Cara Aman Investasi Reksadana untuk Pemula

Seiring dengan semakin populernya produk investasi reksadana semakin banyak saja masyarakat yang tertarik menginvestasikan uangnya di produk ini. Namun bagi seorang pemula yang masih awam akan dunia investasi seringkali kebingungan mengenai cara memulai investasi ini. Oleh karena itulah, untuk membantu Anda berikut ini saya ulas mengenai cara aman investasi reksadana untuk pemula.

cara aman investasi reksadana untuk pemula

Menetapkan Tujuan Investasi

Mengetahui dan menetapkan tujuan investasi merupakan cara aman investasi reksadana yang pertama. Hal ini perlu dilakukan sebelum Anda memilih produk investasi, apakah untuk jangka pendek (1-2 tahun), menengah (3-5 tahun), atau jangka panjang (di atas 5 tahun).

Agar Anda lebih memahami mengenai tujuan investasi, berikut saya beri contoh, bila Anda ingin memetik hasil investasi 3 tahun lagi misalnya untuk keperluan dana pendidikan maka ini disebut tujuan menengah, sementara bila hasil investasi ingin Anda panen sekitar 6 tahun lagi untuk membeli rumah maka ini disebut tujuan investasi jangka panjang.

Mengenali Profil Risiko Anda

Cara aman investasi reksadana berikutnya adalah mengenali profil risiko Anda sendiri, apakah Anda termasuk tipe yang selalu hati-hati atau berani mengambil risiko.

Misalkan bila nilai investasi turun 100 ribu rupiah, apakah Anda akan pusing 7 keliling? Bila iya berarti Anda termasuk orang yang tak berani mengambil risiko, namun bila investasi Anda turun 1 juta rupiah namun Anda masih santai saja karena mengetahui nilai investasi berpotensi naik kembali maka Anda termasuk yang berani mengambil risiko.

Baca juga: Mengenal Risiko dan Keuntungan Investasi Reksadana

Memilih Produk Investasi

Setelah Anda mengetahui tujuan dan profil risiko investasi Anda, maka cara aman investasi reksadana berikutnya adalah memilih produk investasi. Berdasarkan tempat investasinya maka reksadana terdiri dari 4 jenis yang masing-masing memiliki karakteristik sendiri.

Berikut ini adalah panduan umum cara aman investasi reksadana dalam memilih produk investasi berdasarkan profil risiko Anda:

  • Reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap memiliki risiko rendah dan potensi return rendah.
  • Reksadana campuran memiliki risiko sedang dan potensi return sedang.
  • Reksadana saham memiliki risiko tinggi dan potensi return tinggi.

Memilih produk investasi reksadana yang tepat dan aman memang tak mudah, apalagi di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 700 an produk reksadana yang seringkali membuat bingung. Mengenali produk itu sendiri merupakan cara aman investasi reksadana. Untuk membantu Anda, berikut ini saya ulas tips-tips aman memilih produk investasi reksadana berikut ini.

Cari Informasi Mengenai Produk Reksadana

Mencari informasi sebanyak-banyak mengenai produk reksadana merupakan cara aman investasi reksadana, tak kenal maka tak sayang bukan? Untuk memulainya Anda dapat mencari informasi produk reksadana di media massa (seperti harian Bisnis Indonesia) atau media online (seperti infovesta.com), atau di TV yang memuat channel berita bisnis dan investasi.

Anda pun dapat mengakses informasi seputar reksadana di situs pemerintah http://aria.bapepam.go.id/reksadana untuk mengetahui produk, daftar MI dan bank penjual yang terdaftar di bapepam.

Baca juga: Tempat dan Cara Membeli Reksadana Yang Perlu Anda Ketahui

Periksa Kinerja Produk Reksadana

Memeriksa kinerja produk reksadana termasuk nilai aktiva bersih (NAB) merupakan cara aman investasi reksadana dan cara aman memilih produk investasi. Walaupun sejarah kinerja tidak menjamin kinerja di masa depan namun setidaknya Anda dapat melihat tren kinerja produk tsb untuk meminimalisasi setiap potensi kerugian di masa depan.

Cek Website Manajer Investasi

Salah satu tempat membeli reksadana adalah dengan membeli langsung di manajer investasi. Namun sebelum Anda membelinya cobalah periksa apakah produk reksadana yang Anda minati terdapat pada website tsb dan periksalah informasi lengkap (prospektus) produk reksadana tsb. Memilih produk reksadana yang memiliki prospektus lengkap adalah cara aman investasi reksadana.

Begitu pula dengan memilih manajer investasi yang tepat adalah cara aman investasi reksadana juga.

Baca : Cara Memilih Manajer Investasi Terbaik untuk Reksadana Anda

Hindari Membeli Produk Reksadana Yang Tak Memiliki Prospektus Online

Prospektus sangat penting, memilih reksadana yang memiliki prospektus adalah cara aman investasi reksadana.

Sebuah prospektus reksadana seharusnya lengkap memuat hal-hal berikut:

  • Nama produk reksadana
  • Kinerja produk selama periode tertentu
  • Kebijakan investasi yang menjelaskan tipe reksadana dan tempat investasi uang Anda.
  • Bank kustodian, yaitu bank tersendiri untuk menampung dana investor.
  • Biaya-biaya reksadana
  • Ketentuan tata-cara pembelian dan penjualan.
  • Informasi kontak Bank dan agen penjual produk reksadana tsb sehingga memungkinkan Anda menghubungi mereka untuk berkonsultasi lebih lanjut.
  • Nomor kontak dan alamat manajer investasi. Seperti halnya agen penjual, MI pun dapat membantu Anda dalam tata cara pembelian reksadana.

Hindarilah membeli reksadana yang tidak menyediakan prospektus lengkap secara online sebagai cara aman investasi reksadana. Perusahaan yang terpercaya seharusnya mampu memberikan informasi produk seluas-luasnya termasuk di websitenya.

Manfaatkan Fasilitas Konsultasi Gratis

Mungkin Anda sudah mengetahui cara aman investasi reksadana dan memilih produk investasi reksadana yang aman dan tepat bagi Anda. Bila Anda ingin lebih yakin dan ingin menggali lebih dalam, tak ada salahnya Anda bertanya dan berkonsultasi dengan manager investasi, agen penjual ataupun bank penjual produk tsb.

Jangan Investasikan Uang Anda Hanya di Satu Produk Reksadana

Cara aman investasi reksadana berikutnya adalah tidak menempatkan dana investasi Anda hanya di satu produk yang sama, sehingga bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pada produk tsb tidak akan berimbas pada keseluruhan dana investasi Anda. Cara aman investasi reksadana ini dapat digunakan untuk jenis investasi lainnya. Namun bila Anda memiliki dana investasi yang terbatas maka tak masalah bila Anda hanya membuka satu rekening saja dan mengisinya secara teratur.

Itulah beberapa tips / cara aman investasi reksadana bagi pemula yang perlu Anda ketahui. Selamat berinvestasi dan semoga tercapai tujuan investasi yang telah direncanakan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara aman bermain reksadana -investasi aman indonesia -investasi aman untuk pemula -manager investasi reksadana yang aman -

Tags: Cara Investasi Tips Mengelola Uang Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Cara Aman Investasi Reksadana untuk Pemula"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak
  1. author

    Muntaha3 tahun agoBalas

    Saya ingin berinvestasi tpi saya belum bisa gmn

    • author

      carainvestasibisnis (Penulis)3 tahun agoBalas

      Halo Mas Muntaha, asalkan ada niat insya Allah dimudahkan. Pertanyaannya sekarang belum bisanya kenapa ya? bila masalah dana, mulai saja sedikit demi sedikit, sedikit tips buat Anda mudah-mudahan bermanfaat .. 5 Tips Investasi Jitu Agar Anda Tidak Salah Langkah

Tinggalkan Balasan