Usaha Franchise Minimarket: Keuntungan dan Kekurangannya

Usaha franchise minimarket- Usaha franchise mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Salah satu jenis franchise yang marak adalah franchise minimarket. Keberadaan minimarket tentu sangat dirasa manfaatnya oleh masyarakat. Nah, bagi anda yang ingin berbisnis, bisnis franchise minimarket ini dapat anda jadikan pilihan. Berikut informasi seputar franchise minimarket beserta keuntungan dan kekurangannya.

Apa itu franchise minimarket?

franchise minimarket

franchise minimarket

Usaha franchise atau yang disebut sebagai usaha waralaba adalah usaha yang menggunakan metode distribusi barang atau jasa. Dengan kata lain franchise ini merupakan suatu hak khusus yang dimiliki oleh orang perorangan atau badan usaha dalam memasarkan suatu barang atau jasa berdasarkan perjanjian waralaba. Pada usaha franchise ini terdapat franchisor yaitu pihak yang menjual atau meminjamkan hak dagang atau merek dagang. Selain itu terdapat pula franchisee yaitu pihak yang membayar biaya royalty dan biaya lainnya yang dipersyaratkan oleh franchisor untuk menggunakan hak dagangnya. Usaha franchise ini merupakan cara untuk mengembangkan suatu usaha atau bisnis. Cara mengembangkan usaha ini tentunya dengan melakukan kerja sama dengan pihak yang ingin membuka suatu usaha tetapi tidak memiliki brand.  Pada dasarnya semua jenis usaha dapat memiliki franchise. Salah satu usaha franchise yang marak dijalankan adalah franchise minimarket. Usaha franchise minimarket ini bukanlah hal baru lagi. Minimarket tentu saja berbeda dengan supermarket. Supermarket umumnya menjual brang-barang yang lebih beraneka ragam ketimbang minimarket. Oleh sebab itu minimarket ditujukkan untuk belanja kecil saja, tidak seperti supermarket.

Keuntungan

Usaha franchise minimarket merupakan suatu bisnis alternatif untuk anda apabila anda ingin berbisnis namun tidak memiliki brand atau merek yang terkenal. Usaha minimarket ini tentunya memiliki keuntungan tersendiri. Nah, berikut ini keuntungan yang akan anda dapatkan dari usaha yang satu ini.

Manajemen bisnis telah terbangun

management bisnis

management bisnis

Salah satu keuntungan dari usaha franchise minimarket adalah manajemen bisnis yang telah terbangun. Jadi jika anda membuka usaha franchise ini maka anda tidak perlu khawatir lagi untuk menata sistem manajemen. Terlebih lagi jika usaha tesebut sudah memiliki reputasi yang bagus. Anda pun tidak perlu repot-repot memulai dari nol karena ide, manajemen, dan penanaman sudah teruji sebelumnya sehingga siap untuk diimplementasikan di lokasi yang baru.

Manajemen finansial lebih mudah

Dengan sistem franchise ini, maka manajemen finansial telah ditetapkan oleh pemilik franchise. Dengan begitu anda pun tidak akan dipusingkan lagi oleh manajemen finansial seperti membangun bisnis baru. Selain itu investor pun lebih suka untuk memberikan modal pada usaha yang sudah matang dan kokoh. Oleh sebab itu dengan usaha franchise ini, anda dapat dengan mudah menarik investor.

Sudah dikenal masyarakat

frencise indomaret

frencise indomaret

Keuntungan lainnya dari franchise minimarket ini adalah sudah dikenal masyarakat. Agar suatu usaha dapat sukses, maka diperlukan strategi pemasaran. Namun hal ini tidak perlu anda pusingkan pada franchise minimarket. Oleh sebab itu pemasaran pada bisnis franchise minimarket ini jauh lebih mudah karena masyarakat sudah mengenal dari bisnis yang sebelumnya. Selain itu anda juga tidak memerlukan banyak tenaga lagi untuk membangun reputasi dai usaha minimarket tersebut.

Dukungan lebih kuat

Usaha minimarket ini juga memiliki dukungan yang lebih kuat dari berbagai aspek. Pemilik franchise biasanya akan memberikan pelatihan kepada para franchisee sepeti pemasaran, manajemen finansial, operasional, dan lainnya. Pelatihan tersebut juga sudah termasuk pada paket franchise. Selain itu pihak franchisor pun bisa memberikan solusi apabila salah satu franchisenya mengalami masalah dan kendala dalam menjalankan bisnis. Hal ini yang kemudian akan menciptakan keharmonisan dalam berbisnis.

Kerjasama telah terbangun

Keuntungan yang akan anda dapatkan melalui usaha franchise ini, terutama jika anda menjadi franchisee adalah anda akan memiliki kerjasama yang telah terbangun sebelumnya yaitu dengan pemilik franchise atau franchisor. Misalnya saja kerjasama dengan pihak periklanan, pemasok bahan baku, dan lain sebagainya. Jadi anda tidak perlu direpotkan lagi untuk menjalankan kerjasama dengan pihak-pihak lainnya dalam membangun bisnis ini.

Kekurangan

Di samping keuntungan yang akan anda dapatkan pada usaha franchise minimarket tersebut, terdapat pula kekurangannya. Anda pun harus siap untuk menerima kekurangan tersebut. Nah, ini dia kekruangan dari bisnis franchise minimarket.

Profit yang dibagi

Profit yang dibagi

Profit yang dibagi

Banyak orang berpikir bahwa usaha franchise ini memiliki profit yang besar karena sudah terkenal di masyarakat. Namun kenyataanya tidak selalu demikian. Pembeli franchise atau franchisee diwajibkan untuk membayar royalty dan sejumlah profit yang telah didapatkan. Apabila profit yang dihasilkan kecil, maka profit tersebut akan dipotong untuk menutup biaya yang lain.

Pemotongan biaya

Biaya yang dikeluarkan oleh franchisor kepada franchisee dipotong dari profit yang didapatkan. Franchisor akan mengajukan biaya awal untuk membeli franchise tersebut. Selanjutnya terdapat biaya lanjutan untuk pelatihan dan dukungan bagi franchisee.

Terikat pada supplier

Pada umumnya pelaku usaha pasti ingin mengeluarkan modal yang sedikit, salah satu caranya adalah dengan mencari supplier murah. Namun pada usaha franchise ini pihak franchisee tidak akan leluasa untuk memilih supplier yang lebih murah karena supplier sudah dipatok oleh franchisor.

Bergantung pada reputasi franchise lain

Reputasi merupakan hal yang sangat penting dalam franchise minimarket ini. Antara usaha minimarket tentunya akan bergantung satau sama lain. Apabila salah satu usaha minimarket tersebut melakukan suatu kesalahan yang berdampak pada reputasi bisnis, maka hal tersebut pun akan mempengaruhi franchise minimarket lainnya sehingga akan terbawa reputasi buruk tersebut.

Kurang kendali

Kekurangan lainnya dalam bisnis franchise minimarket ini adalah kurangnya kendali dari pihak franchisee terhadap bisnisnya sendiri. Hal ini dikarenakan semua sistem dan manajemen telah ditentukan oleh pihak franchisor. Ruang gerak franchisee pun menjadi terbatas sehingga seringkali kreativitas dan ide-ide dari franchisee tidak bisa diimplementasikan, terlebih lagi jika ada suatu perjanjian khusus yang mengharuskan pihak franchisee mengikuti pihak franchisor.

Tips menjalankan usaha franchise minimarket

Sebelum anda membuka bisnis franchise minimarket ini maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Pertama-tama anda harus mempersiapkan modal sesuai yang telah ditetapkan oleh pihak franchisor. Selanjutnya kenali dan pelajari ketentuan fee serta sistem franchise tersebut. Agar anda tidak merasa dirugikan di kemudian hari, anda harus teliti terhadap sistem pembagian royalty yang ditetapkan oleh franchisor. Selain itu anda juga perlu mempelajari jika terdapat indikasi pihak franchisor mengubah kebijakannya di kemudian hari karena biasanya pihak franchisor tersebut akan melakukan evaluasi terhadap pembagian royalty. Selanjutnya agar usaha franchise yang anda jalankan ini dapat berkembang dan beroperasi dengan baik, maka anda juga harus cermat untuk memilih lokasi. Carilah lokasi yang strategis agar dapat memenuhi target konsumen anda. Yang paling terpenting dalam menjalankan usaha franchise minimarket ini adalah fokus dan tetap semangat.

Jadi itulah informasi seputar usaha franchise minimarket. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, tidak ada salahnya untuk menggeluti bisnis ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kelebihan dan kekurangan minimarket -kelebihan dan kekurangan indomaret -usaha minimarket -franchise minimarket -kekurangan minimarket -bisnis franchise minimarket -keuntungan usaha minimarket -kelemahan minimarket -modal usaha minimarket rumahan -kelemahan mini market -

Tags: kekurangan Usaha franchise minimarket kelebihan Usaha franchise minimarket model Usaha franchise minimarket plus minus Usaha franchise minimarket seperti apa Usaha franchise minimarket Usaha franchise minimarket

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Usaha Franchise Minimarket: Keuntungan dan Kekurangannya"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan