4 Cara Membangun Co Working Space Untuk Bisnis dan Strateginya

Cara membangun Co Working Space untuk bisnis – Co Working Space tidak hanya  bermanfaat bagi pebisnis saja, namun bagi yang sedang mencari peluang bisnis Co Working Space ini bisa dijadikan sebagai lahan bisnis yang potensial karena banyak pebisnis yang membutuhkan. Co Working Space ini dijadikan sebagai tempatnya bekerja yang nyaman namun juga menyenangkan. Meski saat ini keberadaan Co Working Space ini menjamur, namun tidak ada salahnya Anda menggelutinya dikarenakan jumlah peminatnya yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Asalkan Anda tahu bagaimana cara membangun dan menjalankan bisnis Co Working Space ini dengan benar, bisnis ini akan tetap potensial untuk digeluti.

Tips Mendirikan Bisnis Co Working Space

Bisnis Co Working Space

Bisnis Co Working Space

Co Working Space ini merupakan konsep bisnis yang baru. Tanpa ilmu dan pengetahuan yang cukup mustahil bisnis ini bisa berjalan sesuai dengan harapan. Konsep dari Co Working Space ini adalah tempat atau ruang bekerja yang bisa digunakan sebagai bersama-sama beda dengan virtual office yang sifatnya individu. Bisa dikatakan bahwa konsep dari Co Working Space ini lebih terbuka sehingga bisa saja bersebelahan dengan orang dari perusahaan lain dengan project yang berbeda. Co Working Space ini pun diharapkan bisa memberikan suasana yang lebih hidup seperti berada di dalam komunitas. Supaya semua konsep tersebut bisa dipenuhi, simak cara membangun Co Working Space untuk bisnis yang harus Anda perhatikan berikut ini:

1. Lokasi dan Bangunan yang Tepat

Cara membangun Co Working Space untuk bisnis yang pertama adalah memilih lokasi dan bangunan yang tepat. Supaya bisnis Co Working Space ini ramai lokasinya harus berada di pusat bisnis atau mendekati pusat bisnis. Jika didirikan di lokasi yang jauh dari pusat bisnis maka bisnis Co Working Space ini akan sepi dan tidak banyak peminatnya. Untuk bangunannya lebih baik memilih bangunan perkantoran atau rumah biasa namun harus tetap memiliki konsep yang tidak melenceng dari Co Working Space tersebut. Selain itu harus ada izin dari lingkungan sekitar supaya tidak menimbulkan masalah ke depannya.

2. Desain Interior

Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah desain interiornya. Biasanya Co Working Space ini berkonsep casual, modern, dan juga fleksibel. Desain interior tersebut memerlukan beberapa renovasi pada setiap sudut ruangan yang ada. Selain itu yang harus diperhatikan selanjutnya adalah desain interior maupun furnitur yang ada harus memberikan kenyamanan bagi setiap penghuninya. Memang Co Working Space ini bisa digunakan untuk ruang kerja bersama namun harus ada ruangan privat yang bisa memenuhi kebutuhan member yang ingin berkerja dengan tenang tanpa adanya gangguan dari member yang lainnya.

3. Layanan dan Fasilitas

Cara membangun Co Working Space untuk bisnis yang harus diperhatikan adalah jangan melupakan layanan dan juga fasilitas. Banyak yang mempertanyakan layanan dan fasilitas apa saja yang akan didapatkan jika menjadi member di Co Working Space yang Anda dirikan tersebut. Layanan dan fasilitas yang biasanya ada di Co Working Space adalah conclave dimana menyediakan auditorium dan juga ruang rapat. Auditorium tersebut banyak digunakan untuk para anggota komunitas, peluncuran produk, seminar, talk show, dan juga kegiatan menarik lainnya.

4. Profil Penyewa

Untuk bisa sukses dalam membangun bisnis Co Working Space ini harus tahu profil si penyewa. Di ruang kerja bersama ini identitas penyewa harus diketahui dengan pasti, kemudian tanyakan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh mereka. Dengan mengetahui profil dan juga kebutuhan si penyewa diharapkan pelayanan dan juga fasilitas yang Anda berikan sesuai bisa memuaskan mereka.

Strategi Bisnis Co Working Space

Bisnis Co Working Space

Bisnis Co Working Space

Setelah mengetahui cara pendirian, yang tidak boleh dilupakan adalah strategi untuk menjalankan bisnis Co Working Space ini. Berikut ini adalah strategi bisnis Co Working Space yang bisa Anda lakukan:

1. Analisis Kompetisi

Strategi bisnis yang pertama adalah menganalisa kompetitornya. Menganalisa kompetitor ini penting untuk mengetahui siapa pesaing yang ada di sekitar Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam merancang strategi dan merencanakan finansial yang lebih baik.

2. Berikan Layanan Terbaik Harga Kompetitif

Strategi bisnis Co Working Space yang harus diperhatikan adalah memberikan layanan terbaik dengan harga kompetitif. Meskipun sudah banyak yang mendirikan bisnis ini namun pastikan jika Co Working Space yang Anda dirikan ini memiliki kualitas dan layanan bagus sesuai dengan harga yang ditawarkan kemudian harus lebih bagus dari si kompetitor.

3. Biaya Operasi Rata-Rata Kompetitor

Untuk bisa mendapatkan biaya ini Anda harus mengontak banyak orang. Hal ini untuk menemukan berapa biaya operasi bulanan dari kompetitor. Biaya bulanan ini mulai dari sewa unit atau tempat, biaya internet, staff yang ada, listrik dan lain sebagainya. Mengapa hal ini penting?, supaya Anda bisa memberikan harga yang lebih miring namun dengan fasilitas yang terjangkau. Bandingkan biaya bulanan tersebut dengan rencana keuangan yang telah dibuat, jika tidak bisa menyaingi kompetitor maka jangan mendirikan bisnis ini karena nantinya bisnis menjadi kalah saing.

Untuk bisa membuka bisnis secara profesional dibutuhkan tips dan trik. Bagi yang ingin menggeluti Co Working Space, lakukanlah beberapa cara membangun Co Working Space untuk bisnis seperti yang sudah dijelaskan di atas kemudian jalankan pula strategi bisnisnya.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

konsep seo -layanan seo -Strategi pemasaran co working space -

Tags: Cara Membangun Co Working Space Untuk Bisnis Cara Membangun Co Working Space Untuk Bisnis 2018 Cara Membangun Co Working Space Untuk Bisnis dengan mudah

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Cara Membangun Co Working Space Untuk Bisnis dan Strateginya"

    7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri Tanpa Partner dan Kerugiannya
    Membangun bisnis sendiri – Banyak orang yang
    6 Ide Bisnis untuk Anak Kecil yang Potensial Digeluti
    Bisnis untuk anak kecil – Bisnis tidak
    8 Cara Mendapatkan Mitra Bisnis Khusus Pebisnis Pemula yang Efektif
    Cara mendapatkan mitra bisnis – Mitra bisnis

    Tinggalkan pesan "4 Cara Membangun Co Working Space Untuk Bisnis dan Strateginya"