7 Cara Menabung untuk Mahasiswa Paling Efektif untuk Akhir Bulan

Cara menabung untuk mahasiswa paling efektif – Mahasiswa adalah tingkatan siswa yang paling tinggi. Oleh sebab itu seseorang dianggap sudah dewasa dan mandiri ketika gelar mahasiswa sudah disandang. Meski begitu ada permasalahan mahasiswa yang sering dikeluhkan terutama yang merantau, apalagi kalau bukan uang bulanan dan uang kiriman dari orang tua. Di saat semuanya sudah berubah menjadi serba mahal di situlah mahasiswa akan bingung bagaimana bisa mengatur uang bulanannya agar cukup selama sebulan.

Bisa dipastikan ketika harga BBM naik, saat itulah mahasiswa akan menjadi bingung mengatur keuangannya. Sebab harga BBM yang naik akan berimbas ke yang lainnya seperti makanan, tempat kos, bayar listrik, air dan lain sebagainya. Jika tidak bisa memanajemen uang bulanan dengan baik, ketika tanggal tua menyerang mahasiswa akan kebingungan mencari dana untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Agar hal tersebut tidak terjadi, simak cara menabung untuk mahasiswa paling efektif berikut ini:

Hitung Prioritas

Hitung Prioritas

Hitung Prioritas

Agar bisa menabung untuk tanggal tua Anda, sebaiknya Anda menghitung biaya prioritas dulu. Misalnya saja untuk membayar kos, listrik dan juga membeli beras. Jika sudah menghitung prioritas yang harus dibayar bulan ini barulah Anda bisa memikirkan bagaimana caranya menabung tersebut.

Menyisihkan Uang

Menyisihkan Uang

Menyisihkan Uang

Awal bulan adalah hal yang menyenangkan, hal itu dikarenakan Anda sudah mendapatkan kiriman dari orang tua. Awal bulan juga bisa menentukan hidup Anda di akhir bulan, sebab semakin boros di awal bulan maka Anda akan semakin menderita ketika akhir bulan menyerang. Oleh sebab itu agar tidak mengalami masalah dengan akhir bulan Anda sudah harus mengantisipasinya. Caranya adalah dengan menyisihkan uang kiriman orang tua Anda sebesar 30%. Simpan uang tersebut untuk bisa menghadapi tanggal tua. Jika nanti Anda sudah cukup konsisten untuk menyisihkan uang kiriman orang tua sebesar 30% tersebut Anda bisa mengembangkannya menjadi 35% dan seterusnya.

Tempat Penyimpanan Uang

Agar bisa menyimpan uang dengan aman tanpa ada hasrat untuk mengambilnya Anda bisa memiliki tempat penyimpanan uang selain dompet. Jika diletakkan di dompet Anda bisa dengan mudah membelanjakan uang simpanan itu. Simpanlah di celengan sehingga keinginan untuk mengambil uang tersebut tidak ada. Di celengan tersebut Anda juga bisa menempelinya kertas dengan tulisan seperti tabungan akhir bulan dan lain sebagainya.

Menggunakan Memo

memo pengingat

memo pengingat

Untuk bisa mengantisipasi penggunaan dana yang di sisihkan tersebut, Anda bisa membuat memo pengingat yang bisa Anda tempelkan di dinding kos Anda. Tulis di memo tersebut bahwa Anda tidak akan menggunakan uang tersebut sampai saatnya tiba.

Memasak Sendiri

mahasiswa memasak sendiri

mahasiswa memasak sendiri

Jika Anda sering merasakan kekurangan terutama saat pertengahan bulan sampai akhir bulan bisa jadi salah dalam melakukan perhitungan atau gaya hidup yang salah. Salah satunya adalah sering jajan di warung makan. Dalam sekali makan Anda bisa saja menghabiskan uang lebih dari 20 ribu sekali makan. Oleh sebab itu untuk bisa menghemat biaya makan, sebaiknya Anda memasak sendiri. Tidak harus mengonsumsi mie instan yang murah, sebab jika dikonsumsi setiap hari mie instan justru akan berbahaya bagi kesehatan. Masaklah nasi menggunakan magic cooker, sehingga Anda hanya perlu membeli lauknya sendiri. Belilah sayur dan lauk yang sekiranya bisa untuk makan pagi, siang dan sore Anda. Dengan begitu nutrisi Anda tetap akan terjaga dan tubuh akan lebih fit dibandingkan mengonsumsi mie instan.

Mencuci Sendiri

mahasiswa Mencuci Sendiri

mahasiswa Mencuci Sendiri

Cara menghemat uang bulanan anak kos yang bisa dilakukan selanjutnya adalah mencuci pakaian sendiri. Luangkanlah waktu untuk mencuci pakaian Anda sendiri sebab bisa menghemat biaya laundry. Meski saat ini laundry dihitung perkilo, namun jika dikalikan setiap bulannya biaya tersebut tetap besar. Anda bisa mencuci pakaian Anda sendiri di saat masuk kampus siang hari, sehingga paginya bisa dimanfaatkan untuk mencuci dan lain sebagainya. Mencuci pakaian sendiri selain lebih bersih juga lebih hemat.

Pasang Target

Cara menabung untuk mahasiswa paling efektif selanjutnya adalah Anda harus pasang target. Target tersebut misalnya saja adalah kapan uang tabungan tersebut harus Anda gunakan dengan begitu manajemen keuangan menjadi lebih terarah. Selain itu harus bisa mengatakan tidak kepada ajakan teman Anda jika memang keuangan sedang tipis. Bolehlah sekali dua kali hangout bersama dengan teman Anda, namun jangan terlalu sering karena akan berat di kantong.

Demikianlah beberapa cara menabung untuk mahasiswa paling efektif yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara menabung mahasiswa -cara menabung untuk mahasiswa -tips menabung mahasiswa -tips menabung untuk mahasiswa -cara menabung bagi mahasiswa -tips menabung bagi mahasiswa -cara menabung buat mahasiswa -cara menabung efektif mahasiswa -cara menabung yang efektif bagi mahasiswa -cara menabung yang efektif untuk mahasiswa -

Tags: bagaimana Cara menabung untuk mahasiswa paling efektif Cara menabung untuk mahasiswa paling efektif tips Cara menabung untuk mahasiswa paling efektif trik Cara menabung untuk mahasiswa paling efektif

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Cara Menabung untuk Mahasiswa Paling Efektif untuk Akhir Bulan"

    Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
    Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan

    Tinggalkan Balasan