8 Tips Jitu Memilih Bisnis Waralaba / Franchise Yang Menguntungkan

Salah satu cara meraih kesuksesan berbisnis yang cepat adalah dengan memiliki bisnis yang telah ada dan terbukti menguntungkan yaitu dengan memilih bisnis waralaba / franchise. Walaupun demikian Anda harus tetap jeli dan hati-hati dalam pemilihannya untuk menghindari memilih bisnis waralaba yang tidak menguntungkan sehingga menyebabkan kerugian di masa depan.

Tips Sukses Memilih Bisnis Waralaba Yang Menguntungkan

tips jitu memilih bisnis waralaba yang menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk pemilihan paket usaha franchise:

1. Pilih Jenis Bisnis Sesuai Minat / Hobi Anda

Memilih bisnis waralaba yang sesuai minat / hobi Anda akan lebih baik dilakukan karena sesuatu yang didasari minat biasanya akan memberikan hasil luar biasa. Anda pun akan memiliki lebih banyak semangat sehingga dapat memberikan effort / usaha lebih saat berhubungan dengan minat. Bila Anda tidak ada minat terhadap kuliner maka janganlah memilih bisnis waralaba kuliner walaupun bisnis tsb sedang menjamur atau melihat banyak teman Anda yang sukses di bisnis ini.

2. Sesuaikan dengan Modal

Modal sangat diperlukan untuk membangun bisnis termasuk bisnis waralaba. Carilah informasi mengenai harga paket usaha franchise. Bila Anda hanya memiliki kemampuan modal sedikit janganlah memaksakan diri untuk membeli paket usaha yan berharga tinggi. Memilih bisnis waralaba yang sesuai kemampuan akan lebih menguntungkan.

Walaupun sumber modal usaha dapat diperoleh dari mana saja, namun ingat saat Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman di bank maka pastikan cicilan tsb masih dapat Anda bayar tanpa membebani anggaran bulanan Anda.

3. Pelajari Proposal / Informasi Paket Usaha

Tips berikutnya dalam memilih bisnis waralaba yang menguntungkan adalah dengan mempelajari proposal paket usaha yang ditawarkan seperti persyaratan, sistem kerja, dan prospek bisnisnya.

Baca juga: Pentingnya Membuat Bisnis Plan Sebelum Memulai Usaha

4. Pilih Yang Sudah Memiliki Cabang

Akan lebih baik bagi Anda untuk memilih bisnis waralaba yang sudah memiliki investor yang membuka cabang di tempat lain. Semakin banyak cabang yang berdiri biasanya membuktikan bahwa bisnis tsb memang digemari dan merupakan bisnis yang bagus. Anda pun dapat mencari testimony mengenai bisnis tsb untuk meyakinkan Anda bahwa pengelolaan bisnis tsb memang mudah dan sudah terbukti menguntungkan.

5. Pastikan Harga Produk Terjangkau

Dalam memilih bisnis waralaba yang menguntungkan maka Anda harus mempertimbangkan harga produk yang dijual, harga tsb masih terjangkau dan disesuaikan dengan daya beli masyarakat di sekitar bisnis Anda berada. Semakin mahal harga produk maka akan semakin sedikit terjual.

6. Pastikan Legal

Memilih bisnis waralaba yang telah memiliki izin bisnis yang lengkap merupakan sebuah keharusan agar Anda tidak tersangkut masalah hukum dan menyebabkan kerugian di kemudian hari. Selain itu bila Anda memilih bisnis kuliner maka pastikan pula paket usaha tsb memiliki sertifikat HALAL dan izin edar dari BPOM atau lembaga lain yang ditunjuk.

7. Periksa Tingkat Persaingan

Sebuah bisnis akan sukses bila produk tsb sangat diminati dan memiliki tingkat persaingan yang rendah. Oleh karena itu saat Anda akan memilih bisnis waralaba maka pastikan jenis produk tsb belum ada di lokasi tempat Anda akan berjualan. Semakin rendah tingkat persaingan maka semakin tinggi pula tingkat penjualan.

8. Pilih Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi yang tepat merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis termasuk bisnis waralaba. Lokasi yang ramai dan strategis akan meningkatkan potensi penjualan.

Itulah 8 tips sukses memilih bisnis waralaba yang tepat dan menguntungkan. Semoga bermanfaat..

image credit: negosyobuilder.com
Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

investasi franchise -cara investasi franchise -cara berinvestasi frenches -cara memilih bisnis franchise -cara memilih sistem frenchise yg benar -langkah langkah investasi frienchise -tips memilih franchise yang baik -tips memilih usaha yg tepat -

Tags: Cara Bisnis Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "8 Tips Jitu Memilih Bisnis Waralaba / Franchise Yang Menguntungkan"

5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

Tinggalkan Balasan