ini masyarakat sangat menyukai hal yang baru dan sudah bosan dengan kuliner yang biasa-biasa saja.

Menentukan target konsumen

Menentukan target konsumen juga merupakan salah satu tips berbisnis kuliner yang penting. Menentukan target konsumen ini merupakan suatu panduan untuk menentukan strategi pasar. Misalnya anda ingin bisnis kuliner anda ditujukkan untuk anak muda, keluarga, sosialita, masyarakat umum, dan lain sebagainya. Jadi disini anda harus bisa memahami kriteria konsumen anda, misalnya untuk anak muda atau mahasiswa, anda harus menyesuaikannya dengan harga yang terjangkau. Setelah anda menentukan target konsumen tersebut selanjutnya anda dapat menentukan strategi untuk ke depannya. Selain itu penentuan target konsumen ini sangat membantu untuk menentukan kemana arah bisnis kuliner anda serta inovasi apa saja yang harus anda lakukan.

Memilih Lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis

Berikutnya anda juga harus dapat memilih lokasi yang strategis. Lokasi sangat penting karena akan menentukan banyaknya konsumen yang datang ke tempat usaha anda. Carilah lokasi yang ramai dilewati orang-orang, misalnya di dekat perkantoran, kampus, di tengah kota, food court, dan lain sebagainya. Jangan sampai bisnis kuliner anda berlokasi di daerah antah berantah, misalnya di gang-gang, tempat yang sepi, atau tempat yang sulit dijangkau. Jangan sampai anda kehilangan konsumen hanya karena lokasi anda tidak strategis.

Promosi/pemasaran

Promosi juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya jika anda ingin bisnis kuliner anda sukses. Dalam mempromosikan bisnis anda ini maka anda juga harus memiliki strategi yang jitu seperti memanfaatkan internet. Perkembangan pengguna internet yang semakin signifikan membuat anda memiliki peluang untuk dapat mempromosikan bisnis anda melalui internet. Anda dapat membuat website atau media sosial seperti instagram untuk mempromosikan bisnis anda. Usahakan anda dapat membuat konten yang menarik perhatian konsumen. Selain itu anda juga dapat melakukan endorse kepada food blogger. Seperti yang kita ketahui food blogger merupakan strategi promosi yang efektif sekarang ini. Anda juga dapat memberikan promo-promo menarik agar konsumen tertarik untuk membeli makanan anda, misalnya promo pelajar dan promo ulang tahun.

Menjaaga reputasi

Agar bisnis kuliner anda dapat bertahan lama dan mendapat rating yang baik di mata para konsumen, maka anda harus bisa menjaga reputasi bisnis anda. Untuk menjaga reputasi tersebut dapat dilakukan melalui pelayanan yang baik, kualitas makanan yang enak dan bersih, serta tempat yang nyaman dan bersih. Jangan sedikit pun anda mengecewakan konsumen karena akan membuat konsumen kehilangan kepercayaan terhadap anda. Oleh sebab itu jagalah dengan baik reputasi bisnis anda agar semakin banyak konsumen yang tertarik dan berkunjung.

Delivery dan partnership

Delivery dan partnership

Delivery dan partnership

Banyak konsumen yang sibuk atau “mager” untuk membeli makan dengan datang langsung ke tempat. Nah, agar anda tidak kehilangan konsumen karena kondisi seperti itu maka anda dapat membuat sistem delivery. Selain itu anda juga dapat melakukan partnership dengan ojek online yang sekarang sedang marak untuk mengantarkan makanan. Dengan adanya sistem yang seperti ini maka konsumen pun tetap dapat menjangkau anda dan usaha anda akan berkembang serta tidak ketinggalan jaman.

Jenis bisnis kuliner

Bagi anda yang ingin membuka bisnis kuliner, terdapat beberapa jenis bisnis kuliner yang dapat anda jalankan. Hal ini tentunya harus sesuai engan selera dan target pasar anda. Nah, berikut jenis-jenis bisnis kuliner yang dapat menjadi referensi anda.

Katering

Katering tentu bukan bisnis kuliner yang asing lagi di telinga anda. Bisnis kuliner katering ini merupakan suatu jenis bisnis kuliner yang melayani pesanan berbagai macam masakan. Biasanya catering ini digunakan untuk acara-acara tertentu seperti hajatan, reunian, pernikahan, arisan, dan lain sebagainya. Pada umumnya orang menggunakan jasa katering ini karena tidak memiliki waktu untuk memasak makanan dalam jumlah yang besar untuk para tamu undangan. Nah, bisnis kuliner yang satu ini juga memiliki omset yang besar.

Kedai makan

Bagi anda yang ingin membuka bisnis kuliner secara sederhana, maka kedai makan merupakan jenis bisnis kuliner yang tepat untuk anda. Kedai makan ini umumnya tidak terlalu besar. Anda dapat menyajikan beragam menu makanan dan minuman yang sama setiap harinya. Kedai makan ini sangat cocok dibuka di sekitar kampus atau perkantoran karena biasanya mahasiswa dan pegawai kantoran ingin lebih hemat tapi juga tetap kenyang.

Restoran

Modal yang dibutuhkan untuk membuka restoran memang agak lebih besar dibandingkan jenis bisnis kuliner yang lainnya. Jika anda ingin membuka bisnis kuliner restoran maka anda harus menentukan jenis makanan yang akan anda jual, misalnya makanan asia, western, dan lainnya. Selain itu anda juga harus memperkerjakan karyawan untuk menjalankan bisnis restoran anda tersebut.

Café

Café juga merupakan salah satu jenis bisnis kuliner yang sedang marak. Umumnya cafe lebih memiliki menu yang sedikit dibandingkan restoran. Kebanyakan orang datang ke café adalah untuk sekedar hang out bersama teman atau mengerjakan tugas. Oleh sebab itu lengkapi café anda dengan wifi agar semakin menarik konsumen.

Jadi itulah 8 Tips Berbisnis Kuliner agar menjadi bisnis yang sukses. Semoga informasi ini dapat menginspirasi anda.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis kuliner yang menjanjikan -cara mempromosikan usaha catering -tips investasi kuliner dengan keluarga besar -tips untuk berbisnis kuliner -

Tags: Tips Berbisnis Kuliner Tips Berbisnis Kuliner ayam goreng Tips Berbisnis Kuliner bagi pemula Tips Berbisnis Kuliner online

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "8 Tips Berbisnis Kuliner Yang Wajib Kamu Coba"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan