3 Cara Investasi Reksadana Khusus Pemula Paling Mudah

ads

Investasi reksadana khusus pemula – Reksadana adalah salah satu investasi yang banyak diminati.  Namun tahukah Anda apa itu reksadana?, bagi yang awam dengan bisnis dan investasi sering mendengar kata reksadana namun belum tahu apa itu reksadana. Menurut Undang-undang pasar modal nomor 8 tahun 1995 reksadana disebut juga dengan wadah untuk masyarakat dalam menghimpun dana. Nantinya dana tersebut dikelola sebagai investasi oleh manajer investasi dan dimasukkan dalam portofolio efek. Portofolio efek tersebut berupa surat berharga, saham, obligasi, deposito dan lain sebagainya.  Kelebihan dari reksadana tersebut adalah investasinya bisa dipecah ke dalam beberapa instrumen. Bagi yang ingin investasi ke reksadana, simak cara investasi reksadana khusus pemula berikut ini:

Tujuan Keuangan

reksandana

reksandana

Sponsor

Sebelum Anda tahu bagaimana cara investasi reksadana khusus pemula tersebut, sebaiknya Anda menentukan dahulu tujuan keuangan Anda. Anda bisa menentukan tujuan untuk apa uang yang Anda tanam ke reksadana itu nantinya apakah untuk modal anak sekolah, membeli rumah, tanah atau untuk menjamin masa tua yang nyaman. Tujuan keuangan ini bermanfaat untuk menentukan jangka waktu yang dari investasi yang Anda lakukan dan jenis reksadana apa yang cocok untuk Anda. Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda, sehingga harus tahu apa tujuan Anda mengikuti reksadana ini.

Memahami Tentang Reksadana

Selain Anda tahu tujuan keuangan apa yang ingin Anda capai dengan reksadana, Anda juga harus tahu pengertian reksadana tersebut. Reksadana adalah dana yang dikumpulkan untuk digunakan membeli saham, obligasi atau membeli jenis instrumen keuangan yang lainnya. Sistem yang sederhana ini menjadi alasan mengapa reksadana cocok bagi pemula.

reksandana

reksandana

Cara kerja dari reksadana adalah Anda cukup menitipkan sejumlah modal kepada orang yang sudah profesional tujuannya untuk di diinvestasikan kembali. Dengan sistem ini, Anda tidak harus pusing dalam memikirkan saham atau obligasi yang akan Anda beli. Berbeda jika Anda langsung berinvestasi dalam saham dimana Anda harus memikirkan saham apa yang akan dibeli. Cukup pilih jenis reksadana yang ingin dibeli, setelah itu Anda bisa memilih manajer investasi yang sudah profesional dan memiliki sertifikasi untuk bisa mengelola modal Anda.

Jenis Reksadana

jenis reksandana

jenis reksandana

Cara investasi reksadana khusus pemula yang terpenting adalah Anda harus tahu semua jenis reksadana yang ada. Dengan mengetahui jenisnya tersebut Anda bisa tahu jenis reksadana mana yang sesuai dengan kebutuhan finansial Anda. Ada beberapa jenis reksadana yang cukup populer dan banyak diminati seperti pasar uang, reksadana pendapatan tetap, campuran dan juga saham. Berikut ini adalah pengertian dari masing-masing jenis reksadana tersebut:

Reksadana Pasar Uang

Jenis reksadana yang populer pertama adalah pasar uang yang mana dana Anda sepenuhnya dimasukkan dalam deposito, SBI dan juga obligasi. Risiko dari reksadana ini lebih rendah sehingga kerugian sangat kecil. Anda bisa melakukan investasi dengan reksadana ini dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun.

Pendapatan Tetap

Reksadana jenis ini membuat dana yang Anda setorkan akan ditanam ke obligasi minimal 80%. Keuntungannya lebih tinggi dibandingkan dengan yang pasar uang. Reksadana pendapatan tetap jangka waktunya 1 sampai dengan 3 tahun. Anda bisa memilih rentang waktunya sesuai dengan kemampuan Anda.

Campuran

Reksadana yang ketiga adalah campuran.  Sesuai dengan namanya semua dana yang Anda tanam akan dialokasikan di beberapa instrumen keuangan misalnya seperti deposito, obligasi dan juga saham. Karena ada saham di dalamnya maka jenis reksadana ini risikonya lebih tinggi namun kelebihannya adalah Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pendapatan tetap. Jangka waktu reksadana campuran adalah 3 sampai dengan 5 tahun.

Saham

ads

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi reksadana jenis saham, maka biaya Anda akan ditanam sebanyak 80% dalam pasar modal. Keuntungan saham ini lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Meski memiliki keuntungan yang besar risiko yang harus Anda tanggung juga lumayan besar. Kemungkinan untuk mendapatkan kerugian di dalam saham pun cukup besar sehingga Anda harus siap untuk menghadapi semua risiko dari reksadana jenis ini.

Demikianlah beberapa cara investasi reksadana khusus pemula yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

mekanisme investasi khusus -

Tags: cara Investasi reksadana khusus pemula Investasi reksadana khusus pemula Investasi reksadana khusus pemula 2017 Investasi reksadana khusus pemula 2018 Investasi reksadana khusus pemula yang efisien

Posting Terkait "3 Cara Investasi Reksadana Khusus Pemula Paling Mudah"

30 Perusahaan dalam Daftar Investasi Bodong menurut OJK
Bagi Anda yang berniat untuk melakukan investasi,
4 Tips Rencana Keuangan Pasangan Muda Baru Menikah
Tips rencana keuangan pasangan muda – Menikah
5 Cara Menghindari Masalah Keuangan bagi Pasangan Muda
Menghindari masalah keuangan – Setiap orang pasti

Tinggalkan pesan "3 Cara Investasi Reksadana Khusus Pemula Paling Mudah"