Pengertian Co Working Space dan Manfaatnya

Pengertian Co Working Space – Perkembangan zaman dan teknologi informasi seperti saat ini membuat perkembangan dan pertumbuhan entrepreneur yang ada di Indonesia semakin meningkat. Maka tidak mengherankan jika pertumbuhan tersebut diiringi dengan banyaknya kemunculan startup, bisnis digital, dan masih banyak lainnya. Dengan semakin berkembangnya bisnis tersebut muncul trend seperti kerja bersama atau ruang bersama yang kekinian disebut dengan Co Working Space. Ruang bersama kekinian tersebut semakin menjamur dan kemudian dikenal oleh banyak orang.  Biasanya Co Working Space ini berada di kota-kota besar dimana pertumbuhan startup dan bisnis lainnya yang pesat.

Pengertian Co Working Space

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang lainnya tentang Co Working Space tersebut, akan lebih baik jika mengetahui pengertian Co Working Space terlebih dahulu. Pengertian atau definisi Co Working Space adalah tempat dimana para individu yang memiliki later belakang dalam pekerjaan maupun bisnis bekerja di satu tempat. Co Working sendiri diartikan sebagai kerja sama atau kolaborasi. Desainnya mengusung open space atau transparency yang mana individu yang ada di dalam Co Working Space tersebut bebas dan bisa berinteraksi.

Co Working Space

Co Working Space

Co Working Space ini biasanya dimanfaatkan oleh founder startup yang ada di Indonesia yang ingin lebih menghemat dalam biaya operasional bisnis. Co Working Space tersebut memiliki suasana yang mendukung semangat dan produktif dalam bekerja. Dibandingkan dengan menyewa tempat konvensional yang mahal, Co Working Space ini menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat untuk menghemat biaya operasional. Sebenarnya tidak hanya founder saja yang bisa memanfaatkan co working ini, namun para pelaku bisnis digital maupun bisnis lainnya bisa memanfaatkannya.

Asal Co Working Space

Setelah mengetahui pengertian Co Working Space, yang patut diketahui selanjutnya adalah asal dari Co Working Space tersebut. Co Working Space pertama kali didirikan di Schraubenfabrik yang ada di Wina Austria. Pendirinya adalah Stefan Leitner-Sidl dan juga Michael Poll pada tahun 2002 silam. Karena berdirinya di Schraubenfabrik maka disebut dengan Mother of Co Working Space. Sedangkan di Indonesia menurut beberapa sumber yang beredar mengatakan pertama kali hadir di Bandung pada tahun 2010. Bandung merupakan kota yang memiliki inovasi-inovasi yang unik dan juga menarik. Setelah hadir di Bandung konsep ruang kerja bersama ini menjadi menjamur di beberapa kota besar yang ada di Indonesia.

Keuntungan Memanfaatkan Co Working Space

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan Co Working Space ini.  Berikut ini adalah beberapa manfaat bekerja di Co Working Space atau ruang kerja bersama yang patut diketahui:

1. Harga yang Terjangkau

Manfaat pertama yang bisa didapatkan adalah mendapatkan harga yang terjangkau. Dengan bekerja di Co Working Space ini lebih menghemat biaya operasional dalam bisnis. Bagi pebisnis startup pemula mempertimbangkan biaya operasional ini sangat diperlukan dikarenakan jangan sampai biaya operasional ini lebih besar dibandingkan dengan biaya pemasukan.

Untuk founder startup yang ingin bekerja di Co Working Space ini cukup mengeluarkan biaya mulai dari 50 ribu rupiah setiap harinya dengan nuansa atau suasana yang mendukung produktivitas bekerja apalagi anggaran bisnis startup ini sering terbatas. Jika bekerja di sebarang tempat akan  menyebabkan kerja menjadi tidak konsentrasi dan tidak mengejar deadline secara tepat waktu.

2. Networking

Ada manfaat lainnya yang bisa didapatkan jika bekerja di co working ini. Selain mendapatkan harga yang terjangkau bisa menjalin networking yang lebih luas. Dengan memiliki networking yang luas ini berbagai macam masalah yang hadir di startup teratasi dan bahkan bisa membuat kolaborasi-kolaborasi yang baru. Di Co Working Space ini founder bisa bertemu dengan founder yang lainnya dengan berbagai macam latar belakang profesi  seperti freelancer, blogger, sampai consultant.

3. Lifestyle yang Seimbang

Bekerja di sebuah kantor atau perusahaan akan menyebabkan jam kerja yang padat kemudian rentan mengalami stress sehingga hidup menjadi tidak sehat. Pekerja kantoran identik dengan duduk di tempat bekerja kemudian fokus dengan pekerjaannya. Berbeda dengan Co Working Space dimana konsep open spacenya ini bisa meningkatkan interaksi antar sesama member. Member yang berada di dalam Co Working Space ini bisa saling sosialisasi dan berinteraksi sehingga stres dan penat tidak akan dirasakan lagi. Tidak hanya itu saja Co Working Space sering memiliki event internal yang bisa meredakan stress dan juga penat. Ada juga workshop yang bisa meningkatkan skill dan juga pengetahuan bagi para membernya.

4. Suasana yang Lebih Santai

Manfaat bekerja di Co Working Space adalah suasana lebih santai untuk bekerja. Kota-kota besar identik dengan kemacetan. Kemacetan bisa menyebabkan mood pekerja menjadi jelek sebelum memulai bekerja. Pekerja yang terkena kemacetan akan lelah dan juga stress terlebih dahulu. Dengan bekerja di Co Working Space bisa memilih lokasi terdekat yang bisa dijangkau oleh semua pekerja semua akan bisa bekerja dengan baik tanpa harus bad mood, lelah, dan stress terlebih dahulu.

 

Demikianlah pengertian Co Working Space dan manfaatnya yang bisa dipertimbangkan, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

contoh proposal bisnis co working space -pengertian co working -co working pengertian -maksud dari co working space -pengertian co working space -Pengertian scr umum co working space -

Tags: Definisi Co Working Space Pengertian Co Working Space Pengertian Co Working Space terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Pengertian Co Working Space dan Manfaatnya"

    7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri Tanpa Partner dan Kerugiannya
    Membangun bisnis sendiri – Banyak orang yang
    6 Tips Menarik Minat Pembeli Online dan Mempercepat Closing
    Menarik minat pembeli online – Berbisnis online
    6 Ide Bisnis untuk Anak Kecil yang Potensial Digeluti
    Bisnis untuk anak kecil – Bisnis tidak

    Tinggalkan pesan "Pengertian Co Working Space dan Manfaatnya"