9 Tips Menghindari Jeratan Hutang

Berhutang seringkali menjadi pilihan masyarakat saat kondisi keuangan tidak mencukupi. Pilihan ini sebetulnya sangat membahayakan karena bila tidak bijak menyikapinya justru malah akan terjerat dalam kubangan hutang yang semakin dalam. Menghindari jeratan hutang memang tidak mudah namun dapat dilakukan asalkan ada niat dan kedisiplinan.

Untuk membantu Anda, berikut ini adalah beberapa tips menghindari jeratan hutang.

cara agar terbebas dari hutang

Hidup Sederhana Itu Lebih Baik

Hidup hemat dan sederhana itu adalah pilihan yang lebih baik daripada hidup berfoya-foya tapi berhutang. Saat kita sekolah maupun dalam ajaran agama seringkali ditekankan untuk hidup sederhana dan tidak berlebihan. Jadi buatlah pengelolaan uang yang baik, utamakan kebutuhan pokok dan hindari membeli kebutuhan konsumtif agar dapat menghindari jeratan hutang.

Jangan Pernah Berhutang

Tips terbaik menghindari jeratan hutang ialah tidak pernah berhutang. Syukurilah apa yang ada, dan hiduplah sesuai pendapatan Anda atau hidup sederhana maka kondisi ekonomi Anda akan jauh lebih baik.

Usahakan Tetap Menabung

Walaupun sedikit, usahakan untuk tetap menabung sehingga Anda memiliki cukup uang untuk hal-hal yang tak terduga dan otomatis menghindari jeratan hutang. Budayakan hidup hemat di setiap lini kehidupan Anda, seperti menghemat biaya listrik, transportasi, dsb. Saat pos pendapatan Anda tidak dapat dinaikkan maka pos pengeluaran Anda harus ditekan agar Anda tetap dapat menabung.

Baca juga: 3 Cara Investasi Yang Benar dan Aman

Buatlah Anggaran Pengeluaran

Cobalah Anda membuat anggaran pengeluaran berupa berapa total pendapatan dan berapa yang harus dikeluarkan dalam pos-pos pengeluaran secara terperinci termasuk anggaran untuk menabung. Cobalah hidup menyesuaikan anggaran pengeluaran tsb agar dapat menghindari jeratan hutang.

Bayar Hutang Tepat Waktu

Tak ada untungnya bagi Anda menunda membayar hutang Anda, malahan dapat menyebabkan masalah untuk Anda. Bila Anda meminjam dari orang terdekat dengan Anda maka Anda akan kehilangan kepercayaan karena keterlambatan pembayaran tsb. Sementara bila Anda meminjam dari bank maka Anda malahan akan dikenakan denda. Jadi bayarlah tepat waktu untuk menghindari jeratan hutang yang lebih banyak.

Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Sebuah tindakan ceroboh dan berisiko bila Anda membayar hutang Anda pada seseorang dengan cara berhutang ke orang lain. Jangan gunakan cara ini untuk menghindari jeratan hutang karena cara ini tidak menyelesaikan masalah dan malah makin memperbesar lubang hutang Anda.

Jangan Gunakan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan cara baru berhutang ke bank tanpa menggunakan agunan. Dengan segala kemudahan penggunaannya, kartu kredit dapat membawa Anda pada lilitan hutang. Menurut saya pribadi, kartu kredit hanya baik digunakan untuk keperluan bisnis dan keperluan travelling, misalnya membayar tiket penerbangan, deposit saat check in hotel, dsb. Bila Anda tak memiliki kepentingan seperti yang disebutkan, sebaiknya jangan pernah tergiur tawaran para telemarketer untuk memiliki kartu kredit untuk menghindari jeratan hutang.

Baca juga: Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Usahakan Untuk Tetap Sedekah

Walaupun dalam kondisi sulit, usahakan tetap sedekah walaupun sedikit. Sedekah yang disertai keikhlasan akan membantu orang lain yang kesusahan, melapangkan rezeki Anda, dan secara tidak langsung merupakan cara menghindari jeratan hutang.

Berdoa

Jangan lupakan berdoa untuk menghindari jeratan hutang karena seberapa besar usaha kita tetap saja ada Tuhan yang menentukan segalanya.

Itulah 9 tips menghindari jeratan hutang yang dapat Anda lakukan. Semoga pembaca semua dapat segera terbebas dari jeratan hutang.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara menghindari hutang -cara hindari hutang -Tips untuk menghindari utang -Tips hindari hutang -tips cara menjauhi hutang -tips agar tidak berhutang -menghindari jeratan hutang -hindari dari hutang -hindari berhutang saat bisnis -cara hidup agar tidak tergiur hutang -

Tags: Kartu Kredit Kredit Pengelolaan Hutang Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "9 Tips Menghindari Jeratan Hutang"

7 Cara Menabung untuk Mahasiswa Paling Efektif untuk Akhir Bulan
Cara menabung untuk mahasiswa paling efektif –
4 Cara Membeli Rumah Bekas Dengan KPR yang Benar
Cara membeli rumah bekas dengan KPR –
6 Cara Beli Rumah Dengan Gaji Kecil Minimal 3 Juta
Cara beli rumah dengan gaji kecil –

Tinggalkan pesan "9 Tips Menghindari Jeratan Hutang"