Pentingnya Membuat Bisnis Plan Sebelum Memulai Usaha

Banyak sekali orang yang ingin menjadi pebisnis sukses (baca: Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari Sebelum Memulai Aktivitas Bisnis) namun kenyataanya banyak dari mereka yang memulai usaha kemudian kandas di tengah jalan karena banyaknya tantangan yang menghadang. Untuk membangun sebuah bisnis yang sukses tak hanya diperlukan ide bisnis yang kreatif namun juga bisnis plan (business plan atau rencana bisnis). Membuat bisnis plan sebelum memulai usaha adalah sebuah keharusan.

Sebagai pebisnis pemula, mungkin Anda bingung mengapa membuat bisnis plan sebelum memulai usaha itu adalah sebuah keharusan. Nah agar tidak bingung akan saya ulas mengenai pengertian dan manfaat membuat bisnis plan untuk kesuksesan bisnis Anda.

Pengertian Bisnis Plan

Bisnis plan berasal dari kata business plan dalam Bahasa Inggris yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah rencana bisnis, yaitu sebuah rencana mengenai langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam merealisasikan ide bisnis menjadi sebuah bisnis yang sukses. Membuat bisnis plan yang baik adalah berupa rencana / rancangan bisnis yang dibuat sistematis sehingga memudahkan dalam pelaksanaanya dan membuat bisnis yang dijalankan lebih terarah.

Manfaat Membuat Bisnis Plan Sebelum Memulai Usaha

pentingnya membuat bisnis plan sebelum memulai usaha

Untuk membantu pemahaman Anda akan pentingnya membuat bisnis plan, maka berikut ini adalah beberapa kegunaan / manfaat bisnis plan yang perlua Anda ketahui:

1. Sebagai Panduan Dalam Menjalankan Bisnis

Kegunaan pertama dari membuat bisnis plan adalah sebagai panduan dalam memulai usaha dan menjalankan roda bisnis. Bisnis plan berisi langkah-langkah yang sangat penting dalam menjalankan bisnis lebih fokus dan terarah. Contoh sederhana adalah membuat rumah, maka agar rumah yang Anda buat itu sesuai harapan maka Anda harus membuat rencana membangun rumah seperti desain dan modelnya seperti apa, biayanya berapa, berapa lama waktu pengerjaan, dll. Bila tidak dibuat rancangannya secara matang maka para pekerja bangunan pun akan bingung dalam pembuatannya dan ujung-ujungnya menambah lama pengerjaan dan biaya. Seperti itulah memulai usaha tanpa bisnis plan, jenis usaha yang akan digeluti pun bisa saja berubah sepanjang waktu karena banyaknya tawaran / pilihan.

Membuat bisnis plan sebelum memulai usaha akan membantu mewujudkan mimpi Anda dalam meraih kesuksesan yang lebih mudah.

2. Diperlukan Untuk Mencari Sumber Dana

Sumber modal untuk memulai bisnis Anda dapat datang dari mana saja, salah satunya dari investor. Dengan membuat bisnis plan maka akan memudahkan Anda dalam penyusunan proposal sehingga dapat menyakinkan calon investor tsb untuk menyuntikkan dananya sebagai modal usaha Anda.

3. Memberikan Gambaran Hasil di Masa Depan

Memang tak ada seorang pun di dunia ini yang mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan secara pasti, yang dapat kita lakukan hanyalah melakukan prediksi. Nah membuat bisnis plan akan memberikan gambaran hasil bisnis Anda di masa depan baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang.

Tentu saja kita perlu melakukan riset terlebih dahulu dalam membuat bisnis plan yang baik sehingga prediksi tsb dapat direalisasikan dan menjadi kenyataan.

Nah itulah 3 kegunaan / manfaat membuat bisnis plan sebelum memulai usaha yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan di atas dapat menambah pemahaman Anda akan pentingnya rencana dalam sebuah bisnis. Rencana bisnis yang dibuat dengan baik dan sistematis akan meningkatkan semangat Anda untuk menjadi seorang entrepreneur dan meraih kesuksesan.

Загрузка...

Tags: Cara Bisnis Plan Startup Bisnis

author
Penulis: 
Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Berikan komentar