3 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Dalam Jumlah Besar Dengan Mudah

ads

Cara melunasi hutang kartu kredit – Kartu kredit banyak diminati oleh masyarakat dikarenakan lebih aman dan praktis membawanya. Masyarakat yang memiliki kartu kredit tidak perlu membawa uang cash terlalu banyak dimana hal ini akan membahayakan bagi yang membawanya karena tindak kejahatan tidak pernah tahu kapan dan dimana akan terjadi. Meski membantu dalam hal pembayaran namun faktanya kartu kredit ini bisa membuat penggunanya bisa menumpuk hutang yang terlalu banyak terutama jika penggunaannya tidak bijak. Pengguna kartu kredit harus bisa menggunakannya secara bijak supaya tidak kewalahan ketika membayar tagihannya. Lalu bagaimana jika hutang kartu kredit sudah terlalu banyak menumpuk?. Kiat apa saja yang bisa dilakukan untuk melunasinya?. Berikut ini adalah cara melunasi hutang kartu kredit secara cerdas yang bisa dilakukan:

Stop Gunakan Kartu Kredit Sementara

Kartu kredit

Kartu kredit

Cara melunasi hutang kartu kredit secara cerdas adalah dengan tidak menggunakannya sementara. Kebanyakan pengguna kartu kredit memiliki hutang yang banyak dikarenakan hanya membayar tagihan minimum saja, sedangkan bunganya tidak dibayar sehingga akan terakumulasikan pada bulan berikutnya. Kemungkinan lainnya yang terjadi adalah sering melakukan gesek tunai yang menyebabkan penggunanya memiliki hutang yang banyak pada bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut.

Cara untuk bisa mengatasinya adalah dengan menghentikan penggunaan kartu kredit secara sementara. Jangan gunakan kartu kredit jika semua hutang belum bisa terbayarkan, hal ini sebagai upaya untuk menghindari munculnya hutang yang baru. Menghentikan penggunaan kartu kredit memang tidak akan menghentikan bunga yang akan ditanggung pengguna namun setidaknya jumlah total tagihan yang harus ditanggung tidak sebesar dengan membelanjakan kartu kredit tersebut.

Skala Prioritas

Skala Prioritas

Skala Prioritas

Cara melunasi hutang kartu kredit ini cocok bagi yang memiliki kartu kredit lebih dari dua dan terdapat tunggakan hutang pada semua kartu. Untuk bisa melunasi kartu kredit tersebut buatlah skala prioritas.  Mana yang lebih dulu diutamakan pembayarannya atau pelunasannya karena yang paling tahu kondisi keuangan adalah diri sendiri. Ada beberapa patokan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan kartu kredit mana yang harus dilunasi terlebih dahulu seperti berikut ini:

1. Bunga Besar

Patokan pertama yang bisa dijadikan pertimbangan adalah lunasilah kartu kredit dengan bunga yang paling besar. Mengapa begitu?, hal itu dikarenakan meskipun tidak digunakan kartu kredit tersebut bunganya akan tetap berjalan sehingga penggunanya akan kewalahan jika hutang pada kartu kredit tersebut tidak dilunasi.  Setelah kartu kredit dengan bunga besar lunas bisa fokus ke pelunasan kartu kredit yang lainnya. Sebagai contohnya begini Anda memiliki dua buah kartu kredit dengan tunggakan hutang yang cukup besar. Budget yang dimiliki untuk membayar hutang sebesar 3 juta per bulannya. Tagihan pertama adalah kartu kredit A dengan tagihan minum 800 ribu, sedangkan yang B 700 ribu. Bunga dari kartu kredit yang A sebesar 5 persen sedangkan yang B hanya 3 persen. Anda bisa membayar semua tagihan minimum dengan besar 1,5 juta rupiah, kemudian ada sisa budget sebesar 1,5 juta rupiah yang mana bisa digunakan untuk membayar hutang pada kartu kredit A, sehingga total membayar untuk kartu kredit A tersebut sebesar 800 ribu ditambah 1,5 juta rupiah yaitu 2,3 juta rupiah.

2. Tagihan Terkecil

Cara melunasi hutang kartu kredit selanjutnya yang bisa dilakukan adalah pilihlah yang tagihannya kecil terutama jika tidak memiliki uang yang cukup untuk melunasi semua hutang karu kredit tersebut. Barulah jika hutang di kartu kredit tersebut sudah lunas bisa beralih ke kartu kredit lainnya dimana hutangnya lebih besar.

Jual Aset

Cara melunasi kartu kredit yang tepat selanjutnya adalah menjual aset. Aset ini menjadi jalan atau cara yang tepat untuk melunasi hutang kartu kredit secara cerdas. Lebih baik menjual aset dibandingkan terus terbayang dengan tanggungan hutang. Kartu kredit ini menggunakan sistem bunga sehingga semakin cepat dilunasi akan semakin bagus karena kemungkinan membengkak semakin kecil.

Tips Menggunakan Kartu Kredit Agar Tidak Boros

Gesek Kartu kredit

Gesek Kartu kredit

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan bagi pemilik kartu kredit agar tidak boros dalam berbelanja menggunakan kartu kredit tersebut. Tips tersebut bermanfaat untuk mencegah terjadinya penumpukan hutang yang terlalu banyak pada si pemilik kartu kredit. Berikut ini adalah tips menggunakan kartu kredit agar tidak boros yang bisa dilakukan oleh semua pemilik kartu kredit:

ads
  1. Tentukan budget penggunaan kartu kredit setiap bulannya. Jangan membeli barang yang dirasa tidak perlu. Bersikap selektif terhadap barang yang akan dibeli bermanfaat untuk menghindari hutang menumpuk dengan jumlah yang besar.
  2. Menggunakan point reward menjadi salah satu tips penggunaan kartu kredit supaya tidak boros. Selain itu dengan adanya point reward ini membuat penggunaan kartu kredit semakin menyenangkan.
  3. Hindari lapar mata. Setiap akan berbelanja buatlah daftar atau list barang apa saja yang akan dibeli. Dengan begitu penggunaan kartu kredit tidak akan menyimpang dari daftar tersebut.
  4. Memeriksa tagihan kartu kredit ini bisa membuat pengguna kartu kredit menjadi lebih cermat dan lebih bersikap hari-hati. Jika tagihan kartu kredit terlalu besar pada bulan ini diharapkan bulan berikutnya tagihan menjadi lebih kecil.

Demikianlah cara melunasi hutang kartu kredit dengan jumlah yang besar, semoga informasi ini bermanfaat.

Tags: bagaimana Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit 2018 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit terbaru

Posting Terkait "3 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Dalam Jumlah Besar Dengan Mudah"

7 Keuntungan Membeli Apartemen Dihuni Maupun Disewakan
Keuntungan membeli apartemen – Hunian menjadi kebutuhan
4 Cara Investasi Emas di Mandiri dan Keuntungannya
Cara investasi emas di Mandiri dan keuntungannya
4 Investasi yang Baik untuk Masa Depan
Investasi yang baik untuk masa depan –

Tinggalkan pesan "3 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Dalam Jumlah Besar Dengan Mudah"