8 Plus Minus Bisnis Kuliner serta Tips bagi Pemula

Plus Minus Bisnis Kuliner- Bisnis kuliner merupakan salah satu bidang usaha yang sedang marak dijalankan. Dikatakan bahwa bisnis kuliner ini memiliki prospek yang baik dan sangat menjanjikan. Namun ternyata layaknya bisnis pada umumnya, bisnis kuliner ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut plus minus bisnis kuliner serta tips-tips untuk anda.

Kelebihan

Bisnis kuliner pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan, Plus minus bisnis kuliner tersebut tentu tidak dapat dihindari oleh anda. Berbicara mengenai plus minus bisnis kuliner, berikut kelebihan atau nilai plus yang ditawarkan jika anda memiliki bisnis kuliner.

Jumlah konsumen tidak terbatas

 bisnis kuliner

bisnis kuliner

Salah satu kelebihan bisnis kuliner adalah jumlah konsumen yang tidak terbatas. Makan merupakan kebutuhan pokok manusia, maka setiap orang pasti membutuhkan makanan kapan pun dan dimana  pun. Nah, hal inilah yang membuat bisnis kuliner memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Terlebih lagi untuk bisnis kuliner restoran atau café, biasanya orang-orang tidak hanya sekedar mengisi perut saja tapi juga mengadakan berbagai acara seperti reunian atau meeting. Restoran atau café menjadi sasaran utama karena orang-orang dapat dengan santai berkumpul dengan keluarga, teman, bahkan untuk membicarakan masalah pekerjaan.

Modal fleksibel

Untuk membuka bisnis kuliner maka modal yang dibutuhkan pun fleksibel. Jika anda ingin membuka bisnis kecil-kecilan, maka modal yang anda perlukan pun tidak besar. Begitu pula jika anda ingin membuka bisnis kuliner yang besar, maka modal yang anda perlukan juga besar. Jadi dengan kata lain untuk memulai bisnis kuliner ini anda dapat memulainya dengan modal yang kecil maupun modal yang besar.

Peluang kentungan yang besar

keuntungan bisnis

keuntungan bisnis

Kelebihan lainnya dari bisnis kuliner adalah peluang keuntungan yang besar. Hal ini tentunya dikarenakan bisnis kuliner dijajakan setiap hari, maka keuntungan pun akan dihitung per harinya. Keuntungan yang didaptkan dari bisnis kuliner ini juga bisa melebihi modal anda. Selain itu peluang keuntungan yang besar tersebut bisa didapatkan dari perputaran uang setiap harinya.

Bisnis jangka panjang

Selanjutnya bisnis kuliner ini juga merupakan bisnis jangka panjang. Dikarenakan peluang keuntungan yang besar, maka bisnis kuliner ini dapat bertahan lama dan menjadi salah satu sumber pemasukan utama anda. Dengan jangka waktu yang panjang tersebut maka anda berkesempatan untuk memperbesar usaha anda atau melakukan ekspansi. Misalnya saja dengan cara membuka franchise di kota lain. Hal ini tentunya akan membuat bisnis kuliner anda semakin berkembang dan anda pun dapat meraih keuntungan yang lebih besar lagi.

Kelemahan

Selain kelebihan yang sudah disebutkan di atas, bisnis kuliner juga tentunya memiliki kelemahan. Bagi anda yang ingin berkecimpung di dunia bisnis kuliner maka anda harus siap untuk mengahadapi kelemahan tersebut. Nah, berikut kelemahan dari bisnis kuliner.

Banyak saingan

Salah satu kelemahan bisnis kuliner adalah banyak saingan. Setiap orang tentunya membutuhkan makan, maka peluang inilah  yang selalu dimanfaatkan orang untuk membuka bisnis kuliner. Oleh sebab itu anda pun harus siap-siap bersaing dengan bisnis kuliner lainnya. Namun pesaing anda dalam bisnis kuliner ini dapat menjadi suatu tolak ukur agar anda dapat berinovasi serta membuat kualitas bisnis anda semakin baik. Dalam hal ini anda juga memerlukan kreativitas agar bisnis anda menjadi unik dan beda dari lainnya sehingga bisnis kuliner anda dapat bertahan dalam persaingan dan tidak kehilangan konsumen.

Tanggal kadaluarsa makanan

makanan kadaluarsa

makanan kadaluarsa

Dikarenakan ini merupakan bisnis kuliner, maka tentunya anda membutuhkan bahan-bahan makanan. Bahan-bahan makanan tersebut pun memiliki tanggal kadaluarsa. Misalnya untuk bahan makanan segar hanya bertahan selama beberapa hari. Hal ini yang kemudian membuat anda harus mencapai target dan menghabiskan makanan anda tersebut sebelum tanggal kadaluarsa. Karena kalau tidak maka akan mubazir dan anda pun akan rugi.

Pemborosan belanja bahan baku

Kelemahan dari bisnis kuliner selanjutnya adalah pemborosan belanja bahan baku. Hal ini dapat disebabkan karena tingginya harga bahan baku atau harga baku yang menjadi naik. Pemborosan belanja bahan baku ini tentunya akan berdampak kepada kerugian bagi bisnis kuliner anda. Ditambah lagi jika dalam satu hari tersebut jumlah bahan baku yang anda perlukan sangat banyak.

Banyak pinjaman

Bisnis kuliner yang besar tentunya membutuhkan modal yang besar juga. Rata-rata orang yang ingin memulai bisnis kuliner besar tersebut harus meminjam uang untuk modal. Dengan pinjaman modal tersebut maka pelau usaha juga harus membayarkan bunga pinjaman. Nah, hal ini sering kali membuat para pelaku usaha tidak fokus dalam menajajakan usahanya dan lebih fokus untuk membayar pinjaman sehingga melupakan strategi jualan. Hal ini akan berdampak pada kerugian yang besar. Di samping itu juga kerugian yang dialami akan membuat pelaku usaha meminjam uang lagi agar usahanya tidak bangkrut. Maka dengan demikian bisnis kuliner ini akan membuat anda memiliki banyak pinjaman.

Tips untuk memulai bisnis kuliner

Setiap pelaku usaha dalam bisnis kuliner pasti ingin bisnisnya tersebut laris manis dan bertahan. Nah, bagi anda yang ingin memulai bisnis kuliner, terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan. Berikut tips-tips untuk anda jika ingin memulai bisnis kuliner.

Konsep yang menarik

konsep kuliner menarik

konsep kuliner menarik

Salah satu hal yang harus anda perhatikan jika anda ingin memulai bisnis di bidang kuliner adalah memiliki konsep yang menarik. Sekarang ini orang-orang sudah bosan dengan makanan yang biasa-biasa saja. Hal ini yang kemudian menjadi peluang anda untuk membuat bisnis kuliner anda dengan konsep yang unik, original, dan berbeda dari yang lainnya. Jika bisnis kuliner anda sudah memiliki ciri khas tersendiri, maka orang akan penasaran dan tertarik untuk membeli makanan anda. Konsep yang menarik tersebut misalnya pada pemilihan nama usaha, nama menu, packaging makanan, dan dekorasi tempat usaha anda.

Bahan baku

Setelah anda memiliki konsep untuk bisnis kuliner anda maka selanjutnya anda harus mengetahui bahan-bahan makanan apa saja yang anda perlukan. Disini anda harus membuat daftar atau list beserta dengan harga dari setiap bahan-bahan tersebut. Setelah membuat daftar bahan baku, maka anda harus membuat perhitungan. Perhitungan tersebut dapat berguna untuk mengatur manajemen keuangan bisnis kuliner anda. Selain itu juga anda harus bisa memilih supplier yang tepat sehingga kualitas makanan anda terjaga dan sesuai dengan standard operasional.

Perlengkapan

Dalam membuka suatu bisnis kuliner tentunya anda memerlukan perlengkapan usaha. Anda harus mempersiapkan perlengkapan yang menunjang bisnis kuliner anda ini. Misalnya saja peralatan makan, perlatan masak, meja, kursi, dan lainnya.

Lokasi

konsep kuliner menarik pembeli

konsep kuliner menarik pembeli

Lokasi juga memainkan peranan yang sangat penting jika anda ingin bisnis kuliner anda laris manis. Carilah lokasi yang strategis yaitu yang ramai dilewati orang. Jangan memilih tempat yang sulit dijangkau dan sepi.

Promosi

Hal yang tidak kalah pentingnya terlepas dari plus minus bisnis kuliner ini adalah promosi. Terdapat banyak strategi promosi yang anda dapat lakukan misalnya melalui internet seperti website dan media sosial. Manfaatkanlah perkembangan teknologi dan trend masa kini untuk memperomosikan bisnis anda.

Itulah 8 plus minus bisnis kuliner beserta tips-tips untuk anda yang ingin memulai bisnis kuliner. Yang terpenting adalah selalu optimis dan jangan menyerah dalam menggeluti dunia bisnis.

 

 

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kelemahan usaha kuliner -kelemahan bisnis kuliner -kelebihan dan kekurangan restoran -kelebihan usaha makanan -keuntungan usaha kuliner -kelemahan dan kelebihan usaha makanan -kelebihan dan kekurangan rumah makan -kelebihan Dan kekurangan cafe -kelebihan dan kekurangan usaha kuliner -kelemahan cafe -

Tags: apa saja Plus minus bisnis kuliner Plus minus bisnis kuliner Plus minus bisnis kuliner indonesia Plus minus bisnis kuliner yang wajib Anda tahu

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "8 Plus Minus Bisnis Kuliner serta Tips bagi Pemula"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan